INDONEWS.ID

  • Jum'at, 19/11/2021 10:40 WIB
  • Dukung Kualitas SDM Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, LSPR Institute MoU dengan Kemenparekraf

  • Oleh :
    • very
Dukung Kualitas SDM Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, LSPR Institute MoU dengan Kemenparekraf
Prita Kemal Gani, MBA, MCIPR, Selaku CEO dan Founder Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR. (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID -- Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama (MoU) dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), di Jakarta, Rabu (17/11).

MoU ini ditandatangani oleh Rektor Dr Andre Ikhsano M.Si dari institut Komunikasi dan Bisnis LSPR bersama perwakilan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang ditandatangani oleh Ni Wayan Giri Adnyani selaku Sekretaris Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Baca juga : Kemenparekraf Kick Off Akselerasi Sertifikasi Halal Produk Makanan dan Minuman di 3.000 Desa Wisata

Kerjasama ini dilakukan sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat dalam ruang lingkup Pertukaran Informasi, pembinaan peningkatan SDM Pariwisata, Pengembangan Destinasi Pariwisata, Pengembangan dan perencanaan kebijakan Pariwisata dan pengembangan promosi pariwisata.

Dalam penandatangan tersebut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno turut menyampaikan paparannya. Pandemi Covid 19 katanya, memiliki dampak yang signifikan bagi seluruh sektor, termasuk disrupsi dalam hal penggunaan teknologi.

Baca juga : Momen Libur Lebaran Berdampak Positif bagi Ekonomi Kreatif, Ini Kata Menteri Sandiaga Uno

“Hal ini juga berdampak pada sektor pariwisata, namun saat ini kita memiliki generasi muda yang memiliki karakter kritis, kreatif, inovatif dan berdaya saing khususnya mahasiswa yang dituntut untuk memiliki kreativitas dan memanfaatkan peluang yang ada,” ujar Menteri Sandiaga.

Pemulihan pariwisata, katanya, memerlukan sinergi dan kolaborasi dari berbagai sektor yang sering disebut dengan pentahelix yaitu pemerintah, media, akademisi, masyarakat serta dunia usaha. Segenap civitas academica Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR sebagai pemegang amanah tri dharma perguruan tinggi dan khususnya mahasiswa sebagai agent of change berperan penting dalam pemulihan perekonomian nasional.

Baca juga : Kemenparekraf Pastikan Kesiapan Daerah dan Destinasi Sambut Libur Lebaran 2024

MoU Kerjasama dalam Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat dalam ruang lingkup pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif ini merupakan bentuk komitmen akselerasi dalam pengembangan kualitas kompetensi SDM Pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Diharapkan Institut Komunikasi dapat berkontribusi dan berkolaborasi. Kementerian Pariwisata akan mendukung penuh kegiatan yang dilakukan institusi Pendidikan Tinggi untuk membentuk kualitas mahasiswanya menjadi agent of change dan memiliki jiwa leadership, kewirausahaan yang inovatif dan kreatif,” ujar Sandiaga.

 

(Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno. Foto: Ist)

Sudah Gelar Berbagai Kegiatan Sejak Maret 2021

Penandatanganan tersebut juga disambut baik oleh Prita Kemal Gani, MBA, MCIPR, Selaku CEO dan Founder Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR. Dia mengatakan sangat senang dan berbahagia atas kerjasama yang sudah diresmikan melalui nota kesepahaman pada tanggal 17 September 2021 ini.

Prita juga menyampaikan kolaborasi antara Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melalui Program Studi Pariwisata Fakultas Bisnis ini sudah terjalin sejak Maret 2021.

Misalnya pihaknya sudah menggelar kuliah umum dengan topik “New Direction & Strategies for recovery of Indonesian Tourism”, pengajaran mengenai “understanding basic intellectual property right for entrepreneur” pada program inkubator kewirausahaan LSPR dan yang terakhir dengan kegiatan yang cukup panjang yaitu penyelenggaraan “Digital Tourism Competition 2021” (Kompetisi Foto, Video dan Digital Illustration) dengan tema “Kharima Event Nusantara” dan juga bekerjasama dengan Deputi Produk Wisata dan penyelenggaraan event yang berjalan sukses.

“Hal tersebut menjadi bukti nyata bahwa kami berkontribusi dan berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dalam pemulihan sektor pariwisata, dan tidak kalah pentingnya hal ini bertujuan agar institut Komunikasi dan Bisnis LSPR dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar melalui program kolaborasi lainnya,” ujar Prita.

Selain itu Rektor Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR Dr. Andre Ikhsano, M.Si, mengatakan dengan adanya kerjasama dan sinergitas ini Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR mengharapkan akan menghasilkan manfaat bagi sektor pariwisata. “Serta dengan adanya kerjasama ini kami institusi berkomitmen, maupun berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam memberikan implementasi melalui berbagai program nyata dalam mendukung pemulihan pariwisata sehingga akan tumbuh dan bangkit kembali pasca Covid-19," ujarnya.

Dekan Fakultas Bisnis LSPR, Yuliana Riana Prasetyawati, M.M. menyampaikan saat ini adalah era kolaborasi guna membangkitkan kembali sektor pariwisata Indonesia. Karena itu, model kolaborasi antara Perguruan Tinggi dan Pemerintah merupakan bagian dari Pentahelix.

“Melalui kolaborasi sinergis ini diharapkan terwujud program-program yang inovatif guna mengembangkan dan memulihkan sektor pariwisata Indonesia. Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dilaksanakan oleh segenap civitas akademik Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR dapat sejalan dengan kebijakan Kemenparekraf serta memberikan ide-ide yang kreatif dan inovatif guna mendukung pemulihan sektor pariwisata," pungkasnya. ***

Artikel Terkait
Kemenparekraf Kick Off Akselerasi Sertifikasi Halal Produk Makanan dan Minuman di 3.000 Desa Wisata
Momen Libur Lebaran Berdampak Positif bagi Ekonomi Kreatif, Ini Kata Menteri Sandiaga Uno
Kemenparekraf Pastikan Kesiapan Daerah dan Destinasi Sambut Libur Lebaran 2024
Artikel Terkini
Elit Demokrat Ardy Mbalembout Mengutuk Keras Aksi Penyerangan Mahasiswa Saat Berdoa di Tangsel
Penutupan Pabrik Sepatu Bata di Purwakarta Bagian dari Strategi Bisnis untuk Fokus pada Lini Penjualan
Presiden Jokowi Masih Kaji Calon Pansel KPK yang Sesuai Harapan Masyarakat
Tumbuh Untuk Menginspirasi: PNM Berikan Pelatihan Literasi Keuangan Digital Serta Kegiatan Tanggung Jawab Sosial
Strategi Sukses dalam Mengimplementasikan HRIS di Perusahaan
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas