INDONEWS.ID

  • Senin, 18/04/2022 15:36 WIB
  • LPER dan BAPPEDA Aceh Melaksanakan Desiminasi Hasil-Hasil penelitian

  • Oleh :
    • luska
LPER dan BAPPEDA Aceh Melaksanakan Desiminasi Hasil-Hasil penelitian
LPER

Jakarta, INDONEWS.ID - Kepala Bappeda Aceh T Ahmad Dadek, SH, MH, menjelaskan penelitian dan pengembangan memiliki fungsi penting dalam pembangunan, terutama dalam tahapan perencanaan dan evaluasi hasil pembangunan.

Hal tersebut dijelaskan Kepala Bappeda Aceh pada Rabu 13 April 2022, hadir unsur SKPA, Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), BPS, Kantor Wilayah DJPb Aceh, Badan Pengelola Migas Aceh, Dekranasda Aceh, TKP2K Aceh, Dewan UMKM Komwil Aceh dan unsur Litbang Bappeda Aceh.

Baca juga : PTPN IV Regional 4 Salurkan Bantuan Stunting di Muara Bulian

Selain itu desiminasi juga dapat memberikan pengetahuan, strategi maupun prediksi terhadap teknologi dan metode-metode inovasi terbaru serta meningkatkan daya guna hasil-hasil penelitian sebagai basis dalam membangun daya saing dan kemandirian pelaku bisnis.

Pada kesempatan ini Dipresentasikan kajian pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui penguatan UMKM oleh Dr. Srinita. SE.,M.Si. selaku dosen merangkap Wakil Ketum LPER (Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Rakyat).

Baca juga : Pos Lookeu Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif 742/SWY Dampingi Petani Panen Raya Padi

Kajian pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui penguatan UMKM dipresentasikan oleh Dr Srinita SE., M.Si menyebutkan berdasarkan hasil uji kuantitatif kondisi di lapangan, produktifvitas UMKM dipengaruhi oleh harga, tenaga kerja, modal dan produksi sedangkan teknologi, pemasaran dan kebijakan pemerintah belum optimal mempengaruhi produktivitas UMKM di 5 kabupaten/ kota di Aceh.

Tantangan utama yang dihadapi UMKM adalah  turunnya aktivitas dan pertumbuhan ekonomi baik nasional maupun global telah berdampak pada turunnya permintaan masyarakat termasuk untuk produk dan jasa yang dihasilkan oleh paraUMKM.

Baca juga : BSKDN Kemendagri Maksimalkan Kualitas Program Kerja Tahun Anggaran 2024

Ia menyarankan agar pemerintah daerah harus lebih efektif melaksanakan pelatihan keterampilan terhadap penggiat ekonomi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk meningkatkan skill serta kualitas produksi yang dihasilkan.

Berikutnya yaitu menyediakan layanan pengaduan UMKM untuk mengetahui apa yang sebenarnya dibutuhkan dan kendala yang yang dihadapi oleh penggiat ekonomi UMKM.

Dr.Francisca Sestri Sekjen LPER dan dosen STIE Insan Pembangunan juga menerangkan desiminasi hasil-hasil penelitian khususnya untuk kepentingan Pertumbuhan Ekonomi yang disumbang sektor UMKM wilayah Aceh untuk bisa tanggap saat menghadapi daya beli masyarakat yg sedang menurun. (Lka)

Artikel Terkait
PTPN IV Regional 4 Salurkan Bantuan Stunting di Muara Bulian
Pos Lookeu Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif 742/SWY Dampingi Petani Panen Raya Padi
BSKDN Kemendagri Maksimalkan Kualitas Program Kerja Tahun Anggaran 2024
Artikel Terkini
Jaga Keberlanjutan Agenda Pembangunan Mendatang, Pemerintah Evaluasi Capaian Kinerja PSN Tahun 2024
PTPN IV Regional 4 Salurkan Bantuan Stunting di Muara Bulian
Pos Lookeu Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif 742/SWY Dampingi Petani Panen Raya Padi
BSKDN Kemendagri Maksimalkan Kualitas Program Kerja Tahun Anggaran 2024
Pj Bupati Maybrat Pantau Ujian Sekolah Dasar di SD YPK Emaus Susumuk dan SD Inpres 13 Kumurkek
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas