INDONEWS.ID

  • Selasa, 28/09/2021 22:45 WIB
  • Peresmian Kantor Sekretariat DPD TMP Jabar, Ono Surono: Saya Belajar Banyak dari Bang Ara

  • Oleh :
    • Mancik
Peresmian Kantor Sekretariat DPD TMP Jabar, Ono Surono: Saya Belajar Banyak dari Bang Ara
Peresmian Kantor Sekretariat DPD Taruna Merah Putih Provinsi Jawa Barat.Foto:Istimewa)

Bandung, INDONEWS.ID - Dewan Pimpinan Pusat Taruna Merah Putih (DPP TMP) menggelar acara Bakti Sosial Taruna Merah Putih Tahap IV, Peresmian Kantor DPD Taruna Merah Putih Provinsi Jawa Barat, serta Dialog & Silaturahmi Kader Taruna Merah Putih Bersama DPD PDI Perjuangan Provinsi Jawa Barat.

Agenda tersebut dilaksanakan di Kantor Sekretariat DPD Taruna Merah Putih Provinsi Jawa Barat, Jalan Kebon Jati No. 60, Kec. Andir, Kota Bandung pada Minggu, 26 September 2021. Sebelum agenda dimulai, tampak seluruh peserta yang hadir dilakukan tes swab antigen dan mengikuti protokol Covid-19.

Baca juga : Sambut KTT G-20, Hasto Kembali Tegaskan Konsep Politik Luar Negeri Sukarno

Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Jawa Barat Ono Surono dalam sambutannya saat meresmikan Kantor Sekretariat DPD Taruna Merah Putih Provinsi Jawa Barat, di hadapan para kader Taruna Merah Putih yang hadir, Ono mengenang kisahnya saat pertama kali bertemu dengan Maruarar Sirait yang sekarang adalah Ketua Umum Taruna Merah Putih di Ciloto pada tahun 2004. Momen itu menjadi inspirasi dan motivasi yang besar bagi Ono hingga hari ini.

"Ada beberapa pengalaman yang sangat berharga bagi saya yang terkait dengan Bang Ara. Saya berjumpa dengan Bang Ara di tahun 2004 pada saat momen Rakerda di Ciloto. Pada saat itu, saya menggantikan Ketua DPC Kabupaten Indramayu untuk memberikan sambutan sekaligus menyampaikan strategi pemenangan Pemilu 2004,” ungkap politisi PDI Perjuangan tersebut.

Baca juga : Ono Surono: Wayang Aset yang Harus Dipertahankan dan Dilestarikan

Pada saat itu, tambahnya, dia sebagai Sekretaris DPC Kabupaten Indramayu menyampaikan paparan strategi pemenangan Pemilu mewakili DPC PDI Perjuangan Kabupaten Indramayu.

“Setelah turun dari panggung, saya dihampiri Bang Ara, beliau menyampaikan kepada saya, saya (Maruarar Sirait) jarang menemukan kader PDI Perjuangan Indramayu yang bisa menyampaikan paparan strategi pemenangan yang seperti ini, detil dan tajam. Beliau menyampaikan, kamu harus maju, dan saya yakin kamu akan menduduki posisi strategis di PDI Perjuangan kelak. Begitulah historis saya dengan Bang Ara yang selalu memotivasi saya. Padahal kalau ditarik garis sayap partai, saya tahun 2000 adalah Ketua DPC Banteng Muda Indonesia. Namun pengalaman dengan Bang Ara itu sangat melekat dan membekas serta membesarkan saya di PDI Perjuangan,” kenang Ono.

Baca juga : Kaderisasi Nasional TMP, Maruarar Sirait: Didiklah kader dengan Benar dan Tulus

Ono menegaskan, menjadi kader PDI Perjuangan adalah sebuah jalan pengabdian, sehingga anak muda yang terpanggil menjadi bagian dari partai harus siap dengan segala konsekuensi baik waktu, pikiran dan tenaga.

"Ada satu hal yang menjadi PR partai, yakni masalah radikalisme dan intoleransi yang menggurita di Jawa Barat. Beberapa kabupaten/kota yang menjadi basis marhaen bisa tergeser. Maka, kita harus merefleksikan dan mengevaluasinya agar partai dapat mengakar kembali pada basis yang menjadi kegelisahan kita," tegasnya.

Anggota DPR RI Fraksi PDIP itu menilai, ada tahapan yang harus dilaksanakan sebagai kader partai yakni melaksanakan dan mewujudkan amanat Kongres V PDIP menuju partai pelopor.

"Kita harus mewujudkan mimpi kita menjadi partai pelopor dengan semangat menjadikan partai bergerak bersama masyarakat kecil," katanya.

"Bicara terkait partai pelopor, tidak hanya berkumpul dan diskusi, tetapi kita harus membaur dalam permasalahan yang dialami oleh rakyat," tambahnya.

Selain itu, kepada seluruh kader TMP Jawa Barat, Ono berharap agar program yang dicanangkan oleh pengurus harus diaplikasikan di tengah masyarakat.

"Kita harus mampu memanajemen partai, terkait rekrutmen kader, pendidikan kader dan sekaligus membangun kekuatan rakyat, serta meningkatkan tata kelola partai yang baik sehingga dapat menjawab kegelisahan rakyat," tuturnya.

Agenda Bakti Sosial Tahap IV dan peresmian Kantor Sekretariat DPD Taruna Merah Putih Provinsi Jawa Barat dihadiri oleh Sekjen DPP TMP Restu Hapsari bersama rombongan DPP TMP, Ketua DPC PDIP Kota Bandung, Achmad Nugraha, Wakil Ketua DPRD Kota Bogor sekaligus Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Bogor Dadang Iskandar Danubrata, Ketua DPD Taruna Merah Putih Provinsi DKI Jakarta Rolas Sintinjak dan para ketua, sekretaris dan bendahara DPC Taruna Merah Putih dari 12 kabupaten/kota.

Mengakhiri rangkaian kegiatan tersebut, DPP Taruna Merah Putih mengunjungi dan berziarah ke makam Ki Marhaen di Batununggal Kota Bandung untuk terus memupuk kepedulian kepada kaum marhaen. Selama ini Ki Marhaen digaungkan oleh Bung Karno sebagai simbol rakyat kecil yang harus dibela dan diperjuangkan kesejahteraannya.*

Artikel Terkait
Sambut KTT G-20, Hasto Kembali Tegaskan Konsep Politik Luar Negeri Sukarno
Ono Surono: Wayang Aset yang Harus Dipertahankan dan Dilestarikan
Kaderisasi Nasional TMP, Maruarar Sirait: Didiklah kader dengan Benar dan Tulus
Artikel Terkini
PTPN IV Regional 4 Jambi, Bantu Beras Warga Solok
Pastikan Arus Barang Kembali Lancar, Menko Airlangga Tinjau Langsung Pengeluaran Barang dan Minta Instansi di Pelabuhan Tanjung Priok Bekerja 24 Jam
Umumkan Rencana Kedatangan Paus Fransiskus, Menteri Agama Dukung Penuh Pengurus LP3KN
Mendagri Tito Lantik Sekretaris BNPP Zudan Arif Fakrulloh Jadi Pj Gubernur Sulsel
Perayaan puncak HUT DEKRANAS
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas