INDONEWS.ID

  • Senin, 28/06/2021 09:37 WIB
  • Panglima Kolinlamil Resmikan Green House

  • Oleh :
    • luska
Panglima Kolinlamil Resmikan Green House

Jakarta, INDONEWS.ID -  Green House salah satu program ketahanan pangan unggulan yang dilaksanakan Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) diresmikan Panglima Kolinlamil Laksda TNI Irvansyah, Minggu (27/6). 

Peresmian Green House yang merupakan kegiatan terakhir Laksda TNI Irvansyah sebagai Panglima Kolinlamil sebelum besok (Senin, 29/6) melaksanakan serah terima jabatan kepada Laksda TNI Arsyad Abdullah, merupakan program yang sedang digalakkan pemerintah sebagai salah satu langkah mengantisipasi dampak ekonomi akibat pandemi COVID-19.

Baca juga : Panglima Kolinlamil Hadiri Seremomial Penyerahan Bantuan Pasokan Medis India

Acara peresmian yang dihadiri Kepala Staf Kolinlamil, Irkolinlamil, para Asisten, Komandan Denmako, Komandan Satlinlamil 1 Jakarta, dan Kasatker/Kepala Dinas serta Ketua Pengurus Gabungan Jalasenastri berikut pengurusnya yang selanjutnya akan mengelola green house Kolinlamil ini.

“Meskipun belum sepenuhnya sempurna, namun green house ini telah menunjukan hasilnya dengan mulai panennya berbagai tanaman sayuran dan kolam budidaya ikan.

Baca juga : Panglima Kolinlamil Instruksikan Satlinlamil II Surabaya Lakasanakan Serbuan Vaksin

Dan ini merupakan keberhasilan sebagai program ketahanan pangan disituasi seperti ini. Dan untuk pengelolaan selanjutnya kita serahkan kepada jalasenastri agar lebih indah dan produktif lagi kedepannya” ujar Laksda TNI Irvansyah.

Program ketahanan pangan Kolinlamil melalui penanaman berbagai tanaman produktif yang memanfaatkan lahan kosong yang ada di lingkungan Kolinlamil ini dilembagakan dengan Green House Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil).

Baca juga : Laksda TNI Arsyad Abdullah Resmi Jabat Panglima Kolinlamil

Green House Kolinlamil menggalakkan Program Ketahanan Pangan lewat keberadaaan kebun hijau hidroponik, di tengah kawasan padat perkotaan Jakarta Utara.

Green House atau Rumah hijau untuk program tanaman pangan berupa tanaman yang mengandung karbohidrat serta berbagai sayuran untuk memenuhi kebutuhan gizi yang sangat dibutuhkan.

“Di Green House Kolinlamil ada berbagai tanaman umbi-umbian, tanaman obat, sayur-sayuran dan juga membuat kolam atau empang untuk budidaya ikan. Dan untuk memberi suasana artistic, dari ibu – ibu pengurus jalasenastri kolinlamil menanam koleksi bunga-bungaan dipot-pot yang telah disusun secara apik” tutur Laksda TNI Irvansyah yang akan menempati jabatan baru sebagai Panglima Koarmada III.

Ia juga menuturkan, keberadaan perkebunan hijau dikawasan pemukiman TNI AL Sunter Kodamar ini bisa menjadi terobosan dan menciptakan pemukiman yang hijau, asri dan produktif untuk ketahanan pangan.

“Dengan adanya green house ini, prajurit Kolinlamil maupun masyarakat umum, bisa menanam tanaman serta sayur-sayuran di pelataran ataupun samping rumah mereka yang luas lahannya terbatas. Lewat metode hidroponik ini, yang ditanam di Green House Kolinlamil sementara adalah jenis sayuran bayam, kangkung, dan kita juga akan kembangkan tanaman sayuran lain,” ungkapnya.
Keberadaan Green House Kolinlamil yang berada di sebelah kediaman Panglima Kolinlamil pun, menjadi pusat perhatian masyarakat kawasan tersebut.

Menurut prajurit yang mengelola Green House Kolinlamil, banyak warga masyarakat yang kebetulan sedang lewat kemudian singgah tak hanya untuk melihat saja, namun mereka datang juga tertarik untuk belajar menanam sayuran dengan metode Hiroponik. “Mereka yang datang dari warga sekitar Sunter untuk melihat-lihat,” terangnya. (Lka).

Artikel Terkait
Panglima Kolinlamil Hadiri Seremomial Penyerahan Bantuan Pasokan Medis India
Panglima Kolinlamil Instruksikan Satlinlamil II Surabaya Lakasanakan Serbuan Vaksin
Laksda TNI Arsyad Abdullah Resmi Jabat Panglima Kolinlamil
Artikel Terkini
Kabupaten Maybrat Rayakan HUT Ikatan Bidan Indonesia ke 73
Tingkatkan Layanan Bidang Kesehatan, Pj Gubernur Agus Fatoni Teken MoU Jejaring Pengampuan Layanan Prioritas Rumah Sakit
Perkuat Semangat Persaudaraan Antara Siswa, SMP Notre Dame Gelar Paskah Bersama dan Peringatan Hardiknas 2024
PNM Mekaar Beri Reward Ketua Kelompok Unggulan Studi Banding Olahan Jamu Tradisional
PNM Berikan Ruang Bakat dan Silaturahmi Karyawan Lewat Event SEHATI
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas