INDONEWS.ID

  • Sabtu, 06/11/2021 12:44 WIB
  • Fit & Proper Test Panglima TNI, Jendral Andika Sebut Implementasi Tugas TNI Banyak Kelemahan

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
Fit & Proper Test Panglima TNI, Jendral Andika Sebut Implementasi Tugas TNI Banyak Kelemahan
Kepala Staf TNI AD (KSAD), Jendral Andika Perkasa (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Calon Tunggal Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa membeberkan sejumlah fokus implementasi dari visi dan misi yang akan diembannya bila resmi diamanatkan sebagai Panglima TNI ke-21.

Kepala Staf TNI AD (KSAD) itu mengatakan salah satu yang jadi fokusnya adalah penguatan tugas TNI. Menurut dia, penguatan tugas TNI akan dilakukan dengan merujuk peraturan perundang-undangan.

Baca juga : Panglima TNI Hadiri Rapat Koordinasi Teknis Kesehatan TNI Tahun 2024

"Yang pertama, dan yang terpenting bagi saya, adalah bagaimana kita melaksanakan tugas-tugas TNI dengan lebih mengembalikan kepada peraturan perundang-undangan yang ada," kata Andika saat fit and proper test di Komisi I DPR RI, Senayan, Sabtu 6 November 2021.

Andika menyampaikan tugas-tugas yang dilaksanakan TNI selama ini memang sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004.

Baca juga : Panglima TNI Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi di Papua dan Permasalahan Tanah di Sumsel

"Tetapi memang detail implementasinya yang saya lihat masih banyak kelemahan-kelemahan. Dan, itu yang menjadi prioritas pertama saya," ujarnya.

Dia menjelaskan, upaya ini bertujuan agar TNI bisa mengembalikan tugas-tugas yang dilakukannya dengan benar-benar berpegang kepada peraturan perundangan

Baca juga : Panglima TNI Tinjau Kesiapan Mudik Lebaran/Idul Fitri 1445 H/2024

"Jangan kelebihan, dan harapan saya juga tidak akan mengambil sektornya kementerian atau lembaga lain," kata Andika.

Selain itu, kata Andika, fokus implementasi selanjutnya adalah soal penguatan operasi pengamanan perbatasan darat, laut, dan wilayah udara.

"Yang kedua, yang aturan Kemenhannya pun juga sudah keluar, bahwa memang operasi pengamanan perbatasan ini juga sesuatu yang harus menjadi fokus dalam hal peningkatan," lanjut Andika.

Kemudian, Andika menjelaskan ada juga fokus implementasi dalam peningkatan kesiapsiagaan satuan TNI, tugas Operasi Militer untuk Peran (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

Karena sebetulnya banyak yang bisa kita lakukan untuk membuat kita jauh lebih siap, baik dalam menghadapi tugas-tugas operasi militer untuk perang maupun operasi militer selain perang," ujarnya.

Rangkaian Fit and proper test Andika Perkasa di Komisi I DPR digelar secara terbuka-tertutup. Sesi pembacaan visi misi oleh Andika dilakukan terbuka.

Namun, sesi pendalaman tanya jawab oleh sembilan fraksi secara bergantian kepada Andika dilakukan secara tertutup. Sesi ini dilakukan tertutup karena tanya jawab biasanya menyangkut isu pertahanan negara.

Untuk diketahui, Andika dipilih Presiden Jokowi sebagai calon tunggal Panglima TNI menggantikan Hadi Tjahjanto yang akan memasuki masa pensiun.*

Artikel Terkait
Panglima TNI Hadiri Rapat Koordinasi Teknis Kesehatan TNI Tahun 2024
Panglima TNI Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi di Papua dan Permasalahan Tanah di Sumsel
Panglima TNI Tinjau Kesiapan Mudik Lebaran/Idul Fitri 1445 H/2024
Artikel Terkini
Engelbertus Turot Asisten II Setda Kabupaten Maybrat Bantu Percepat Proses Akreditasi Puskesmas di Maybrat
Kabupaten Maybrat Rayakan HUT Ikatan Bidan Indonesia ke 73
Tingkatkan Layanan Bidang Kesehatan, Pj Gubernur Agus Fatoni Teken MoU Jejaring Pengampuan Layanan Prioritas Rumah Sakit
Perkuat Semangat Persaudaraan Antara Siswa, SMP Notre Dame Gelar Paskah Bersama dan Peringatan Hardiknas 2024
PNM Mekaar Beri Reward Ketua Kelompok Unggulan Studi Banding Olahan Jamu Tradisional
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas