INDONEWS.ID

  • Selasa, 29/06/2021 08:04 WIB
  • POST-MATCH: PERANCIS VS SWISS

  • Oleh :
    • luska
POST-MATCH: PERANCIS VS SWISS

Penulis : Syafri Adnan

 ULASAN EURO 2021

BABAK 16 BESAR

Agak mengherankan Swiss bisa membuat inisiatif di awal laga. Perancis yang turun dengan formasi 3-4-1-2 masih belum menemukan permainan terbaiknya selama babak pertama.

Swiss justru membuat gol pertama hasil umpan menyilang Suber disambar sundulan telak Seferovich pada menit ke 15. Gol ini menyentak Perancis untuk keluar menyerang.

Namun justru Swiss memiliki dua kesempatan untuk menambah gol walau gagal.

Di babak kedua, Deschamp melakukan perubahan tim dengan kembali menempatkan Pavard sebagai full back murni dengan mengganti Lenglet dan memasukkan Coman sebagai gelandang serang. Dalam kenyataannya Coman-Griezmann-Mbappe sering bertukar posisi.

Drama babak kedua dimulai dengan gagalnya penalti Rodriquez yang bisa membawa Swiss unggul 2-0, sesuatu yang bisa membuat tim Perancis down. Keadaan berbalik setelah kegagalan penalti, Perancis menekan dengan memanfaatkan lebar lapangan melalui Pavard dan Coman disisi kanan serta Rabbiot dan Mbappe disisi kiri. 

Dua gol indah hasil set-piece oleh sundulan Benzema dan satu gol hasil tendangan keras Pogba dari luar kotak penalti membuat Perancis unggul 3-1. Pada kedudukan inilah terjadi malapetaka dengan lahirnya dua gol balasan Swiss akibat menurunnya konsentrasi pemain Perancis.

Gol Swiss hasil sundulan Seferovich pada menit ke 81 yang mendapat operan jitu dari Mbabu dan tendangan Gavranovich yang berhasil mengelabui Kimpembe pada menit ke 90, membuat kedudukan menjadi 3-3 dan memerlukan babak extra-time. 

Babak pertama dan kedua dari extra-time tidak terjadi gol tambahan. Perancis lebih banyak menyerang namun kurang efektif. Swiss mampu beberapa kali membuat Counter-attact, namun skor akhir tetap sama 3-3.

Adu penalti tidak terhindarkan. Disini selain strategi juga nasib memegang peranan penting. Dari 5 penendang Swiss, semuanya berhasil membuat gol. Sementara penembak terakhir Perancis, pemain muda berbakat level dunia, Kylian Mbappe gagal. Tendangannya berhasil ditepis Sommer yang sejauh ini bermain cemerlang.

Sebagian besar dari kita pasti tidak menyangka, Perancis juara dunia tahun 2018, runner-up Euro 2016, dan kandidat terkuat Euro kali ini, secara dramatis harus angkat koper lebih awal. Hasil yang sangat mengecewakan. Sebaliknya Swiss berhasil maju ke quarter final untuk bertemu Spanyol di Stadion Krestovski, St Petersburgh, jumat 2 juli jam 23.00. Selamat kepada pasukan Petkovic.

Artikel Terkait
Artikel Terkini
Jelang Musim Haji, MERS CoV di Arab Saudi Perlu Diwaspadai
PJ Bupati Maybrat Pantau Ujian Nasional 3 SD Terdalam di Aifat Utara
PNM Sosialisasikan Program Mekaar Pada Tokoh Masyarakat dan Pemuka Agama Serang
Pj Bupati Maybrat Hadiri Rapat Persiapan Penilaian Akreditasi Delapan Puskesmas
Peringatan Hari Pahlawan Nasional Kapitan Pattimura ke-207
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas