INDONEWS.ID

  • Senin, 07/02/2022 18:14 WIB
  • Pansel Buka Seleksi Calon Anggota Komnas HAM RI Periode 2022-2027

  • Oleh :
    • very
Pansel Buka Seleksi Calon Anggota Komnas HAM RI Periode 2022-2027
Panitia Seleksi Calon Anggota Komnas HAM. (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID -- Komisi Nasional Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Komnas HAM RI) mulai membuka pendaftaran seleksi Calon Anggota Komnas HAM RI Periode 2022-2027.

Proses akan dimulai dengan pendaftaran Calon Anggota Komnas HAM RI 2022-2027 yang dibuka pada Selasa (8/2/2022) hingga 8 Maret 2022.

Baca juga : Elit Demokrat Ardy Mbalembout Mengutuk Keras Aksi Penyerangan Mahasiswa Saat Berdoa di Tangsel

Proses penjaringan dan seleksi Calon Anggota ini untuk memenuhi masa kerja Anggota Komnas HAM periode 2017-2022 yang akan habis masa kerjanya pada November 2022 mendatang.

Ada lima sosok yang terpilih menjadi panitia seleksi calon anggota Komnas HAM kali ini yaitu Prof. Dr. Makarim Wibisono, S.H., M.A. (Ketua); Kamala Chandrakirana, S.Sos., B.A., M..A. (Wakil Ketua); Prof. Dr. Azyumardi Azra, M.A., CBE; Prof. Dr. Harkristuti Harkrisnowo, S.H., M.A.; dan Dr. (HC) Marzuki Darusman, S.H.

Baca juga : Presiden Jokowi Masih Kaji Calon Pansel KPK yang Sesuai Harapan Masyarakat

Kelima pansel tersebut memiliki pengetahuan, komitmen, dan konsistensi terhadap pelindungan, pemajuan, penegakan dan pemenuhan hak asasi manusia.

"Tahapan seleksi akan dimulai dengan pengumuman pendaftaran seleksi calon Anggota Komnas HAM RI, lalu dibuka kesempatan mendaftar bagi seluruh WNI yang memenuhi persyaratan hingga sebulan mendatang,” kata Ketua Pansel Makarim Wibisono.

Baca juga : Tumbuh Untuk Menginspirasi: PNM Berikan Pelatihan Literasi Keuangan Digital Serta Kegiatan Tanggung Jawab Sosial

Seluruh persyaratan dan teknis pendaftaran secara terbuka dapat diakses di laman resmi https://www.komnasham.go.id/seleksi-anggota/.

Pansel juga mensyaratkan dua metode pendaftaran, yaitu pertama, melalui online, yaitu pendaftar menggunggah dokumen pendaftaran beserta lampirannya ke laman resmi https://www.komnasham.go.id/seleksi-anggota/. dan tetap mengirimkan dokumen fisik via pos ditujukan kepada Panitia Seleksi Calon Anggota Komnas HAM dengan alamat Kantor Komisi Nasional Hak Asasi Manusia, Jl. Latuharhary No. 4B, Menteng Jakarta Pusat, 10310;

Kedua, melalui pos, yaitu pendaftar mengirimkan dokumen fisik pendaftaran beserta lampirannya kepada Panitia Seleksi Calon Anggota Komnas HAM dengan alamat Kantor Komisi Nasional Hak Asasi Manusia, Jl. Latuharhary No. 4B, Menteng Jakarta Pusat, 10310.

Seluruh proses dan tahapan seleksi tidak dikenai biaya serta pungutan dalam segala bentuk. Pendaftar yang lolos dalam tahapan lanjutan yang memerlukan biaya transportasi serta akomodasi pribadi akan ditanggung masing-masing individu.

Berikut rancangan tahapan lengkap seleksi Calon Anggota Komnas HAM Periode 2022-2027 yang akan dilakukan mulai Februari 2022:,

  1. Seleksi Administrasi Februari - Maret 2022
  2. Tes Obyektif Tertulis dan Penulisan Makalah April 2022 (tentatif)
  3. Dialog Publik Mei 2022 (tentatif)
  4. Psikotes Juni 2022(tentatif)
  5. Tes Kesehatan Juli 2022 (tentatif)
  6. Wawancara Juli 2022 (tentatif)

Panitia Seleksi mengimbau para Calon Anggota untuk terus aktif mengakses laman resmi https://www.komnasham.go.id/seleksi-anggota/ untuk mendapatkan informasi/pengumuman terkini terkait proses seleksi, karena jadwal pelaksanaan dapat berubah sewaktu-waktu mengikuti kondisi dan situasi. ***

Artikel Terkait
Elit Demokrat Ardy Mbalembout Mengutuk Keras Aksi Penyerangan Mahasiswa Saat Berdoa di Tangsel
Presiden Jokowi Masih Kaji Calon Pansel KPK yang Sesuai Harapan Masyarakat
Tumbuh Untuk Menginspirasi: PNM Berikan Pelatihan Literasi Keuangan Digital Serta Kegiatan Tanggung Jawab Sosial
Artikel Terkini
Elit Demokrat Ardy Mbalembout Mengutuk Keras Aksi Penyerangan Mahasiswa Saat Berdoa di Tangsel
Penutupan Pabrik Sepatu Bata di Purwakarta Bagian dari Strategi Bisnis untuk Fokus pada Lini Penjualan
Presiden Jokowi Masih Kaji Calon Pansel KPK yang Sesuai Harapan Masyarakat
Tumbuh Untuk Menginspirasi: PNM Berikan Pelatihan Literasi Keuangan Digital Serta Kegiatan Tanggung Jawab Sosial
Strategi Sukses dalam Mengimplementasikan HRIS di Perusahaan
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas