INDONEWS.ID

  • Rabu, 05/01/2022 12:03 WIB
  • Unkris Gelar Sidang Promosi Doktor Irjen Pol (P) Ali Johardi, Menteri Yasona Jadi Penguji

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
Unkris Gelar Sidang Promosi Doktor Irjen Pol (P) Ali Johardi, Menteri Yasona Jadi Penguji
Pemimpin Redaksi Indonews.id Drs. Asri Hadi, MA (Kiri) bersama Irjen (P) Dr. Ali Johardi Wirogioto, SH.

Jakarta, INDONEWS.ID - Universitas Krisnadwipayana (Unkris) menggelar sidang terbuka Promosi Doktor Ilmu Hukum dengan promovendus atas nama Ali Johardi Wirogioto pada Rabu, 5 Januari 2021.

Sidang yang digelar di Aula Oemar Seno Adji, Gd. Blok F. Lantai II Fakultas Hukum Kampus UNKRIS Jatiwaringin itu hadir sebagai Tim Penyanggah antara lain Menteri Hukum dan HAM Prof. Yasonna H. Laoly, Advokat senior Prof. T. Gayus Lumbuun, Dr. Hery Firmansyah, Dr. Firman Wijaya, Dr. Hartanto.

Adapun Tim promotor terdiri dari Prof. Dr. M. Iman Santoso (promotor), Dr. Harsanto Nursadi (co-promotor I) dan Dr. Agus Budianto (co-promotor II) serta Dr. Ir. Ayub Muktiono sebagai Ketua sidang.

Dalam sidang yang berlangsung selama dua jam itu, Ali Johar menyampaikan hasil penelitiannya dengan judul disertasi "Prinsip Kepastian Hukum Terhadap Pelaksanaan Putusan Pidana Mati Tindak Narkotika yang Telah Berkekuatan Hukum Tetap di Indonesia".

Ali Johar yang merupakan mantan Deputi Pencegahan Badan Narkotika Nasional (BNN) ini menjalankan sidang terbuka dan dinyatakan lulus dengan predikat sangat memuaskan.

Secara terpisah, ketika dimintai tanggapannya, pemimpin redaksi Indonews.id, Drs. Asri Hadi, MA menyampaikan selamat kepada Irjen Pol (Purn) Dr. Ali Johardi Wirogioto, SH.

"Selamat kepada Irjen (Purn) Ali Johardi Wirogioto atas gelar doktor yang baru diraihnya ini. Semoga ilmu yang didapatnya bermanfaat bagi masyarakat Indonesia," kata Asri Hadi selaku Bendara Asosiasi Media Digital Indonesia (AMDI) ini.

Dosen Senior Institut Pemerintahaan Dalam Negeri (IPDN) itu mengatakan disertasi yang dipaparkan Brigejn Ali Johardi sangat relevan dengan bidang yang digelutinya selama ini.

"Penelitiannya sangat kontekstual dan relevan dengan apa yang tengah dihadapi bangsa ini. Sehingga, saya berharap apa yang menjadi masukannya melalui hasil analisa akademis ini dapat menjadi acuan bagi pengambil kebijakan," kata Wasekjen Organisasi BERSAMA, sebuah organisasi yang memiliki kepedualian terhadap masalah narkoba di Indonesia.

Sosok Ali Johardi

Irjen Pol (purn) Dr. Ali Johardi Wirogioto, SH merupakan seorang jenderal polisi purnawirawan. Irjen Ali Johardi merupakan lulusan Akademi Polisi (Akmil) angkatan 1985. 

 

Ali Johardi adalah sosok yang sangat lekat dengan upaya pemberantasan mafia hiburan malam di Ibu kota Jakarta. Namanya melambung ketika menjabat Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi DKI Jakarta.

Selama hampir empat tahun mengemban tugas negara sebagai Kepala BNNP DKI Jakarta, Irjen Ali Johardi kerap melakukan gebrakan. Sehingga para mafia hiburan malam ibu kota tak nyaman dengan jenderal polisi satu ini.

Ali Johardi pernah menjabat sebagai pimpinan di Direktorat Narkoba Nanggroe Aceh Darusalam. 

Selanjutnya, ia menempati jabatan sebagai analis di Deputi Bidang Pencegan dan Pemberantasan BNN.

Jenderal humanis ini juga pernah menempuh pendidikan di Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhamnas) untuk mendalami ilmu kepemimpinan.*

 

Artikel Terkait
Artikel Terkini
Warung NKRI Digital, Cara BNPT Kolaborasikan Pencegahan Radikalisme dan Terorisme di Era Digitalisasi
Bahas Revitalisasi Data, Pj Bupati Maybrat Rapat Bersama tim Badan Pusat Statistik Setempat
Mendagri Atensi Keamanan Data Pemilih pada Penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024
Kemendagri Serahkan DP4 kepada KPU sebagai Bahan Penyusunan DPT Pilkada Serentak 2024
Terima Peta Jalan Aksesi Keanggotaan OECD, Indonesia Perkuat Komitmen Konstitusional Berpartisipasi Aktif dalam Tatanan Dunia
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas