INDONEWS.ID

  • Jum'at, 30/07/2021 06:30 WIB
  • Bumnag Tanah Datar harus Mampu meningkatkan kesejahteraan Masyarakatnya

  • Oleh :
    • luska
Bumnag Tanah Datar harus Mampu meningkatkan kesejahteraan Masyarakatnya

Tanahdatar, INDONEWS.ID -- Bupati Tanah Datar Eka Putra minta seluruh Badan Usaha Milik Desa/Nagari (Bumdes/Bumnag) harus mampu menjadi kekuatan ekonomi baru bagi Nagarinya 

Hal itu disampaikan  Eka Putra  waktu membuka Sosialisasi PP Nomor 11/2021 tentang Bumdes dan Permendes PDTT Nomor 3/2021 tentang Pendaftaran, Pendataan dan Pemeringkatan, Pembinaan dan Pengembangan dan Pengadaan Barang Dan/Atau Jasa Badan Usaha Milik Desa, 

Baca juga : Aspresiasi, Perantau Padang Magek Kecamatan Rambatan Lakukan Bedah Rumah Layak Huni

Tujuan pendirian Bumnag tersebut untuk meningkatkan pendapatan ekonomi nagari dan masyarakat melalui pengembangan aset-aset lokal dan potensi nagari lainnya. 

“Dengan terbitnya peraturan baru ini merupakan angin segar bagi Bumnag bisa lebih berkembang dan memiliki payung hukum yang jelas, peraturan ini pastinya akan membuka peluang yang besar bagi Bumnag dalam mengembangkan unit-unit usahanya. dengan berkembangnya Bumnag tentu akan berdampak pada kemandirian nagari secara ekonomi. Impilikasinya, Bumnag maju, nagari kuat, kabupaten juga kuat,” 

Baca juga : Kepala Subdirektorat Dukungan Pengerahan SDM BNPB Yustam Syahril Serahkan Bantuan Kepada Bupati Tanah Datar

Bupati meminta Walinagari dan pengurus Bumnag jeli melihat peluang usaha yang menguntungkan salah satunya saat ini usaha Pertashop.
“Saya lihat usaha Pertashop belum semua ada di nagari. Bisa menjadi salah satu pilihan, peluang usaha ini bisa diambil. Tentunya dengan kebutuhan modal yang lebih besar, bisa memanfaatkan keberadaan Bank Nagari,” ucap bupati.

Bupati juga berpesan melaui sosialisasi ini para camat dan walinagari mendapat pemahaman tentang pentingnya Bumnag dalam pencapaian prioritas penggunaan dana desa untuk pemulihan ekonomi nasional sesuai dengan kewenangan nagari sekaligus memberikan arahan kepada camat dan wali nagari agar dapat mengembangkan Bumnag yang ada di nagari dan Bumnag bersama di kecamatan masing-masing.

Baca juga : Bank Nagari Serahkan Bantuan Sembako Kepada Bupati Eka Putra Terdampak Banjir Di Tanah Datar

Sebelumnya Kadis PMDPPKB Nofenril menyebutkan saat ini sudah berdiri 75 Bumnag di Kabupaten Tanah Datar.

“Seluruh nagari sudah ada Bumnag di Tanah Datar, namun memang belum semua menunjukkan perkembangan dan kemajuan yang diharapkan,” 

Akumulasi penyertaan modal dari Dana Desa untuk Bumnag se-Tanah Datar sekitar Rp. 12 Miliar, masing-masing nagari bervariasi. Tercatat 40 Bumnag penyertaan modalnya kurang dari Rp. 200 juta dan 25 Bumnag penyertaan modalnya Rp.200 juta sampai Rp.650 juta,-. Sementara 10 Bumnag belum aktif karena belum adanya usaha dan penyertaan modal dari nagari.
 Bumnag di Tanah Datar bergerak pada penyediaan barang dan jasa, pariwisata dan souvenir, pertanian/peternakan dan pengelolaan air bersih. 
“Kita berharap melalui kegiatan ini Camat bisa mendorong pemerintah nagari, bersama-sama memajukan Bumnag dan pada akhirnya nanti Sisa Hasil Usahanya mampu menyumbang ke Pendapatan Hasil Nagari (M.Datuk)

Artikel Terkait
Aspresiasi, Perantau Padang Magek Kecamatan Rambatan Lakukan Bedah Rumah Layak Huni
Kepala Subdirektorat Dukungan Pengerahan SDM BNPB Yustam Syahril Serahkan Bantuan Kepada Bupati Tanah Datar
Bank Nagari Serahkan Bantuan Sembako Kepada Bupati Eka Putra Terdampak Banjir Di Tanah Datar
Artikel Terkini
Kenal Pamit` Kadispenau, Sederhana namun Meriah
Inspeksi Mendadak Pj Bupati Maybrat Ungkap Kondisi Memprihatinkan di Kantor Distrik Aifat Utara
Pj Bupati Maybrat Tinjau Puskesmas Aifat Utara, Puji Kinerja Dalam Penanganan Alergi Rabies
Pj Bupati Maybrat dan Kapolres Tandatangani NPHD, Dukung Penerimaan Bintara Polri dari Maybrat
Kunjungan Pj Bupati Maybrat ke SMAN 1 Aifat Raya Ungkap Kekurangan Guru dan Data Siswa yang Tidak Akurat
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas