INDONEWS.ID

  • Selasa, 13/07/2021 11:06 WIB
  • Bakal Diperiksa KPK, Intip Seberapa Kayanya Anies Baswedan

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
Bakal Diperiksa KPK, Intip Seberapa Kayanya Anies Baswedan
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (Foto: Tempo.co)

Jakarta, INDONEWS.ID - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dikabarkan akan segera memeriksa Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, atas dugaan korupsi pengadaan lahan tahun 2019 di Munjul, Kelurahan Pondok Ranggon, Kecamatan Cipayung Jakarta Timur.

Ketua KPK, Firli Bahuri mengatakan pemanggilan Anies Baswedan memang dibutuhkan untuk dimintai keterangan. Karena orang nomor satu di Ibu Kota itu memahami penyusunan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta.

Baca juga : TKN Prabowo-Gibran Akui Program Makan Siang Gratis Lanjutkan Program Anies Baswedan

Selain itu, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi juga turut dipanggil karena memiliki kemewangan untuk menetapkan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) menjadi APBD.

“Kita akan ungkap semua pihak yang diduga terlibat baik dari kalangan legislative, dan eksekutif. Anggaran pengadaaan lahan sangat besar kerugian negaranya,” ujar Firli kepada wartawan dikutip, Selasa 13 Juli 2021.

Baca juga : Indikator: Elektabilitas Ganjar 43,9 Persen, Prabowo 33,8 Persen dan Anies 14,4 Persen di Jawa Timur

Atas pengadaan tanah tersebut, kerugian negara ditaksir hingga Rp152,5 miliar. Di luar dari kasus dugaan korupsi, hal yang menarik perhatian adalah soal harta kekayaan Gubernur DKI Anies Baswedan yang naik, dan turun.

Menurut data Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), harta kekayaan Anies Rasyid Baswedan pada 2019 lalu mencapai Rp7,673 miliar. Namun memasuki 2020, pundi-pundinya melonjak drastis menjadi Rp11,064 miliar.

Baca juga : SMRC: Pendukung Gerakan 212 Pilih Anies 42 Persen, Prabowo 35 Persen, dan Ganjar 18 Persen

Dari angka tersebut, aset terbesar yang dimilikinya adalah tanah dan bangunan, secara total nilainya Rp13,078 miliar yang disumbang dari 5 bidang di Jakarta Selatan, dan Sleman. Lantas gimana dengan harta berjalan, atau koleksi kendaraannya?

Saat membongkar isi garasinya berdasarkan data LHKPN, nilainya hanya Rp640 juta yang disumbang dari 2 unit mobil, dan 2 unit sepeda motor. Untuk kendaraan roda empat yang dimaksud adalah buatan brand Jepang.

Yang pertama Mazda2 lansiran 2013, mobil hatchback tersebut harganya ditaksir Rp98 juta. Lalu Honda Odyssey menjadi kendaraan termewahnya. Sebab harga MPV berlogo H tersebut dalam keadaan bekas mencapai Rp440 juta di tahun lalu.

Sementara untuk sepeda motor, Anies memiliki Vespa Sprint lawas yang diproduksi 1968. Motor dua tak buatan Italia tersebut berstatus hibah, yang diduga pemberian atau peninggalan seseorang. Harganya juga tergolong selangit, karena ditaksir Rp50 juta.

Meski beberapa kali kerap menggunakan motor antik tersebut saat kampanye, Anies juga diam-diam suka motor sport. Sebab koleksi terakhirnya yang tercatat adalah Kawasaki EX250V lansiran 2018, atau Ninja 250 yang dilego Rp52 juta.

Sekadar informasi, tahun ini Anies Baswedan sudah melaporkan harta kekayaannya kepada negara namun ternyata nilainya menurun menjadi Rp10,915 miliar dengan total hutang Rp6,846 miliar. Soal koleksi kendaraan tetap tidak berubah.*

Artikel Terkait
TKN Prabowo-Gibran Akui Program Makan Siang Gratis Lanjutkan Program Anies Baswedan
Indikator: Elektabilitas Ganjar 43,9 Persen, Prabowo 33,8 Persen dan Anies 14,4 Persen di Jawa Timur
SMRC: Pendukung Gerakan 212 Pilih Anies 42 Persen, Prabowo 35 Persen, dan Ganjar 18 Persen
Artikel Terkini
Bakti Sosial dan Buka Puasa Bersama Alumni AAU 93 di HUT TNI AU ke-78
Satgas BLBI Tagih dan Sita Aset Pribadi Tanpa Putusan Hukum
Gelar Rapat Koordinasi Nasional, Pemerintah Lanjutkan Rencana Aksi Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan
Pj Bupati Maybrat Diterima Asisten Deputi Bidang Pengembangan Kapasitas SDM Usaha Mikro
Pj Bupati Maybrat Temui Tiga Jenderal Bintang 3 di Kemenhan, Bahas Ketahanan Pangan dan Keamanan Kabupaten Maybrat
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas