Jakarta, INDONEWS.ID - PT Unilever Indonesia Tbk bekerjasama dengan PT Permodalan Nasional Madani (PNM) dalam melaksanakan program sosialisasi dan pemberdayaan masyarakat yang bertema Bukarsa “Ibu Sehat, Keluarga Sejahtera”.
Direktur Kelembagaan dan Perencanaan PNM, Sunar Basuki pada acara peluncuran program Bukarsa mengatakan program ini diharapkan dapat memberikan dampak yang terukur dan lebih luas pada nasabah PNM di 12 kota yang tersebar di 4 provinsi di Indonesia.
“Selain itu ibu – ibu memegang peranan penting dalam pembentukan kepribadian keluarga dan diharapkan dapat menjadi motor penggerak perilaku hidup sehat,” kata Sunar Basuki lewat siaran pers, Jumat (19/11/21).
Tema Bukarsa diusung untuk meningkatkan kesadaran Nasabah PNM Mekaar yang merupakan para ibu akan perlunya menjaga kesehatan dan kebersihan di lingkungan dan keluarga khususnya pada masa pandemi melalui serangkaian program edukasi, sosialisasi, dan pemberdayaan dengan tetap patuh pada protokol kesehatan.
Memiliki visi serupa, PNM dan Unilever menjalankan usaha dengan prinsip berkelanjutan. Program Ibu Sehat Keluarga Sejahtera atau Bukarsa merupakan rencana kolaborasi untuk memberdayakan komunitas terutama perempuan prasejahtera yang merupakan nasabah PNM Mekaar.
Program Bukarsa disusun sedemikian rupa agar Nasabah PNM Mekaar memahami bahwa menjaga kesehatan dan kebersihan di lingkungan keluarga itu penting dalam mendukung kegiatan usaha mereka.
Nurdiana Darus selaku Head Of Corporate Affairs & Sustainability PT Unilever Indonesia, Tbk, mengatakan Unilever berkomitmen bahwa bisnis haruslah berpatokan pada tujuan mulia dan memberikan dampak menjalankan bisnis dengan prinsip berkelanjutan.
Melalui program Ibu Sehat Keluarga Sejahtera (Bukarsa) yang merupakan hasil kolaborasi antara Unilever Indonesia dan PNM diharapkan dapat tersosialiasikan pada 500.000 perempuan prasejahtera.
“Kami percaya bahwa perempuan, terutama ibu menjadi tokoh yang berperan penting dalam menjaga kesehatan keluarga serta menjadi agen perubahan di lingkungan mereka. Kolaborasi ini diharapkan dapat memberikan dampak yang terukur dan lebih luas atas perubahan perilaku masyarakat. Tentunya pelaksanaan ini didukung penuh oleh rekan-rekan PNM di lapangan,” katanya.
Dukungan Unilever terhadap Program Bukarsa tidak hanya memberikan sosialisasi edukasi, Unilever juga menyalurkan 500,000 produk penyanitasi tangan Lifebuoy, 3.000 dus sabun cuci tangan Lifebuoy, 16.000 bungkus pasta gigi pepsodent, dan buku panduan resep masakan dari Royco untuk di bagikan ke seluruh Nasabah Mekaar PNM melalui teman-teman fasilitator PNM di lapangan.
Adanya sosialisasi edukasi ini diharapkan dapat meningkatkan kapabilitas Nasabah Mekaar PNM akan pentingnya menjaga kesehatan keluarga.
“Diharapkan dengan adanya edukasi ini masyarakat mendapatkan hal yang positif dan menambah pengetahuan mereka dalam mendukung kegiatan usaha perempuan prasejahtera di bidang ultra-mikro selain itu, mengikuti tren Milenial, program ini juga diupdate secara berkala di Instagram @pnm_jasamanajemen untuk meningkatkan kesadaran terutama bagi kalangan Milenial,” kata Mira Damayanti Hardjono, Kepala Divisi JML.*