INDONEWS.ID

  • Rabu, 14/07/2021 16:44 WIB
  • Tingkatkan Kualitas SDM, Bank Mandiri Perkuat Fungsi Corporate University

  • Oleh :
    • Mancik
Tingkatkan Kualitas SDM, Bank Mandiri Perkuat Fungsi Corporate University
Corporate University Bank Mandiri terpilih menjadi corporate university perusahaan terbaik di Indonesia versi Global Council of Corporate Universities.(Foto:Dok.Bank Mandiri)

Jakarta, INDONEWS.ID - Bank Mandiri terus mengembangkan diri untuk mengantisipasi perkembangan industri perbankan dan keuangan terkini.

Untuk itu, perseroan akan mengoptimalkan keberadaan Corporate University sebagai unit kerja pencipta insan Mandirian dan SDM di bidang keuangan dengan kualitas terbaik

Baca juga : Fenomenal, Bank Mandiri Catatkan Total Aset di Kuartal III 2023 Tembus Rp 2.007 Triliun, Rekor Baru di Indonesia

Saat ini, unit Corporate University bertanggung jawab atas pengembangan kemampuan dan karakter sekitar 40.000 pegawai organik Bank Mandiri melalui berbagai rangkaian program training dan pelatihan yang melibatkan tenaga pengajar baik dari internal maupun eksternal, termasuk pengajar tamu dari institusi global.

Tak hanya SDM internal, program pelatihan ini juga dirancang untuk memberi dampak yang signifikasi kepada masyarakat luas, misalnya melalui program Kriya Mandiri, Calon Pemimpin Daerah Khusus dan Mandiri Sahabatku.

Baca juga : Melesat Menuju Masa Depan, Bank Mandiri Injak Gas Transaksi QRIS dan BI-Fast

Menurut Direktur SDM & Kepatuhan Bank Mandiri Agus Dwi Handaya, Corporate University Bank Mandiri melakukan program pengembangan karyawan dan masyarakat umum dengan menerapkan kurikulum pendidikan yang komprehensif dengan tetap mengintegrasikan muatan lokal.

“Dengan jumlah karyawan tersebut, dimana 70% di antaranya adalah generasi milenial, Bank Mandiri harus menjadi organisasi yang dinamis dan inovatif untuk mengadaptasi perubahan yang cepat di industri ini, apalagi mengingat kondisi perekonomian Indonesia yang masih rentan terhadap dampak penyebaran virus covid-19. Di sisi lain, disrupsi akibat revolusi industri 4.0 yang mengutamakan digitalisasi proses semakin terasa pada bisnis perbankan,” kata Agus melalui keterangan tertulisnya kepada media ini di Jakarta, Rabu,(14/7/2021)

Baca juga : Solid! Sinergi Bank Mandiri dan Perusahaan Anak Dorong Kinerja dan Inklusi

Selaras dengan visi Corporate University Bank Mandiri yaitu Menjadi Center of Knowledge and Excellence bagi industri finansial dan menghasilkan pemimpin terbaik untuk bangsa, maka beliau menyatakan bahwa Corporate University memiliki peran krusial dalam mencetak sumber daya manusia yang unggul, terutama top talents yang mampu mengambil peran kepemimpinan di Bank Mandiri maupun di lingkungan BUMN lainnya.

Mandiri University melakukan ini dengan terus menyelaraskan pembelajaran dengan bisnis, menjadi enabler kapabilitas para pegawai Bank Mandiri dan melakukan inovasi digital pada proses pembelajaran. Inovasi digital ini memampukan para Mandirian untuk menjadi pembelajar tangguh yang dapat dilakukan di mana saja, kapan saja.

“Baru-baru ini Corporate University Bank Mandiri telah ditunjuk menjadi Ketua BUMN Leadership & Management Institute oleh Kementerian BUMN. Dalam konteks ini, kami akan terlibat dalam pengembangan pemimpin bagi seluruh insan BUMN, melalui proses transfer of knowledge yang kami fasilitasi melalui berbagai macam rangkaian inisiatif pembelajaran, seperti Onboarding Program for Commissioners & Directors BUMN,” katanya

Melahirkan dan membentuk pemimpin serta talent yang tangguh merupakan rangkaian proses “by design”, yaitu dengan merancang strategi pembelajaran yang mengubah business context menjadi learning content.

Business context yang dimaksud adalah Corporate Plan Bank Mandiri yang diturunkan menjadi aktivitas pembelajaran yang terintegrasi, dan selaras dengan kebutuhan performa setiap pegawai di unit kerjanya.
Data terkait kebutuhan performa didukung oleh sistem Individual Development Plan (IDP) Online, yang memberikan informasi terkait gap kompetensi sekitar 40.000 pegawai organik Bank Mandiri.

Oleh karena itu, setiap tahunnya, Mandiri University merancang Annual People Development Plan atau APDP, yang mencakup hasil analisa IDP Online untuk sekitar 40.000 pegawainya secara personalized, dan juga aspirasi maupun kebutuhan unit bisnis terkait pengembangan kompetensi teknikal maupun leadership yang perlu dikembangkan secara masif.

Hal ini merupakan bentuk nyata Mandiri University dalam berperan sebagai strategic business partner Bank Mandiri dalam mengembangkan pemimpin dan talent-nya.

Di Bank Mandiri, prinsip utama pengembangan leadership adalah leaders create leaders, dan leaders are created from within. Artinya, seorang pemimpin harus mampu melahirkan pemimpin yang lain, dan keberhasilan ini akan terbukti dari tumbuhnya pemimpin baru yang datang dari lingkungan internal Bank Mandiri.

Bank Mandiri pun memiliki target yang ambisius dalam mencetak pemimpin secara cepat, menanggapi tingginya demand ekspor talent dari lingkungan Bank Mandiri. Belum lama ini, 110 pemimpin Bank Mandiri ditempatkan di berbagai posisi strategis di BUMN lainnya.

Oleh karena itu, Mandiri University secara proaktif mengakselerasi proses pengembangan kepemimpinan melalui Leadership & Management Development Academy.

Mandiri University menyadari bahwa proses belajar tidak lagi cukup diberikan di classroom, dan saat ini proses pembelajaran perlu diakselerasi mengikuti dinamika pegawai di tempat kerjanya. Oleh karena itu, saat ini Mandiri University telah memperkenalkan konsep belajar yaitu “Learning in The Flow of Work” yang mengkombinasikan proses belajar di kelas dan di tempat kerja saat pegawai membutuhkan dan menyelesaikan tugas kerjanya.

Untuk itu learning catalog dan modul pelatihan yang disiapkan dalam Individual Development Plan tersedia dalam bentuk conventional dan digital learning, yang dapat diakses dimanapun dan kapanpun oleh setiap pegawai.

Seluruh proses pembelajaran yang disusun secara omni-channel (konvensional dan digital) dirancang untuk meningkatkan learning experience para pegawai, dan dikelola oleh learning management system yang terintegrasi dengan talent management system.

Untuk meningkatkan budaya belajar di organisasi, Mandiri University menanamkan kultur belajar #SaatnyaBelajarMandiri agar dapat memberikan pesan kepada seluruh pegawai bahwa ownership proses belajar ada pada diri kita masing-masing.

Mandiri University telah menyediakan materi pembelajaran secara digital yang dapat diakses oleh setiap pegawai kapanpun dan dimanapun. Transformasi proses belajar ini disambut dengan antusias oleh para pegawai, dan dibuktikan dengan adanya peningkatan signifikan jumlah pegawai yang melakukan proses belajar secara digital, melalui ragam delivery channel seperti virtual learning, e-learning, podcast dan channel pembelajaran lainnya.

“Sebagai organisasi yang dinamis, Bank Mandiri selalu mencari dan melakukan berbagai perubahan terus menerus dalam rangka melakukan perbaikan agar tetap relevan dengan kondisi terkini. Kami cukup beruntung karena konsistensi kami untuk terus bertransformasi secara natural mendorong mind-set karyawan untuk terbuka dan terbiasa dengan perubahan, selalu berusaha mengadopsi best practices di bidangnya, bahkan berinovasi melahirkan future practices,” kata Agus.

Penghargaan Corporate University Terbaik

Dari kiprah dan capaian tersebut, Agus mengungkapkan, Corporate University Bank Mandiri terpilih menjadi corporate university perusahaan terbaik di Indonesia versi Global Council of Corporate Universities (GCCU).

Penghargaan Gold Award untuk kategori Corporate Responsibility & Soft Power tahun 2021 ini diberikan pada malam penganugerahan Global Council of Corporate Universities (Global CCU) Award di Perancis pada tanggal 5 Mei 2021.

Manurut Agus, penghargaan ini diberikan berdasarkan kinerja Corporate University dan kontribusi yang dihasilkan kepada Bank Mandiri secara internal maupun kepada stakeholders eksternal selama 2 (dua) tahun terakhir.

“Kami berharap, berbagai inisiatif strategis dan keterlibatan aktif Corporate University Bank Mandiri dalam pengembangan SDM Perbankan di Indonesia akan dapat mendukung program Pemerintah dalam rangka peningkatan kompetensi SDM lokal dan bersaing dengan SDM asing,” katanya.

Ajang Global CCU Award sendiri dilaksanakan setiap 2 (dua) tahun sekali sejak tahun 2013 dan diikuti oleh international corporate universities. Salah satu tujuan Global CCU Awards adalah memberikan penghargaan kepada corporate universities yang berhasil meraih pencapaian level of excellence tertinggi dan telah melakukan kemajuan yang luar biasa.*

Artikel Terkait
Fenomenal, Bank Mandiri Catatkan Total Aset di Kuartal III 2023 Tembus Rp 2.007 Triliun, Rekor Baru di Indonesia
Melesat Menuju Masa Depan, Bank Mandiri Injak Gas Transaksi QRIS dan BI-Fast
Solid! Sinergi Bank Mandiri dan Perusahaan Anak Dorong Kinerja dan Inklusi
Artikel Terkini
Siapkan Penyusunan Peraturan Pembangunan Ekonomi Jangka Panjang, Delegasi Baleg DPR RI Berdiskusi dengan Pemerintah Kenya
Bakti Sosial dan Buka Puasa Bersama Alumni AAU 93 di HUT TNI AU ke-78
Satgas BLBI Tagih dan Sita Aset Pribadi Tanpa Putusan Hukum
Gelar Rapat Koordinasi Nasional, Pemerintah Lanjutkan Rencana Aksi Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan
Pj Bupati Maybrat Diterima Asisten Deputi Bidang Pengembangan Kapasitas SDM Usaha Mikro
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas