INDONEWS.ID

  • Jum'at, 03/09/2021 18:30 WIB
  • Top! Dubes Iwan Bogananta Luncurkan Produk Mustika Ratu & Taman Sari di Burgas, Bulagaria

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
Top! Dubes Iwan Bogananta Luncurkan Produk Mustika Ratu & Taman Sari di Burgas, Bulagaria
Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) RI untuk Bulgaria, Iwan Bogananta bersama pemilik Emerald Esti Beauty & Spa, Marieta Todorova dan CEO IDEA Group, Illian Dimitrov selaku pemegang exclusivity right untuk memasarkan produk Mustika Ratu saat peresmian dan peluncuran produk Mustika Ratu dan Taman Sari di Burgas, Bulgaria (Foto: Ist)

Sofia-Bulgaria, INDONEWS.ID - Kabar baik untuk Indonesia datang dari Burgas, sebuah kota yang terletak di Bulgaria bagian timur. Kota ini sendiri memiliki jumlah penduduk kurang lebih 259.985 jiwa.

Pasalnya, Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) RI untuk Bulgaria, Iwan Bogananta baru saja meresmikan dan meluncurkan produk kebanggaan Indonesia yakni produk-produk dari brand Mustika Ratu & Taman Sari di Burgas, Bulgaria belum lama ini.

"Allhamdulillah. Setelah sekian bulan di kwartal pertama penugasan saya, pada akhir Agustus kemaren, saya bisa menghadirkan sekaligus meresmikan peluncuran produk Mustika Ratu dan Taman Sari di Esti Beauty & Spa, Emerald Resort & Spa, Burgas," kata Dubes Iwan dalam postingannya di Facebook seperti dikutip Indonews.id, Jum`at (3/9/21).

Dubes Iwan menuturkan bahwa dalam pertemuan tersebut, pemilik Emerald Esti Beauty & Spa, Marieta Todorova menyampaikan apresiasinya kepada KBRI untuk Bulgaria karena telah mengambil peran penting masuknya produk Indonesia, khususnya produk kecantikan dari Mustika Ratu di Bulgaria.

"Marieta Todorova juga menilai bahwa produk Mustika Ratu lebih otentik dan natural, serta perusahaannya berencana akan mempromosikan produk Indonesia ke seluruh salon kecantikan dan spa yang ada di Bulgaria," kutip Dubes Iwan.

Sementara CEO IDEA Group, Illian Dimitrov selaku pemegang exclusivity right untuk memasarkan produk Mustika Ratu, juga menargetkan dalam kurun lima tahun, pasar produk Mustika Ratu akan mampu merambah pasar Uni Eropa dan Balkan.

"Melihat potensi peluang Bulgaria dan pasar kawasan serta yang paling utama kualitas produk Indonesia, saya berkeyakinan bahwa produk kosmetik kecantikan asal Indonesia mampu bersaing di pasar global dengan berbagai produk Eropa lainnya," imbuhnya.

Terpisah, Pemimpin Redaksi Indonews.id, Drs. Asri Hadi menyampaikan ucapan selamat atas pencapaian Dubes Iwan. Ia menilai ini merupakan sebuah pencapaian diplomasi dalam meningkatkan hubungan bilateral kedua negara.

"Selamat kepada Dubes Iwan. Ini merupakan bagian dari pembuktian janji dan komitmen Dubes Iwan saat dilantik menjadi Duta Besar berkedudukan di Sofia, Bulgaria. Semoga sukses terus ke depannya," ucap pengurus AMDI ini.

Dilantik Presiden Jokowi

Sebagai informasi, Iwan Bogananta dilantik Presiden Jokowi sebagai Duta Besar RI untuk Republik Bulgaria merangkap Republik Albania dan Republik Macedonia yang berkedudukan di Sofia pada 26 Oktober 2020 lalu.

Iwan Bogananta dilantik bersama 12 duta besar Indonesia lainnnya untuk ditugaskan di sejumlah negara sahabat.

Usai dilantik, Iwan berjanji menjunjung tinggi etika jabatan dan bekerja sebaik-baiknya dengan penuh tanggung jawab demi bangsa dan negara.

Iwan Bogananta juga menyampaikan komitmen untuk menjalin hubungan baik dengan Macedonia termasuk peningkatan investasi dan pertukaran budaya antar negara.

"Hubungan Indonesia dengan ketiga negara sudah terjalin baik. Saya akan melanjutkan beberapa agenda bilateral dari dubes sebelumnya dan menjalankan program kerja saya yang baru di Sofia nanti. Insyaallah berfokus pada peningkatan perdagangan kita dengan tiga negara,” ucap Iwan di Jakarta kala itu.

Menurut Iwan, ada banyak improvisasi diplomasi yang hendak dilakukannya dalam rangka menyesuaikan kondisi pandemi dunia.

"Karena di Bulgaria sendiri juga masih dalam masa transisi lockdown, begitupun di Albania dan Makedonia Utara," ucap dianya.*(Rikard Djegadut).

Artikel Terkait
Artikel Terkini
Kebun Rimsa PTPN IV Regional 4 Bantu Sembako Dua Panti Asuhan
Santri dan Santriwati Harus Mengisi Ruang Dakwah dengan Nilai yang Penuh Toleransi
Tak Terdaftar di OJK, Perusahaan Investasi asal Hongkong Himpun Dana Masyarakat
Dewan Pakar BPIP Dr. Djumala: Pancasila Kukuhkan Islam Moderat, Toleran dan Hargai Keberagaman Sebagai Aset Diplomasi
Perkuat Binwas Pemerintahan Daerah, Mendagri Harap Penjabat Kepala Daerah dari Kemendagri Perbanyak Pengalaman
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas