Jakarta, INDONEWS.ID -- Cara Meningkatkan Keuntungan Bisnis dari Website dan Medsos.
Sudah tahu berapa estimasi harga pembuatan website? Jika sudah, yuk, langsung buat website sekarang juga untuk mengembangkan usaha Anda. Karena, website mampu mengoptimalkan keuntungan bisnis Anda.
Kelebihan Website dan Media Sosial untuk Bisnis
Sebelum kami membahas cara memaksimalkan website dan media sosial untuk bisnis, alangkah baiknya kami juga jelaskan kelebihannya lebih dulu. Berikut apa saja kelebihan website untuk bisnis.
Platform Google dan media sosial adalah dua platform yang banyak digunakan untuk bisnis. Kedua platform tersebut berpotensi untuk mengenalkan produk atau jasa Anda ke seluruh masyarakat di berbagai daerah.
Jual beli melalui toko online maupun media sosial saat ini menjadi gaya hidup masyarakat milenial. Maka dari itu, para pelaku usaha mulai dari level menengah maupun besar, wajib turut ambil bagian dalam digital marketing untuk meningkatkan keuntungan.
Selain untuk pemasaran, website dan media sosial juga bisa anda manfaatkan untuk promosi. Anda juga bisa menggunakannya untuk branding. Tujuannya agar orang-orang lebih mengenal produk atau jasa Anda.
Anda bisa menggunakan website sebagai media katalog online. Anda juga bisa memasukkan foto produk, deskripsi, dan informasi lain terkait produk tersebut. Anda juga bisa menulis seputar kelebihan produk atau jasa yang Anda tawarkan.
Adanya toko online, baik itu melalui website maupun media sosial, berarti sudah membantu customer untuk memudahkan proses belanja. Mereka bisa membeli produk atau booking jasa Anda secara online.
Cara Memaksimalkan Keuntungan dari Website
Biaya membuat website saat ini sudah cukup beragam. Bahkan ada yang menawarkan harga yang tergolong murah untuk website toko online pemula.
Setelah Anda membuatnya, silahkan Anda langsung memaksimalkan keuntungan melalui cara-cara yang akan kami bagikan berikut:
Setiap website membutuhkan SEO. Karena SEO merupakan optimasi yang dapat meningkatkan traffic website Anda. Dengan mengoptimasi SEO, website Anda berpotensi mendapatkan ribuan bahkan puluhan ribu pengunjung setiap harinya.
SEO sendiri terbagi ke dalam dua bagian. Pertama SEO on page yang dioptimasi di dalam website itu sendiri. Sedangkan yang kedua yaitu SEO off page yang dioptimasi dari luar website, contohnya seperti backlink.
Bagi Anda yang tidak punya keahlian di bidang terkait, Anda bisa menggunakan jasa yang bergelut di bidang SEO.
Dalam sebuah website, konten artikel adalah raja. Optimalkan artikel yang Anda buat. Cara mengoptimalkannya yaitu dengan membuat artikel sesuai kaidah SEO dan juga membuat artikel yang bersifat informatif dan bermanfaat.
Pastikan juga artikel yang Anda buat relevan dengan bisnis Anda. Contohnya bisnis Anda yaitu menjual sepatu branded. Buatlah artikel seputar tips merawat sepatu, membedakan sepatu branded dengan yang palsu, dan lainnya.
Ada beberapa tipe website yang bisa Anda pilih. Pertama tipe blog, toko online, landing page, atau bisa juga gabungan dari beberapa tipe. Ketahui fungsinya masing-masing sebelum Anda membuat.
Blog biasanya dibuat untuk brand knowledge hingga untuk kepentingan soft selling. Sedangkan toko online bisa Anda gunakan langsung untuk pemasaran produk. Yang terakhir, yaitu landing page, Anda bisa menggunakannya untuk CTA (Call to Action).
Anda juga bisa menggabungkan beberapa tipe sekaligus. Contohnya menggabungkan toko online dengan blog, atau landing page dengan blog.
Tawarkan harga khusus atau potongan harga untuk pelanggan yang belanja di website Anda. Cara ini mampu menjaring customer lebih banyak. Atau, berikan tawaran khusus untuk mereka yang mau subscribe di website Anda.
Cara ini sangat efektif untuk menarik perhatian konsumen sekaligus mengenalkan website Anda kepada mereka.
Cara lain yang bisa Anda lakukan yaitu mempromosikan website Anda di media sosial dan katakan kalau Anda sedang menawarkan promo di website tersebut.
Fitur iklan Google merupakan salah satu strategi jitu agar website Anda muncul di halaman pertama Google. Semakin sering website Anda muncul di halaman utama mesin pencari, maka semakin besar peluang untuk mendapatkan penjualan.
Namun, cara ini bersifat opsional. Pasalnya, beriklan di Google membutuhkan biaya. Jadi metode ini hanya untuk Anda yang sudah siap terkait masalah pembiayaan iklan.
Dengan layanan iklan Google, Anda bahkan bisa menjaring ribuan bahkan puluhan ribu trafik tanpa harus menggunakan metode SEO.
Cara Memaksimalkan Keuntungan dari Media Sosial
Selain website, Anda juga bisa memaksimalkan keuntungan dari media sosial. Berikut kami juga sudah merangkum langkah-langkahnya untuk Anda.
Menggunakan semua media sosial untuk pemasaran tidak selalu bagus dan optimal. Pasalnya, semua platform, baik itu website maupun media sosial, harus Anda optimasi atau update setiap hari.
Maka dari itu, bagi yang tidak punya waktu mengurus semua platform, maka pilihlah salah satunya. Anda bisa memilih Facebook atau Instagram. Jadi pemasaran Anda lakukan melalui website dan salah satu media sosial tersebut.
Namun, Anda juga bisa menggunakan semua media sosial selama Anda bisa mengoptimalkan semuanya. Contohnya dengan merekrut admin untuk salah satu media sosial.
Hal selanjutnya yang harus Anda fokuskan adalah membangun reputasi bisnis. Contohnya seperti, memastikan konten yang Anda update di media sosial tidak hanya cuman sekedar promosi dan pemasran saja.
Promosi dan pemasaran yang Anda lakukan terus menerus akan membuat orang bosan. Hal ini bahkan bisa berakibat turunnya pengikut atau followers Anda.
Buatlah konten-konten menarik yang bersifat soft selling. Contohnya seperti membagikan konten yang informatif dan bermanfaat namun tetap relevan dengan bisnis Anda. Gunakan juga media sosial Anda untuk menangani keluhan pelanggan.
Sama seperti website, pada media sosial konten juga adalah raja. Anda harus rajin update konten setiap hari. Buatlah jadwal untuk melakukan update konten.
Konten bisa berupa tulisan seperti story telling, desain infografik, dan lainnya yang sesuai dengan konten media sosial.
Cara menggabungkan website dengan media sosial bisa dengan beberapa metode. Anda bisa mem-posting halaman website yang baru saja Anda update di media sosial, kemudian ditambahkan deskripsi yang relevan.
Selain itu juga bisa mencantumkan website Anda di media sosial. Begitu juga sebaliknya, silahkan cantumkan juga nama akun media sosial Anda di website.
Pada dasarnya, baik website maupun media sosial bisnis, keduanya wajib menentukan target audiens.
Contohnya jika Anda menjual hijab, maka fokus audiensnya tentu saja perempuan. Kemudian perkirakan berapa usianya, baik itu remaja, kalangan milenial, atau ibu rumah tangga.
Biaya membuat website kini sudah semakin terjangkau. Silahkan buat website, kemudian buat konten dan landing page sesuai target audiens Anda. Begitu juga dengan media sosial yang Anda gunakan.
Bagi yang sudah tahu estimasi harga pembuatan website, yuk, langsung buat sekarang juga! Kemudian silahkan Anda aplikasikan cara-cara di atas untuk membantu memaksimalkan penjualan. ***