INDONEWS.ID

  • Jum'at, 02/07/2021 10:52 WIB
  • PRE-MATCH: SWISS VS SPANYOL

  • Oleh :
    • luska
PRE-MATCH: SWISS VS SPANYOL

Penulis : Syafri Adna

 ULASAN EURO 2021

QUARTER FINAL

KRETOVSKI STADIUM, St Petersburgh

Jumat, 2 Juli jam 23.00

Swiss datang ke turnamen sebagai tim mediocre. Sempat dikalahkan 0-3 di penyisihan Grup A, Swiss membungkam juara bertahan Perancis lewat adu penalti 5-4 di babak 16 besar. Sebaliknya Spanyol datang sebagai salah satu kandidat juara, namun dua pertandingan pertama di Grup mengecewakan dengan 2x draw. 

Hasil pertandingan terakhir melawan Slowakia (menang 5-0) dan melawan Kroasia (menang 5-3 lewat extra-time), membuat Spanyol kembali diperhitungkan sebagai kandidat juara, menyusul tumbangnya Portugal, Belanda, Perancis, dan Jerman.

Namun malam ini, bukan malam mudah bagi Spanyol untuk mengalahkan Swiss. Gol bunuh diri kiper Simon dan kebobolan 3x dalam suatu pertandingan adalah tanda ada yang perlu dibenahi dalam sistem pertahanannya. Garcia-Laporte-Azpilicueta belum tampak padu. Utamanya Azpilicueta yang bernaluri menyerang sering terlambat dalam mengantisipasi counter-attack lawan. 

Swiss punya gelandang sayap yang cepat pada diri Mbabu dan Rodriguez, dan gerakan tanpa bola Seferovic dan Embolo atau Gavranovich, ditambah visi yang luas dari Shaqiri-dirigen Swiss, tidak bisa diremehkan. Gelandang bertahan Spanyol yaitu sang Jenderal Busquets dan Rodri harus bisa menutup kekurangan lini belakang.

Spanyol yang dikritik karena tumpulnya striker utama Morata dan atau Moreno serta juga peran gelandang sayap dan second-striker,  dalam dua pertandingan terakhir mereka telah menjawab dengan 10 gol.

Swiss harus mampu meredam serangan berat dari sisi kanan dan sisi kiri kiper Sommer yang bermain baik sejauh ini. Kinerja Elvedi yang 'mematikan' penuh Mbappe harus tetap konsisten malam ini dalam menjaga manuver winger berbahaya Sarabia dan Dani Olmo.

Demikian pula Rodriguez harus bermain disiplin untuk membantu Schaer dalam membendung gerakan eksploisif Torres, winger kanan Spanyol. Di jantung pertahanan Swiss, pemain jangkar Xhaka dan Freuler harus mencegah dari awal pergerakan Koke-Busque-Olmo, sehingga Akanji dapat berkonsentrasi di depan Sommer.

Kunci permainan malam ini, sejauh mana Torres dan Sarabia atau Olmo bisa diredam sejak awal. Morata ataupun Moreno bukan pencipta peluang, mereka adalah striker murni. Swiss jangan berharap ada adu penalti lagi. Harus dibangun inisiatif menyerang sejak awal, jika tidak Spanyol akan merajalela.

 

Artikel Terkait
Artikel Terkini
HOGERS Indonesia Resmi Buka Gelaran HI-DRONE2 di Community Park, Pantai Indah Kapuk 2
Ketua Pengadilan Negeri Batusangkar Dirikan Dapur dan Pendistribusian untuk Korban Banjir Bandang Tanah Datar
Aksi PNM Peduli Serahkan Sumur Bor Untuk Warga Indramayu Dan Tanam Mangrove Rhizophora
PTPN IV Regional 4 Jambi, Bantu Beras Warga Solok
Pastikan Arus Barang Kembali Lancar, Menko Airlangga Tinjau Langsung Pengeluaran Barang dan Minta Instansi di Pelabuhan Tanjung Priok Bekerja 24 Jam
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas