INDONEWS.ID

  • Sabtu, 27/11/2021 17:34 WIB
  • Ruangobrol Sabet Intercultural Achievement Award 2021 Kategori Media dari Austria

  • Oleh :
    • very
Ruangobrol Sabet Intercultural Achievement Award 2021 Kategori Media dari Austria
Ruangobrol.id menyabet juara dalam gelaran Intercultural Achievment Award (IAA) 2021 kategori media. (Foto: hasil tangkapan media)

Jakarta, INDONEWS.ID -- Ruangobrol.id menyabet juara dalam gelaran Intercultural Achievment Award (IAA) 2021 kategori media. Media yang berdiri sejak 2018 ini terpilih sebagai pemenang dengan mengusung konsep "Alternative Narrative from Credible Voices".

Penghargaan dari Austria diterima pada Rabu 24 November 2021, seiring gelaran Simposium tentang Praktik Terbaik di Inisiatif Dialog Antarbudaya dan Antaragama.

Baca juga : Penyumbang Devisa Negara, Pemerintah Harus Belajar dari Drama Korea

"Kami fokus merespons isu-isu tentang radikalisme terorisme," ujar Putut Widjanarko Ph.D, mewakili ruangobrol.id, melalui siaran pers yang diterima redaksi https://indonews.id/, di Jakarta, Sabtu (27/11).

Putut menjelaskan ruangobrol.id yang mulai berdiri pada awal 2018. Media ini khusus merespons isu-isu tersebut melalui kekuatan "credible voices". Artinya, melalui pengalaman dari mantan narapidana terorisme (napiter) maupun mereka yang berstatus returnee pernah "berhijrah" ke Suriah bergabung ke kelompok ISIS.

Baca juga : Strategi Implementasi "Buku Teks Utama Pendidikan Pancasila", Menyemai Nilai Kebangsaan di Tengah Tantangan Zaman

Pengalaman mereka tergelincir di lingkaran kelompok radikal teror ini kemudian dituangkan dalam berbagai bentuk kreatif. Mulai dari berbagai artikel dan berita, buku hingga film dokumenter. "Sebagai narasi alternatif media," ujarnya.

Aneka produk kreatif itu dibuat secara rutin. Misalnya menerbitkan buku dan film dokumenter. Di antaranya Jihad Selfie, Pengantin, Seeking The Imam hingga teranyar The Mentors dengan bukunya "Menanti yang Kembali: Kumpulan Kisah dari Sebuah Upaya Reintegrasi Sosial Narapidana Terorisme".

Baca juga : Satgas Yonif 742/SWY Perkenalkan Ecobrick Kepada Para Murid Di Perbatasan RI- RDTL

"Kami membuka diri untuk berkolaborasi," sambung Putut Widjanarko.

Perwakilan Kedutaan Besar Austria di Jakarta, Phillip Roesl menyebut Ruangobrol memberikan narasi yang kredibel untuk melawan dan mencegah daya tarik propaganda ekstremis di Indonesia dengan menggunakan mantan anggota ISIS yang kembali untuk berbicara tentang pengalaman mereka.

“Hal ini memungkinkan Ruangobrol untuk mendekati audiensnya secara emosional dan memberikan alternatif yang kredibel. Kedutaan Besar Austria di Jakarta dengan bangga mendukung Ruangobrol dan menantikan kerja sama di masa depan,” kata Phillip, Jumat (26/11/2021).

Pemerintah Austria menggelar event ini sebagai penghargaan atas gerakan inisiatif masyarakat sipil yang mendorong dialog lintas budaya dan agama.

Hingga saat ini, penghargaan telah diberikan untuk karya luar biasa berkelanjutan, inovasi, media, isu-isu kontemporer dan integerasi khususnya pada seni, budaya, pemuda, hak asasi manusia dan pendidikan.

Penghargaan tersebut sudah mulai digelar sejak tahun 2014. Penghargaan diberi oleh Pemerintah Austria melalui Kementerian Federal untuk Urusan Eropa dan Internasional bekerjasama dengan Badan Pembangunan Austria (ADA), Dana Masa Depan Republik Austria (ÖZF) dan Dana Integrasi Austria (IF). ***

 

Artikel Terkait
Penyumbang Devisa Negara, Pemerintah Harus Belajar dari Drama Korea
Strategi Implementasi "Buku Teks Utama Pendidikan Pancasila", Menyemai Nilai Kebangsaan di Tengah Tantangan Zaman
Satgas Yonif 742/SWY Perkenalkan Ecobrick Kepada Para Murid Di Perbatasan RI- RDTL
Artikel Terkini
Penyumbang Devisa Negara, Pemerintah Harus Belajar dari Drama Korea
Bupati Tanahdatar buka Grand Opening Sakato Aesthetic
Strategi Implementasi "Buku Teks Utama Pendidikan Pancasila", Menyemai Nilai Kebangsaan di Tengah Tantangan Zaman
Satgas Yonif 742/SWY Perkenalkan Ecobrick Kepada Para Murid Di Perbatasan RI- RDTL
The International Awards 2024, Pj Bupati Maybrat Dapat Penghargaan dari Seven Media Asia
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas