INDONEWS.ID

  • Sabtu, 12/03/2022 11:09 WIB
  • Hasil Riset Litbang Kemendagri: Digital-ID akan Mempermudah Layanan Publik

  • Oleh :
    • luska
Hasil Riset Litbang Kemendagri: Digital-ID akan Mempermudah Layanan Publik

Jakarta, INDONEWS.ID - Rencana Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk menerapkan Digital-ID akan memberikan banyak manfaat. Masyarakat dapat mengurangi ongkos yang biasa dikeluarkan ketika mengurus administrasi pelayanan. Pemerintah juga dapat mengelola data kependudukan dengan lebih efektif. Demikian disampaikan dalam hasil kajian aktual Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Kemendagri tentang _Penerapan Digital-ID dalam Pelayanan Bidang Kependudukan dan Pencatatan Sipil_. 

“Ini menjadi terobosan baru bagi Kemendagri dalam sistem penataan data identitas kependudukan Indonesia,” ucap Analis Kebijakan Ahli Madya, Wahyu Hidayat, yang ditemui di ruangannya, Jumat, 11 Maret 2022.

Baca juga : Kemendagri Tekankan Peran Penting Sekretaris DPRD Jaga Hubungan Harmonis Legislatif dengan Kepala Daerah

Lebih lanjut Wahyu menjelaskan, salah satu keunggulan Digital-ID ini adalah sistem interoperabilitas yang dimilikinya.  “Jadi Digital-ID ini diharapkan dapat mengintegrasikan data kependudukan pada akses pelayanan publik. Misalnya, orang mau akses kesehatan, profil kesehatannya sudah ada dalam data digital-ID ini, dari golongan darahnya sampai tempat tinggalnya,” terang Wahyu yang juga sebagai penanggung jawab kajian tersebut. 

Sebab itu, demi menyukseskan penerapannya, dalam kajian Litbang disebutkan bahwa pemerintah mesti mengintegrasikan data pada masing-masing lembaga terkait seperti lembaga keuangan, kesehatan, ketenagakerjaan, jasa telekomunikasi, Kepolisian Negara RI, dan swasta.

Baca juga : Perkuat Binwas Pemerintahan Daerah, Mendagri Harap Penjabat Kepala Daerah dari Kemendagri Perbanyak Pengalaman

Dengan terobosan ini, pemerintah pun dapat memaksimalkan pengelolaan data identitas kependudukan hingga berdampak pada perbaikan umum. “Di banyak negara telah teruji. Penggunaan Identitas Digital memberi manfaat besar dalam pertumbuhan ekonomi dan pembangunan,” kata Wahyu.

Saat ini, aplikasi Digital ID masih dalam tahap pengujian di lingkup internal Kemendagri.  Jika semua tahapan, baik persiapan, pengujian, dan evaluasi telah dilakukan, Digital-ID direncanakan akan diterapkan kepada masyarakat secara bertahap. (Lka)

Baca juga : Mendagri Resmi Lantik 5 Penjabat Gubernur
Artikel Terkait
Kemendagri Tekankan Peran Penting Sekretaris DPRD Jaga Hubungan Harmonis Legislatif dengan Kepala Daerah
Perkuat Binwas Pemerintahan Daerah, Mendagri Harap Penjabat Kepala Daerah dari Kemendagri Perbanyak Pengalaman
Mendagri Resmi Lantik 5 Penjabat Gubernur
Artikel Terkini
Ketua Pengadilan Negeri Batusangkar Dirikan Dapur dan Pendistribusian untuk Korban Banjir Bandang Tanah Datar
Aksi PNM Peduli Serahkan Sumur Bor Untuk Warga Indramayu Dan Tanam Mangrove Rhizophora
PTPN IV Regional 4 Jambi, Bantu Beras Warga Solok
Pastikan Arus Barang Kembali Lancar, Menko Airlangga Tinjau Langsung Pengeluaran Barang dan Minta Instansi di Pelabuhan Tanjung Priok Bekerja 24 Jam
Umumkan Rencana Kedatangan Paus Fransiskus, Menteri Agama Dukung Penuh Pengurus LP3KN
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas