INDONEWS.ID

  • Senin, 16/05/2022 08:02 WIB
  • Dirjen Bina Pemdes Tinjau Desa Hesang, Desa Terbaik Dalam Pengelolaan Keuangan di Kepulauan Sangihe

  • Oleh :
    • luska
Dirjen Bina Pemdes Tinjau Desa Hesang, Desa Terbaik Dalam Pengelolaan Keuangan di Kepulauan Sangihe

Sangihe, INDONEWS.ID - Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Pemerintahan Desa (Pemdes) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Yusharto Huntoyungo didampingi Sekretaris I Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Pusat Irma Zainal, meninjau Kampung Hesang, di Kecamatan Tamako, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sabtu (14/05/2022). 

Yusharto melihat secara langsung pelaksanaan pemerintahan desa di bawah kepemimpinan Kapitalaung (Kepala Desa) Hesang. Yusharto mengatakan pelayanan yang diberikan Pemerintahan Desa Hesang sudah berjalan dengan baik walaupun berada di Utara, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 

Baca juga : Kemendagri Tekankan Peran Penting Sekretaris DPRD Jaga Hubungan Harmonis Legislatif dengan Kepala Daerah

"Desa Hesang yang menjadi binaan dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Kepulauan Sangihe berjalan dengan baik, mendapatkan berbagai manfaat, bahkan Desa Hesang dinobatkan sebagai Desa terbaik se-Kabupaten Sangihe dalam laporan keuangan," ujar Yusharto. 

Ke depan Yusharto berharap peningkatan pelayanan kepada masyarakat terus ditingkatkan. 

Baca juga : Perkuat Binwas Pemerintahan Daerah, Mendagri Harap Penjabat Kepala Daerah dari Kemendagri Perbanyak Pengalaman

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negeri Kepulauan Sangihe Eri Yudianto mengatakan pembinaan yang dilakukan kepada Desa Hesang dilakukan ke dalam dua aspek yaitu dari segi administrasi dan peningkatan ekonomi desa melalui peran Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dengan disesuaikan potensi desa. 

Ke depan Eri mengatakan akan membuat desa binaan baru dengan tujuan pengelolaan anggaran dana desa bisa dimanfaatkan dengan baik. 

Baca juga : Mendagri Resmi Lantik 5 Penjabat Gubernur

"Kebetulan kita berada diujung Utara Kepulauan Indonesia, ini bertanda walaupun diperbatasan cukup memberikan makna untuk Indonesia, ke depan kami berupaya membuat desa binaan yang baru," ujar Eri. 

Kapitalaung (Kepala Desa) Hesang Yeni Telemanghekeng mengatakan kunjungan Dirjen Bina Pemdes memberikan motivasi untuk bekerja lebih baik kepada masyarakat. Ia mengatakan ke depan pengelolaan dana desa akan semakin baik dan bermanfaat bagi masyarakat. 

"Saya berharap, bukan hanya Kampung Hesang yang mendapatkan binaan dari Kejari tetapi Kampung lainnya di Kecamatan Tamako," kata Yeni. 

Sekretaris I Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Pusat Irma Zainal berharap TP PKK di Kampung Hesang agar tetap aktif dan terus melakukan inovasi untuk masyarakat maupun desa. 

Irma juga meminta agar TP PKK Desa Hesang untuk terus menekan penyebaran Covid-19 dan juga fokus untuk menurunkan angka stunting.(Lka)

Artikel Terkait
Kemendagri Tekankan Peran Penting Sekretaris DPRD Jaga Hubungan Harmonis Legislatif dengan Kepala Daerah
Perkuat Binwas Pemerintahan Daerah, Mendagri Harap Penjabat Kepala Daerah dari Kemendagri Perbanyak Pengalaman
Mendagri Resmi Lantik 5 Penjabat Gubernur
Artikel Terkini
Didik J Rachbini: Salim Said Maestro Intelektual yang Paling Detail dan Mendalam
Penyumbang Devisa Negara, Pemerintah Harus Belajar dari Drama Korea
Bupati Tanahdatar buka Grand Opening Sakato Aesthetic
Strategi Implementasi "Buku Teks Utama Pendidikan Pancasila", Menyemai Nilai Kebangsaan di Tengah Tantangan Zaman
Satgas Yonif 742/SWY Perkenalkan Ecobrick Kepada Para Murid Di Perbatasan RI- RDTL
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas