INDONEWS.ID

  • Jum'at, 04/03/2022 09:30 WIB
  • Banyak Sekali! Ini 15 Manfaat dan Kandungan Buah Naga Merah untuk Kesehatan

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
Banyak Sekali! Ini 15 Manfaat dan Kandungan Buah Naga Merah untuk Kesehatan
Buah Naga merah (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Buah naga merah merupakan salah satu buah populer yang disukai banyak orang terutama dijadikan olahan sop buah atau jus.

Manfaat buah naga merah ini memang sangat banyak, maka tak heran jika di gemari. Jika Kamu ingin mengetahui mengenai kebutuhan buah naga merah untuk asupan nutrisi. Bisa berkonsultasi dengan dokter di KlikDokter. Download di sini.

Manfaat dan Khasiat Buah Naga Merah

Berdasarkan kandungan-kandungan di atas, berikut adalah manfaat dan khasiat dari buah naga, termasuk buah naga merah, untuk kesehatan Anda:

Menjaga kulit kencang dan elastis

Manfaat buah naga yang pertama adalah menjaga kulit kencang dan elastis. Buah naga adalah sumber antioksidan yang baik karena tingginya kandungan vitamin C serta berbagai senyawa bioaktif di dalamnya. Sementara itu, antioksidan sangat penting untuk menjaga kulit tetap kencang dan elastis, sehingga dapat membantu mengurangi tanda penuaan kulit.

Mengontrol kadar gula darah

Manfaat buah naga merah selanjutnya adalah dapat mengontrol kadar gula darah. Pasalnya, kandungan serat dalam buah naga juga dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Ini dilakukan dengan cara menekan peningkatan gula yang terjadi setelah seseorang mengkonsumsi makanan dengan indeks glikemik tinggi. Bahkan ada sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnal Plos One pada tahun 2016 pun menemukan fakta bahwa, pitaya dapat melawan resistensi insulin pada tikus, yang merupakan salah satu penyebab diabetes.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Mengonsumsi buah naga secara rutin juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Manfaat ini bisa diperoleh karena vitamin C serta senyawa antioksidan lainnya yang terkandung di dalam buah naga, baik buah naga merah maupun putih. Adapun antioksidan membantu tubuh anda mencegah kerusakan sel, yang merupakan penyebab munculnya berbagai penyakit.

Meredakan batuk dan flu

Buah naga juga dapat membantu meredakan batuk dan flu karena kandungan vitamin C di dalamnya. Meski ini bukan pengganti obat, tetapi buah naga dapat membantu menurunkan penderitaan Anda. Pasalnya, mengonsumsi makanan atau buah mengandung vitamin C dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda, sehingga bisa mempercepat penyembuhan.

Meningkatkan kesehatan sistem pencernaan

Kandungan serat dalam buah naga juga bisa memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan pencernaan Anda. Mengonsumsi makanan berserat bisa membantu mengontrol gerakan usus, sehingga Anda bisa mencegah sembelit. Selain itu, buah naga juga mengandung oligosakarida, yaitu salah satu jenis prebiotik yang baik untuk sistem pencernaan Anda.

 

Meningkatkan kesehatan jantung

Buah naga juga dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung Anda, karena bisa menurunkan kadar kolesterol jahat sekaligus meningkatkan kolesterol baik. Ini bisa terjadi karena kandungan likopen, betalain, serta serat yang ada di dalam buah naga. Tak hanya itu, biji yang ada di daging buah naga pun kaya akan lemak omega-3 dan omega-9 yang baik untuk kesehatan jantung, sehingga dapat membantu mencegah penyakit jantung.

Menjaga kesehatan tulang

Manfaat buah naga merah lainnya adalah menjaga kesehatan tulang. Buah naga juga mengandung berbagai mineral yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan tulang. Mineral ini, termasuk magnesium, kalsium, dan fosfor. Menurut Food Revolution Network, satu cangkir potongan buah naga mengandung 80 mg magnesium, yaitu seperempat dari rekomendasi harian minuman.

Melawan radang sendi

Radang sendi atau arthritis menimbulkan iritasi parah pada persendian, sehingga penderitanya bisa mengalami kesulitan gerak. Adapun mengonsumsi buah naga bisa menjadi pilihan untuk membantu Anda melawan penyakit ini. Pasalnya, senyawa antioksidan pada buah ini juga memiliki sifat antiinflamasi yang bisa membantu mengurangi peradangan.

Mengurangi risiko anemia

Semua orang tentunya membutuhkan zat besi untuk menjaga kesehatan darah. Nah, kandungan yang ada pada buah naga merah dapat membantu sel darah merah mengangkut oksigen ke seluruh organ dan tubuh. Adapun kekurangan zat besi bisa menyebabkan anemia defisiensi besi.

Mengurangi jerawat

Selain untuk kesehatan, buah naga juga bermanfaat untuk kecantikan salah satunya adalah mengurangi jerawat. Adapun caranya adalah oleskan pasta buah naga ke area kulit wajah yang kemerahan, selama dua kali sehari. Manfaat yang dapat Anda peroleh karena kandungan vitamin C pada buah ini.

Meredakan nyeri pada kulit yang terbakar sinar matahari

Selain untuk jerawat, pasta buah naga juga bisa digunakan untuk meredakan nyeri pada kulit yang terbakar sinar matahari. Namun, biasanya Anda perlu mencampur jus mentimun dan madu bersama pasta buah naga, agar mendapatkan khasiat yang tepat. Adapun manfaat ini bisa diperoleh karena kandungan vitamin B3 dalam buah naga, yang dapat melembapkan kulit serta melepaskan panas dari area kulit yang terkena.

Melindungi rambut dari kerusakan

Manfaat buah naga merah yang terakhir adalah dapat melindungi rambut dari kerusakan. Bagi Anda yang menggunakan pewarna rambut, jus buah naga juga bisa membantu merawat rambut Anda. Anda hanya cukup mengoleskan jus buah naga atau kondisioner yang mengandung ekstrak buah naga pada kulit kepala Anda. Dengan cara ini, folikel rambut akan tetap terbuka, sehingga memungkinkan rambut Anda untuk bernapas dan tetap sehat serta halus

Kandungan Buah Naga Merah

Berikut rincian kandungan buah naga dalam porsi 227 gram: Kalori: 136 Protein: 3 gram Lemak: 0 gram Karbohidrat: 29 gram Serat: 7 gram Vitamin C: 4 milligrams Kalsium: 31 milligrams Zat besi: 1 gram Magnesium: 68 milligrams

Buah naga ini dikenal karena kulitnya bersisik yang merah cerah dan daging buahnya yang manis berbintik-bintik. Selain memiliki tampilannya unik, serta rasanya pun lezat, buah ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Bukan hanya kalorinya juga rendah tetapi mengandung banyak vitamin dan mineral serta sejumlah serat makanan.

 

Artikel Terkait
Artikel Terkini
Pemprov Papua Barat Daya Serahkan Bantuan Mobil Angkutan Umum untuk Pedagang Mama Papua di Maybrat
Rapat Koordinasi Nasional Bahas Netralitas ASN dalam Pilkada Serentak 2024
Evaluasi Penanganan Pengungsi di Maybrat Menunjukkan Kemajuan Signifikan
Kebun Rimsa PTPN IV Regional 4 Bantu Sembako Dua Panti Asuhan
Santri dan Santriwati Harus Mengisi Ruang Dakwah dengan Nilai yang Penuh Toleransi
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas