INDONEWS.ID

  • Jum'at, 22/04/2022 11:30 WIB
  • Tewaskan 16 Orang! Ternyata Ini Pelaku Ledakan Bom di Afghanistan

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
Tewaskan 16 Orang! Ternyata Ini Pelaku Ledakan Bom di Afghanistan

Jakarta, INDONEWS.ID - Sedikitnya 16 orang tewas akibat ledakan bom yang mengguncang dua kota di wilayah Afghanistan, yang kini dikuasai kelompok Taliban.

Kelompok radikal Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) mengklaim bertanggung jawab atas ledakan-ledakan yang salah satunya terjadi di sebuah masjid Syiah setempat.

Seperti dilansir AFP, Jumat (22/4/2022), sejak Taliban menguasai kembali Afghanistan tahun lalu, jumlah serangan bom menurun namun militan setempat dan ISIS terus melancarkan serangan, yang seringkali menargetkan kelompok Syiah.

Pada Kamis (21/4) waktu setempat, sedikitnya 12 jemaah tewas akibat ledakan di masjid Syiah bernama Seh Dokan, yang ada di kota Mazar-i-Sharif. Ledakan di masjid Syiah itu dilaporkan terjadi saat para jemaah sedang menjalankan salat dzuhur di bulan suci Ramadan.

Juru bicara departemen kesehatan umum provinsi setempat di Balkh, Ahmad Zia Zindani, menyebut 58 orang lainnya mengalami luka-luka, termasuk 32 orang yang kini dalam kondisi serius.

Sejumlah foto yang diposting ke media sosial menunjukkan korban serangan bom di masjid Syiah itu dievakuasi ke rumah sakit setempat.

"Darah dan ketakutan ada di mana-mana," sebut Zindani kepada AFP.

Dia menambahkan bahwa `orang-orang berteriak` sembari mencari kabar soal kerabat mereka di rumah sakit. "Banyak warga datang untuk mendonorkan darah," imbuh Zindani.

Dalam pernyataannya, ISIS mengklaim `para prajurit kekhalifahannya berhasil memasukkan tas berisi booby-trap` ke dalam masjid lalu meledakkannya dari jarak jauh.*

Artikel Terkait
Artikel Terkini
Feby Longgo, Ketua Kelompok Mekaar Merasa Beruntung Usaha Semakin Maju Dan Bisa Membantu Sesama
Penyanyi Cilik Viral Etenia Croft merilis single pertamanya Lagu "Sahabat"
Hardiknas, KSP: Momentum Percepatan Sertifikasi Guru
Traktat Pandemi Diharapkan Lindungi Manusia di Masa Datang
Lawatan ke PLBN Motaain, Kepala BNN: Perkuat Pengelolaan PLBN dalam Memerangi Narkoba
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas