INDONEWS.ID

  • Sabtu, 12/03/2022 10:30 WIB
  • Hasil Kajian Litbang Kemendagri: Masyarakat Antusias atas Rencana Penerapan Digital-ID

  • Oleh :
    • luska
Hasil Kajian Litbang Kemendagri: Masyarakat Antusias atas Rencana Penerapan Digital-ID

Jakarta, INDONEWS.ID – Masyarakat sangat antusias dengan rencana Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk menerapkan Digital-ID. Demikian tampak dalam hasil kajian aktual _Penerapan Digital-ID dalam Pelayanan Bidang Kependudukan dan Pencatatan Sipil_ yang disusun Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Kemendagri pada 2021 lalu. Digital-ID sendiri merupakan petunjuk identitas berbentuk digital yang diberikan kepada seseorang setelah diidentifikasi dan diverifikasi secara fisik oleh Direktorat Jendral Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Ditjen Dukcapil) Kemendagri.

“Ketika tim ke lapangan, kita melihat langsung bagaimana masyarakat ketika kita jelaskan tentang Digital-ID, mereka sangat antusias dan tertarik untuk menggunakannya,” ucap Kepala Pusat Litbang Administrasi Kewilayahan, Pemerintahan Desa, dan Kependudukan, Mohammad Noval, ketika ditemui di ruangannya, Jumat, 11 Maret 2022.

Baca juga : Kemendagri Tekankan Peran Penting Sekretaris DPRD Jaga Hubungan Harmonis Legislatif dengan Kepala Daerah

Meski begitu, hasil kajian tersebut juga mengatakan, pemerintah perlu menyiapkan serangkaian upaya untuk meningkatkan literasi digital bagi masyarakat. “Meningkatkan literasi digital, terutama untuk masyarakat pedesaan dan 3T (terdepan, terpencil, dan tertinggal) dengan melibatkan kementerian/lembaga terkait dan lembaga non-profit,” tertulis sebagai salah satu rekomendasi.

Merespons hal tersebut, Noval mengatakan tahap awal yang dapat dilakukan pemerintah adalah meningkatkan sosialisasi. “Kita tentu mesti sering-sering melakukan sosialisasi dan diseminasi. Bukan hanya sebatas pemerintah pusat yang melakukan itu. Tapi juga setidaknya pemerintah daerah juga dapat melakukan itu. Misalnya untuk masyarakat yang belum terbiasa menggunakan aplikasi, harus ada yang membimbing. Pemerintah daerah bisa mendorong dengan membuat grup-grup fasilitator, sehingga bisa menjangkau masyarakat di tingkat bawah, khususnya masyarakat desa,” ucap Noval.

Baca juga : Perkuat Binwas Pemerintahan Daerah, Mendagri Harap Penjabat Kepala Daerah dari Kemendagri Perbanyak Pengalaman

Sebagai informasi, Badan Litbang Kemendagri telah melakukan kajian komprehensif atas penerapan Digital-ID pada tahun lalu. Kajian tersebut memetakan peluang, potensi, dan beragam hal yang perlu diperhatikan untuk penerapan Digital-ID. (Lka)

Baca juga : Mendagri Resmi Lantik 5 Penjabat Gubernur
Artikel Terkait
Kemendagri Tekankan Peran Penting Sekretaris DPRD Jaga Hubungan Harmonis Legislatif dengan Kepala Daerah
Perkuat Binwas Pemerintahan Daerah, Mendagri Harap Penjabat Kepala Daerah dari Kemendagri Perbanyak Pengalaman
Mendagri Resmi Lantik 5 Penjabat Gubernur
Artikel Terkini
Ketua Pengadilan Negeri Batusangkar Dirikan Dapur dan Pendistribusian untuk Korban Banjir Bandang Tanah Datar
Aksi PNM Peduli Serahkan Sumur Bor Untuk Warga Indramayu Dan Tanam Mangrove Rhizophora
PTPN IV Regional 4 Jambi, Bantu Beras Warga Solok
Pastikan Arus Barang Kembali Lancar, Menko Airlangga Tinjau Langsung Pengeluaran Barang dan Minta Instansi di Pelabuhan Tanjung Priok Bekerja 24 Jam
Umumkan Rencana Kedatangan Paus Fransiskus, Menteri Agama Dukung Penuh Pengurus LP3KN
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas