INDONEWS.ID

  • Rabu, 15/09/2021 11:28 WIB
  • Diskusi Daring LSPR: Mitigasi Risiko Bencana Melalui Aplikasi Ponsel

  • Oleh :
    • very
Diskusi Daring LSPR: Mitigasi Risiko Bencana Melalui Aplikasi Ponsel
Mitigasi Risiko Bencana BNPB. (Foto: Humas LSPR)

Jakarta, INDONEWS.ID -- Program Studi Ilmu Komunikasi Institut LSPR kembali mengadakan seminar mitigasi bencana khususnya untuk banjir dan gempa bumi yang dilakukan secara daring di Jakarta Selasa (14/9).

Hadir sebagai narasumber adalah Ridwan Yunus, Tenaga Ahli Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Dr (Cand.) A. Haris Achadi, S.H., DESS, Deputi Bidang Bina Tenaga dan Potensi Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS). Acara ini bertajuk “Mitigasi Bencana Gempa Bumi dan Banjir”.

Baca juga : Kebun Rimsa PTPN IV Regional 4 Bantu Sembako Dua Panti Asuhan

Dalam pemaparannya, Ridwan Yunus menjelaskan mengenai manajemen risiko bencana. Salah satu mitigasi risiko yang saat ini dilakukan oleh BNPB adalah dengan menggunakan aplikasi InaRisk Personal.

“Aplikasi ini merupakan Portal Kajian Risiko Bencana yang menampilkan Informasi Ancaman Bencana, Kerentanan (Populasi, Kerugian Fisik, Ekonomi, Dan Lingkungan), Kapasitas, dan Risiko Bencana. Inarisk juga dapat Menampilkan Pantauan Indeks Risiko Bencana. Masyarakat dapat mengunduhnya melalui handphone android & ios yang menampilkan tingkat risiko bencana sekaligus saran untuk mitigasinya, baik pada fase sebelum, saat, maupun pasca bencana,” ujarnya seperti dikutip dari siaran pers Humas LSPR.

Baca juga : Santri dan Santriwati Harus Mengisi Ruang Dakwah dengan Nilai yang Penuh Toleransi

Dr (Cand.) A. Haris Achadi, S.H., DESS turut menjelaskan pentingnya mengelola risiko bencana dan pentingnya ketersediaan sumber daya saat bencana terjadi.

Ia menjelaskan bagaimana proses search and rescue (SAR) dilakukan oleh BASARNAS saat bencana terjadi.

Baca juga : Dewan Pakar BPIP Dr. Djumala: Pancasila Kukuhkan Islam Moderat, Toleran dan Hargai Keberagaman Sebagai Aset Diplomasi

(Diskusi daring bertajuk “Mitigasi Bencana Gempa Bumi dan Banjir”. Foto: Humas LSPR)

Menurut Geoportal data bencana Indonesia, sampai pada 8 Agustus 2021, telah terjadi 1961 bencana alam di Indonesia yang mengakibatkan jutaan warga Indonesia menjadi korban dan ratusan ribu fasilitas umum maupun pribadi rusak. Kejadian-kejadian tersebut sering membawa trauma yang mendalam bagi masyarakat Indonesia.

Oleh karena itu, IKB LSPR melihat wajibnya pemberian informasi terkait mitigasi bencana alam kepada seluruh masyarakat Indonesia, terlebih kepada civitas akademika IKB LSPR.

Hingga saat ini sudah empat seri webinar diselenggarakan dalam membahas mitigasi bencana dari berbagai sudut pandang. Kegiatan ini juga telah diikuti oleh 1000 peserta yang terdiri dari mahasiswa, dosen dan juga perwakilan media massa.

Seminar online ini merupakan bentuk perwujudan Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM), dimana LSPR mendapatkan bantuan Pemerintah Ditjen Dikti Tahun Anggaran 2021. Tujuan dalam webinar proyek kemanusiaan ini untuk mengedukasi generasi muda dan mengajak untuk berperan besar terhadap persoalan kemanusiaan yang dibutuhkan di masyarakaat.

Generasi muda adalah pemegang masa depan sebuah bangsa. Pemuda mempunyai peran penting dalam mengawasi dan menjaga sumber daya manusia, sumber daya alam, kualitas lingkungan kependudukan, dan lainya yang berkaitan dengan kemanusiaan. ***

Artikel Terkait
Kebun Rimsa PTPN IV Regional 4 Bantu Sembako Dua Panti Asuhan
Santri dan Santriwati Harus Mengisi Ruang Dakwah dengan Nilai yang Penuh Toleransi
Dewan Pakar BPIP Dr. Djumala: Pancasila Kukuhkan Islam Moderat, Toleran dan Hargai Keberagaman Sebagai Aset Diplomasi
Artikel Terkini
Pemprov Papua Barat Daya Serahkan Bantuan Mobil Angkutan Umum untuk Pedagang Mama Papua di Maybrat
Rapat Koordinasi Nasional Bahas Netralitas ASN dalam Pilkada Serentak 2024
Evaluasi Penanganan Pengungsi di Maybrat Menunjukkan Kemajuan Signifikan
Kebun Rimsa PTPN IV Regional 4 Bantu Sembako Dua Panti Asuhan
Santri dan Santriwati Harus Mengisi Ruang Dakwah dengan Nilai yang Penuh Toleransi
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas