INDONEWS.ID

  • Jum'at, 25/02/2022 15:29 WIB
  • PPSDM Kemendagri Regional Bandung Bekali Sopir Ambulans Pelatihan Bantuan Hidup Dasar

  • Oleh :
    • Mancik
PPSDM Kemendagri Regional Bandung Bekali Sopir Ambulans Pelatihan Bantuan Hidup Dasar
Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Regional Bandung menggelar pelatihan Bantuan Hidup Dasar (BHD) pada sopir ambulans.(Foto:Puspen Kemendagri)

Bandung, INDONEWS.ID - Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Regional Bandung menggelar pelatihan Bantuan Hidup Dasar (BHD) pada sopir ambulans dan tenaga terkait lainnya untuk meningkatkan pemahaman dan profesionalitas dalam menjalankan tugas. BHD ini dilaksanakan di PPSDM Kemendagri Regional Bandung, Kamis (24/2/2022).

Dalam sambutannya, Kepala PPSDM Kemendagri Regional Bandung Belly Isnaeni menyampaikan, pelatihan BHD ini penting diselenggarakan karena berbagai alasan. Yaitu dalam rangka memaksimalkan profesionalisme sikap dan keterampilan sopir ambulans dan tenaga lainnya sebagai bagian integral dari pelayanan kesehatan.

Baca juga : PPSDM Kemendagri Yogyakarta Gelar Coaching Clinic Penulisan Buku dan Jurnal

Dengan BHD ini diharapkan standar pelayanan, standar keamanan, standar keselamatan dalam menyelamatkan nyawa manusia, serta mencegah terjadinya kecacatan lebih lanjut dapat terpenuhi. Untuk itu dibutuhkan skill, ketepatan dan kedisiplinan terutama kerja sama dengan tenaga kesehatan dalam penanganan gawat darurat.

"Tanpa sadar terkadang kita hanya memikirkan ambulans dan pasiennnya saja, sehingga mengenyampingkan sopir dan tenaga pendukung lainnya yang tidak kalah penting peranannya. Banyak orang yang mengira bahwa tidaklah sulit menjadi sopir amnbulans. Namun yang perlu digarisbawahi adalah Teknik dalam mengendarai mobil ambulans tidaklah sama dengan kendaraan lainnya,” katanya.

Baca juga : PPSDM Kemendagri Regional Bukittinggi Gelar Pelatihan Kepemimpinan Administrator Angkatan ke-III

Selain berisi materi, DBH tersebut juga mengadakan simulasi. PPSDM Kemendagri Regional Bandung telah memiliki dua unit ambulans dan semua perlengkapannya.

Sementara untuk bekal materinya sendiri terdiri dari Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT), Peran dan Fungsi pengemudi ambulans, Teknik Operasional Ambulans, Cardiopulmonary Resuscitation (CPR), dan Penanganan Kasus Gawat Darurat Sehari-hari.

Baca juga : PPSDM Kemendagri Regional Yogyakarta Bekali PNS Terapkan Standar Pelayanan Minimal

Pelatihan ini diikuti oleh 31 sopir ambulans dan tenaga lainnya yang berasal dari Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kemendagri, Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Jatinangor, IPDN Manado, Lembaga Administrasi Negara (LAN), Telkom University, Universitas Padjajaran, beberapa Puskesmas terdekat, serta tenaga sopir dan tenaga lainnya di lingkup PPSDM Regional Bandung.*

Artikel Terkait
PPSDM Kemendagri Yogyakarta Gelar Coaching Clinic Penulisan Buku dan Jurnal
PPSDM Kemendagri Regional Bukittinggi Gelar Pelatihan Kepemimpinan Administrator Angkatan ke-III
PPSDM Kemendagri Regional Yogyakarta Bekali PNS Terapkan Standar Pelayanan Minimal
Artikel Terkini
UU DKJ Disahkan, Fahira Idris Soroti Pentingnya Dana Abadi Kebudayaan
Kawal Musrenbang di Riau, Kemendagri Tekankan Pentingnya Pembangunan Berbasis Partisipatif
Pataka 83 Gelar Halal bi Halal, Silaturahmi sekaligus Temu Kangen
Pertemuan Menko Airlangga Meminta dengan Menteri Iklim, Lingkungan dan Energi Inggris
Inggris Memberikan Dukungan dan Berbagai Pengalaman dengan Indonesia untuk Bergabung Ke CPTPP
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas