INDONEWS.ID

  • Rabu, 01/06/2022 13:17 WIB
  • Di Ende, Jokowi Digelari "Mosolaki Ulu Beu Eko Bewa, Ulu Rembe Eko Mapa"

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
Di Ende, Jokowi Digelari "Mosolaki Ulu Beu Eko Bewa, Ulu Rembe Eko Mapa"
Momen Presiden Joko Widodo atau Jokowi menerima penganugerahan gelar adat dari masyarakat Ende pada Rabu (1/6/22).

Jakarta, INDONEWS.ID - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menerima penganugerahan gelar adat dari masyarakat Ende pada Rabu (1/6/22).

Jokowi dianugerahi gelar "Mosolaki Ulu Beu Eko Bewa, Ulu Rembe Eko Mapa" yang memiliki arti Pemimpin Wilayah Indonesia dari Sabang Sampai Merauke.

Pemberian gelar adat ini dilakukan di rumah adat Ende usai Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila 2022 di Lapangan Pancasila.

Dipantau dari siaran langsung YouTube Sekretariat Presiden, penganugerahan gelar ini dalam rangka sambutan dan kebanggaan masyarakat Ende yang telah kedatangan pemimpin.

Usai menerima penganugerahan gelar tersebut, Presiden dan Ibu Iriana menyempatkan diri menyapa para perajin kain tenun tradisional Ende.

Keduanya juga sekaligus menyapa masyarakat yang hadir di lokasi acara. Setelahnya, Jokowi memberikan sambutan dan menyampaikan ucapan terima kasih.

"Terima kasih sebesar-besarnya kepada masyarakat NTT, khusunya masyarakat Ende yang telah menerima saya, Bu Iriana dan seluruh rombongan sejak awal datang ke sini sampai sekarang diterima dengan penuh kehangatan," katanya.

Menurutnya, kehangatan masyarakat Ende inilah yang ikut menginspirasi Presiden pertama RI, Soekarno saat merumuskan Pancasila.

"Kenapa Bung Karno memiliki pemikiran dan renungan-renungan mengenai Pancasila yang dimuali dari Ende, karena saya merasa beliau merasakan kehangatan masyarkaat yang selalu dekat dengan pemimpinnya," tambah Jokowi.*

Artikel Terkait
Artikel Terkini
KPKNL mulai Cium Aroma Busuk di Bank Indonesia
Akses Jalan Darat Terbuka, Pemerintah Kerahkan Distribusi Logistik ke Desa Kadundung
Elit Demokrat Ardy Mbalembout Mengutuk Keras Aksi Penyerangan Mahasiswa Saat Berdoa di Tangsel
Penutupan Pabrik Sepatu Bata di Purwakarta Bagian dari Strategi Bisnis untuk Fokus pada Lini Penjualan
Presiden Jokowi Masih Kaji Calon Pansel KPK yang Sesuai Harapan Masyarakat
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas