INDONEWS.ID

  • Jum'at, 18/02/2022 18:02 WIB
  • Melestarikan Pencak Silat, Merawat Budaya Bangsa

  • Oleh :
    • indonews
Melestarikan Pencak Silat, Merawat Budaya Bangsa
Pencak silat. (Foto: Ist)

Bogor, INDONEWS. ID - Pencak silat merupakan seni bela diri asli Indonesia yang telah diakui dunia.

Olahraga pencak silat harus terus dilestarikan. Sebab, melestarikan pencak silat sama dengan merawat budaya bangsa. Pencak silat adalah seni beladiri asli Indonesia.

Ketika kita merawat, menjaga, dan melestarikan serta memajukan pencak silat, itu sama dengan kita merawat budaya bangsa kita sendiri.

Demikian dikatakan Wirabrata Arifin, pimpinan Yayasan Palataran Pakujajar Sipatahunan (PPS) kepada wartawan di Jalan Loader Nomor 2, kompleks Bina Marga, Kota Bogor, Jumat (18/2/2022) siang.

"Pencak Silat, sebagai salah satu seni bela diri, merupakan tradisi khas Indonesia yang telah ada dari generasi ke generasi," kata Wirabrata Arifin atau yang akrab disapa Abob.

Di palataran Pakujajar Sipatahunan, terdapat beberapa kegiatan khususnya dalam melestarikan seni budaya.

Untuk pencak Silat, langsung di bawah asuhan Agung Nurrohmat dari Paguron Sabda Sunda.

Selain itu juga ada tarian tradisional jaipong, asuhan Andang R. Sanggar Dahayu Astramaya.

"Untuk yang rutin latihan di palataran, ada puluhan anak dari berbagai usia. Kalau semuanya sih ratusan, karena ada yang di pusat juga Sabda Sunda yang di Sukabumi," kata Agung.

Tradisi Pencak Silat ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan budaya tak benda pada sidang ke-14 Intergovernmental Committee for the Safeguarding of the Intangible Cultural Heritage, yang berlangsung di Bogota, Kolombia, 9-14 Desember 2019.

Pada sidang tersebut, terdapat 42 nominasi untuk di-inskripsi sebagai warisan budaya tak benda, termasuk tradisi Pencak Silat dari Indonesia.

"Pencak Silat telah menjadi identitas dan pemersatu bangsa Indonesia. Tradisi Pencak Silat mengandung nilai-nilai persahabatan dan sikap saling menghormati," ujar Wirabrata Arifin. (yopi)

Artikel Terkait
Artikel Terkini
Pastikan Arus Barang Kembali Lancar, Menko Airlangga Tinjau Langsung Pengeluaran Barang dan Minta Instansi di Pelabuhan Tanjung Priok Bekerja 24 Jam
Umumkan Rencana Kedatangan Paus Fransiskus, Menteri Agama Dukung Penuh Pengurus LP3KN
Mendagri Tito Lantik Sekretaris BNPP Zudan Arif Fakrulloh Jadi Pj Gubernur Sulsel
Perayaan puncak HUT DEKRANAS
Kemendagri Tekankan Peran Penting Sekretaris DPRD Jaga Hubungan Harmonis Legislatif dengan Kepala Daerah
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas