INDONEWS.ID

  • Senin, 30/08/2021 16:23 WIB
  • Dankormar: Pemberdayaan Wilayah Pertahanan Laut Salah Satu Tugas Marinir TNI AL

  • Oleh :
    • Mancik
Dankormar: Pemberdayaan Wilayah Pertahanan Laut Salah Satu Tugas Marinir TNI AL
Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono.(Dispen Kormar)

Jakarta, INDONEWS.ID - Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono, membuka kegiatan Penataran Kemampuan Potensi Maritim (Tarpuanpotmar) Tersebar Korps Marinir TNI AL Tahun Anggaran 2021. Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Gada Balai Pertemuan Cilandak Jakarta Selatan, Senin (30/08/2021).

"Salah satu tugas TNI Angkatan Laut menurut Undang-undang Nomor 34 Tahun 2004 Tentang Tentara Nasional Indonesia adalah melaksanakan Pemberdayaan Wilayah Pertahanan Laut (Dawilhanla) yang pelaksanaannya melalui kegiatan pengembangan dan pembinaan Potensi Maritim," kata Suhartono pada saat membuka kegiatan penataran tersebut.

Baca juga : TNI AL Terus Kuatkan Peran Masyarakat Kawasan Perbatasan

Tarpuanpotmar ini bertujuan meningkatkan kesiapan aparat kewilayahan Satnonkowil, Kamampuan Potensi Maritim dan Penataan Organisasi serta piranti lunak sehingga prajurit dan satuan di jajaran Kormar lebih optimal dalam melaksanakan tugas Dawilhanla.

Sedangkan untuk sasaran dalam kegiatan tersebut Pertama terwujudnya standar kesiapan aparat dan satuan TNI AL, tersedianya data kekuatan personel dan sarana prasarana terkini serta aparat yang memiliki integritas kepribadian yang baik.

Baca juga : Semarakkan Sail Cendrawasih, Angkatan Laut Bhakti Sosial di Biak

Kedua, terwujudnya kemampuan teritorial Kormar sebagai Satnonkowil TNI AL yang memiliki lima kemampuan teritorial meliputi kemampuan temu cepat lapor cepat, manajemen teritorial, katahanan wialayah, penguasaan wilayah dan komunikasi sosial sesuai dengan kekhasan Matra Laut.

Ketiga terwujudnya organisasi Kormar sebagai Satnonkowil TNI AL yang efektif, tersedianya doktrin yang terkini, aplikatif dan sesuai kebutuhan serta tersosialisasi ke jajaran Kormar.

Baca juga : TNI AL Kirim Delegasi Ikuti Kongres FDI Section of Defense Forces Dental Service di Sydney Australia

Kegiatan penataran kemampuan Potensi Maritim yang diinisiasi dari Staf Potensi Maritim Korps Marinir dalam hal ini Aspotmar Dankormar Kolonel Marinir Raja E Girsang, ini rencananya akan dilaksanakan selama 5 hari ke depan mulai hari ini Senin,30 Agustus sampai dengan 3 September 2021, yang dilaksanakan secara terpisah tatap muka 30 personel dan secara vicon 30 personel, dengan mengambil tema penataran kali ini

"Meningkatkan kemampuan prajurit Korps Marinir yang unggul dan profesional dalam rangka mendukung tugas pembinaan potensi maritim." jelasnya.

Pembukaan Penataran Kemampuan Potensi Maritim tersebut diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, laporan kesiapan Ketua Pelaksana, Amanat Komandan Korps Marinir, menyanyikan lagu Padamu Negeri dan di akhiri dengan foto bersama.

Acara Pembukaan Tarpuanpotmar Tersebar Kormar TA.2021 ini dihadiri mulai dari Irkormar Brigjen TNI (Mar) Lasmono, Danpasmar 1 Brigjen TNI (Mar) Hermanto, Koorsahli Dankormar Kolonel Marinir Edy Setyawan,Para Asisten Dankormar dan kadis Korps Marinir.*

Artikel Terkait
TNI AL Terus Kuatkan Peran Masyarakat Kawasan Perbatasan
Semarakkan Sail Cendrawasih, Angkatan Laut Bhakti Sosial di Biak
TNI AL Kirim Delegasi Ikuti Kongres FDI Section of Defense Forces Dental Service di Sydney Australia
Artikel Terkini
KPKNL mulai Cium Aroma Busuk di Bank Indonesia
Akses Jalan Darat Terbuka, Pemerintah Kerahkan Distribusi Logistik ke Desa Kadundung
Elit Demokrat Ardy Mbalembout Mengutuk Keras Aksi Penyerangan Mahasiswa Saat Berdoa di Tangsel
Penutupan Pabrik Sepatu Bata di Purwakarta Bagian dari Strategi Bisnis untuk Fokus pada Lini Penjualan
Presiden Jokowi Masih Kaji Calon Pansel KPK yang Sesuai Harapan Masyarakat
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas