INDONEWS.ID

  • Senin, 26/07/2021 20:47 WIB
  • Sambut HUT RI ke-76, Nadiem Ajak Insan Pers Ikuti Lomba Jurnalistik Rayakan Merdekamu

  • Oleh :
    • Mancik
Sambut HUT RI ke-76, Nadiem Ajak Insan Pers Ikuti Lomba Jurnalistik Rayakan Merdekamu
Kemdikbudristek Ajak Insan Pers Ikuti Lomba Jurnalistik “Rayakan Merdekamu”( Foto:Dok.Kemendikbudristek)

Jakarta, INDONEWS.ID - Mendikbudristek Nadiem Makarim, mengajak insan pers mengikuti lomba "Rayakan Merdekamu" dengan membuat artikel bertema kebinekaan. Perlombaan ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Republik Indonesia.

Menurut Nadiem, Insan Pers atau Wartawan memiliki peran penting dalam menyampaikan kebijakan serta program Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) kepada masyarakat luas melalui karya jurnalistik.

Baca juga : Jurusan IPA-IPS di SMA Dihapus dalam Kurikulum Merdeka ala Mendikbud Nadiem

Karena itu, ia mengajak seluruh pers berpartisipasi aktif dalam lomba yang digelar oleh Kemendikbudristek dengan membuat artikel bertema kebinekaan.

Kegiatan lomba ini adalah usaha pemerintah dalam memunculkan kreativitas serta menumbuhkan jiwa nasionalisme, cinta tanah air, dan persatuan serta kesatuan khususnya di masa pandemi Covid-19.

Baca juga : Waduh! Mantan Menhan Ini Mengaku Kecewa dengan Nadiem Makarim, Ada Apa?

"Sekarang adalah momen terbaik bagi kita untuk memperkuat kebersamaan sebagai bangsa yang kuat karena bineka. Oleh sebab itu, saya mengajak adik-adik pelajar, teman-teman mahasiswa, ibu/bapak pendidik dan tenaga kependidikan, pelaku seni dan budaya, serta rekan-rekan media di seluruh Indonesia untuk berpartisipasi dalam lomba Rayakan Merdekamu yang akan digelar secara online mengingat saat ini tengah masa pandemi Covid-19," ujar Mendikbudristek Nadiem Makarim dalam video ajakannya.

Ada beberapa kriteria yang perlu diperhatikan oleh wartawan dalam mengirim karya tulisnya, di antaranya adalah kesesuaian tema, jumlah karakter yang minimal terdiri atas 300 kata dan maksimal 500 kata, kekuatan pesan, dan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Baca juga : Sambangi Kota Jambi, Ini Pesan Mendikbud Ristek Nadiem Makarim

Peserta dapat mulai mengumpulkan karya mulai tanggal 18 Juli hingga 9 Agustus 2021. Proses penjurian sendiri akan dilakukan pada 10 sampai dengan 16 Agustus 2021 secara berjenjang.

Acara puncak pengumuman hasil Lomba "Rayakan Merdekamu" akan diumumkan pada malam puncak pada 25 Agustus 2021 mendatang.

Lomba Rayakan Merdekamu terbuka bagi masyarakat umum yang dapat mengikuti lomba sesuai kategori-kategori yang disediakan.Berbagai hadiah menanti pemenang, yakni laptop, tablet, dan ponsel pintar bagi juara pertama sampai dengan ketiga.

Sepuluh besar finalis lomba akan mendapatkan piagam penghargaan dan ratusan peserta lomba terpilih setiap kategori lomba berkesempatan memenangkan hadiah hiburan. Selain itu, karya-karya finalis akan dipamerkan pada laman rayakanmerdekamu.kemdikbud.go.id dan Rumah Digital Indonesia.*

Artikel Terkait
Jurusan IPA-IPS di SMA Dihapus dalam Kurikulum Merdeka ala Mendikbud Nadiem
Waduh! Mantan Menhan Ini Mengaku Kecewa dengan Nadiem Makarim, Ada Apa?
Sambangi Kota Jambi, Ini Pesan Mendikbud Ristek Nadiem Makarim
Artikel Terkini
Evaluasi Penanganan Pengungsi di Maybrat Menunjukkan Kemajuan Signifikan
Kebun Rimsa PTPN IV Regional 4 Bantu Sembako Dua Panti Asuhan
Santri dan Santriwati Harus Mengisi Ruang Dakwah dengan Nilai yang Penuh Toleransi
Tak Terdaftar di OJK, Perusahaan Investasi asal Hongkong Himpun Dana Masyarakat
Dewan Pakar BPIP Dr. Djumala: Pancasila Kukuhkan Islam Moderat, Toleran dan Hargai Keberagaman Sebagai Aset Diplomasi
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas