INDONEWS.ID

  • Jum'at, 20/08/2021 21:05 WIB
  • Viral Jenazah Pasien Covid-19 Terlantar di Jambi, Warganet: Viralkan Sampai Jokowi

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
Viral Jenazah Pasien Covid-19 Terlantar di Jambi, Warganet: Viralkan Sampai Jokowi
Viral Jenazah Pasien Covid-19 Terlantar di Jambi, Warganet: Viralkan Sampai Jokowi (Foto: Screenshoot)

Jambi, INDONEWS.ID – Jagat maya di Jambi dihebohkan oleh video viral jenazah pasien Covid-19 terlantar. Warganet mengecam dan mendukung serta ramai-ramai memviralkan hingga sampai ke Jokowi

Video singkat berdurasi 54 detik itu menyebar di media sosial, Instagram. Video yang sama namun dengan durasi lebih panjang, menyebar di facebook.

Suara perempuan dan kerabat korban terekam dalam video tersebut. Perekam menunjukkan peti jenazah coklat terbungkus plastik layaknya pemakaman pasien Covid-19.

Suara perempuan yang berada di kawasan pemakaman tersebut, mengungkapkan jika rumah sakit menelantarkan jenazah Covid-19 itu.

“Dibawa dari rumah sakit umum, cuman diletakkan di tengah jalan ini. Tak sampai pun ke lubang lahat,” katanya dalam video tersebut.

Pertanggung jawaban rumah sakit menjadi sorotan dalam rekaman tersebut. Perekam mempertanyakan rumah sakit yang meletakaan jenazah begitu saja. Jika memang Covid-19, seharusnya pemakaman dengan protokol kesehatan bukan?

“Kalau memang Ia Covid, kenapa kami yang ngurus? Covid itu kan menular,” protes perekam

Tanpa ada pengawalan petugas sebagaimana prosedur pemakaman pasien Covid-19, kerabat pasien berinisial MT itu kemudian membawa peti.

Padahal dalam pemakaman lain, petugas berpakaian lengkap memakamkan pasien Covid-19.

“Itu yang kita pertanyakan. Bagaimana pemakaman ini? Kan seharusnya petugas yang pakai hazmat?,” keluh kerabat korban pada Indonews, Jumat (20/8/2021) malam.

Sepupu MT ini menerangkan, almarhum sebelumnya sempat masuk ke ICU Covid-19 di Rumah Sakit Raden Mattaher setelah masuk 2 rumah sakit.

Namun kemudian beberapa hari di Rumah Sakit RM, MT menghembuskan nafas terakhirnya, Kamis (19/08/2021) sekitar pukul 06.00 Wib.

Dengan status pasien Covid-19, seharusnya pemakaman MT dengan tata cara pemakaman khusus.

Video pemakaman ini, menyita perhatian warganet. Hingga Jumat (20/8/2021) video telah tayang lebih dari 32 ribu dan lebih 800 kali dibagikan sampai pukul 19.45 Wib di sejumlah group di Facebook

“Viralkan sampai ke Jokowi,” kecam warganet.*

Artikel Terkait
Artikel Terkini
Empat Jenazah korban banjir Bandang Batang Anai Dishalatkan
Indonesia Sambut Baik dan Dorong Kolaborasi dalam Perkuat Ketahanan Pangan melalui IDMA Exhibition dan TABADER Summit 2024
Nanik Yuliati, Pensiunan Guru Senang Bersama Mekaar Usahanya Berkembang
Soal Laka BUS PO Putera Fajar, Komisioner Kompolnal: Biar Tak Terulang Lagi, Utamakan Pencegahan dari Hulu ke Hilir
LPER Mendapat Penghargaan Terkait Ketahanan Pangan Dari Kepala KODIM Kota Bekasi
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas