INDONEWS.ID

  • Jum'at, 15/04/2022 14:39 WIB
  • Ngeri! Polisi Beberkan Hasil Olah TKP Kebakaran Empat Lantai Mal Tunjungan Plaza Surabaya

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
Ngeri! Polisi Beberkan Hasil Olah TKP Kebakaran Empat Lantai Mal Tunjungan Plaza Surabaya

Jakarta, INDONEWS.ID - Polisi telah merampungkan olah tempat kejadian perkara (TKP) kebakaran di Mal Tunjungan Plaza 5 Surabaya. Kebakaran diketahui terjadi di empat lantai.

Kepala Bidang Laboratorium Forensik Mabes Polri Cabang Surabaya Kombes Polisi Sodiq Pratomo menyebutkan, api pertama yang memicu terjadinya kebakaran di pusat perbelanjaan Tunjungan Plaza 5 berasal dari lantai 10.

"Ada empat tempat (TP 5) yang terbakar masing-masing lantai 4, lantai 5, lantai 10, dan lantai 11. Kemudian kami telusuri dan ditemukan awal api kebakaran berasal dari lantai 10," kata Sodiq kepada wartawan di Mapolda Jatim, Surabaya, Kamis (15/4).

Tim Labfor Mabes Polri melakukan olah TKP kebakaran Tunjungan Plaza 5 Surabaya selama tujuh jam, mulai pukul 08.00 WIB sampai 15.00 WIB.

Dari hasil olah TKP kebakaran pusat perbelanjaan TP 5 Surabaya itu, ada beberapa barang bukti yang diamankan oleh Tim Labfor Polri, di antaranya abu kebakaran, kabel listrik dan bekas lampu.

Dugaan awal sementara kebakaran TP 5 Surabaya akibat korsleting listrik. Hanya, Sodiq belum bisa memastikan itu merupakan penyebab utama atau bukan karena masih akan dilakukan uji forensik.

"Saya belum bisa simpulkan sekarang, masih disinkronkan setelah barang bukti itu diperiksa secara laboratorium. Namanya korsleting listrik itu bisa jadi penyebab, tapi juga bisa jadi akibat," ucapnya.

Artinya, kata dia, korsleting kemudian terbakar atau terbakar dulu juga bisa. "Kami punya alat untuk menentukan kabel itu korsleting sebelum atau sesudah terbakar," kata dia menambahkan.

Tak hanya barang bukti yang ditemukan, Tim Labfor Polri juga akan menyinkronkan hasil temuan dengan keterangan saksi dan denah gedung yang dimiliki pengelola Tunjungan Plaza.

Sodiq menambahkan pihaknya tetap memberi garis polisi di lantai 10 dan 11 gedung TP 5 agar tidak digunakan sementara waktu untuk kepentingan investigasi lanjutan apabila diperlukan. Sedangkan area lantai 4 dan lantai 5 yang terdampak kebakaran sudah boleh dibuka.

Polisi melakukan memeriksa empat orang saksi terkait peristiwa kebakaran itu. Namun polisi belum bisa membeberkan hasil pemeriksaan dari para saksi.

"Sejauh ini ada empat saksi yang masih kami periksa, yang terdiri dari karyawan, sekuriti dan dua orang teknisi mal," ujar Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya AKBP Mirzal Maulana di lokasi, Kamis (14/4).

Satreskrim Polrestabes Surabaya juga mendampingi tim Labfor Mabes Polri Cabang Surabaya untuk mencari titik awal permulaan api itu muncul.*

Artikel Terkait
Artikel Terkini
KPKNL mulai Cium Aroma Busuk di Bank Indonesia
Akses Jalan Darat Terbuka, Pemerintah Kerahkan Distribusi Logistik ke Desa Kadundung
Elit Demokrat Ardy Mbalembout Mengutuk Keras Aksi Penyerangan Mahasiswa Saat Berdoa di Tangsel
Penutupan Pabrik Sepatu Bata di Purwakarta Bagian dari Strategi Bisnis untuk Fokus pada Lini Penjualan
Presiden Jokowi Masih Kaji Calon Pansel KPK yang Sesuai Harapan Masyarakat
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas