INDONEWS.ID

  • Kamis, 16/12/2021 16:58 WIB
  • Top! Jadi Program Unggulan, PKU PNM Capai 9.181 Kegiatan Selama 2021

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
Top! Jadi Program Unggulan, PKU PNM Capai 9.181 Kegiatan Selama 2021
Direktur Kelembagaan dan Perencanaan PT PNM, Sunar Basuki didampingi Kepala Komunikasi dan Hubungan Eksternal Perusahaan Wijayandaru Tri Buwono di sela-sela acara sosialisasi pencapaian Program Pengembangan Kapasitas Usaha PNM 2021 di Resto Daun Muda, Kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (16/12/21).

Jakarta, INDONEWS.ID - Program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) menjadi bagian tak terpisahkan dari pemberdayaan masyarakat madani yang dilakukan oleh PT Permodalan Nasional Madani atau PNM. Tercatat, perusahaan telah menggelar sebanyak 9.182 kegiatan di seluruh Indonesia selama periode Januari hingga Desember 2021.

Demikian disampaikan Direktur Kelembagaan dan Perencanaan PT PNM, Sunar Basuki di sela-sela acara sosialisasi pencapaian Program Pengembangan Kapasitas Usaha PNM 2021 di Resto Daun Muda, Kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (16/12/21).

Baca juga : Sukses Jadi Keluarga Sejahtera, Bupati Luwu Utara Apresiasi Program PKU PNM

"Tercatat PNM sudah menggelar pelatihan dan pendampingan program PKU sebanyak 9.181 di seluruh Indonesia dan diikuti oleh 230.246 nasabah," kata Sunar.

Sunar menjelaskan program pengembangan kapasitas usaha (PKU) ini merupakan salah satu program unggulan PNM. Dimana selain memberikan akses terhadap permodalan, perusahaan juga memberikan pendampingan dan pengembangan kapasitas usaha bagi nasabah.

Baca juga : PNM Akselerasi Kesejahteraan Nasabah Lewat Program PKU Akbar

"Semua nasabah PNM yang saat ini berjumlah 11 juta, itu kita berikan pendampingan," kata Sunar kepada wartawan.

Namun Sunar menambahkan, pendampingan berupa pelatihan dan pengembangan kapasitas usaha kepada nasabah sangat variatif. Sebab PNM harus menyesuaikan dengan kebutuhan nasabah.

Baca juga : PNM Gelar Program Pengembangan Kapasitas Usaha untuk Wanita Pra Sejahtera

"Nah, pengembangan kapasitas usaha ini sangat variatif di PNM sesuai dengan kebutuhan nasabah," bebernya.

Selain itu, lanjut Sunar, perusahaan juga menggelar berbagai event dalam rangka membekali nasabah dengan ketrampilan dan pengetahuan sebagai bagian dari pemberdayaan.

Tujuannya, agar para nasabah menjadi mandiri. Selama tahun 2021, tambah Sunar, PNM telah menyelenggarakan sebanyak hampir 10 ribu event bagi pemberdayaan nasabah PNM.

"Selain itu, kita juga ada event-event khusus yang di tahun 2021 ini berjumlah hampir 10 ribu event. Nah ini diperuntukan untuk pemberdayaan agar nasabah-nasabah kita mandiri, punya ketrampilan dan pengetahuan yang cukup dalam mengembangkan usahnya," imbuhnya.*

Lebih lanjut Sunar menuturkan, berdasarkan pencapaian kegiatan PKU selama periode Januari hingga Desember 2021, jumlah nasabah yang memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB) pasca pelatihan sebanyak 5.271 nasabah.

"Kegiatan digelar bersama Kemkominfo mengenai Pemasaran Digital telah diikuti oleh 3.000 nasabah PNM," tutupnya.*(Rikard Djegadut).

Artikel Terkait
Sukses Jadi Keluarga Sejahtera, Bupati Luwu Utara Apresiasi Program PKU PNM
PNM Akselerasi Kesejahteraan Nasabah Lewat Program PKU Akbar
PNM Gelar Program Pengembangan Kapasitas Usaha untuk Wanita Pra Sejahtera
Artikel Terkini
Perayaan Hari Ulang Tahun ke 15 Kabupaten Maybrat
SMP Islam Al Azhar BSD Raih juara 1 Tari Tradisional di Spanyol
Tanggapi Tuduhan Ade Pencuri, Lawyer Gaul: gak Cocok sama Faktanya
Terus Bermanuver Menuju Pilkada NTT, Cagub Ardy Mbalembout dan Irjen Jonny Asadoma Gelar Pertemuan Tertutup di Jakarta
Tamini Square Gelar Festival Soto dan Masakan Nusantara
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas