INDONEWS.ID

  • Rabu, 15/06/2022 13:30 WIB
  • Chapy Hakim Berbagi di Akademi Penerbang Indonesia Banyuwangi

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
Chapy Hakim Berbagi di Akademi Penerbang Indonesia Banyuwangi
Secara simbolik sumbangan buku buku tersebut diterima langsung oleh Direktur API Banyuwangi Capt. Ahmad Hariri Zulda.

Jakarta, INDONEWS.ID - Hari Selasa tanggal 14 Juni 2022, Chappy Hakim selaku Ketua Pusat Studi Air Power Indonesia (PSAPI) memenuhi undangan API – Akademi Penerbang Indonesia di Banyuwangi untuk memberikan kuliah umum pembekalan Taruna tentang Leadership.

Dalam kesempatan tersebut, KSAU tahun 2002 – 2005 itu melanjutkan safari menyumbang buku buku kedirgantaraan tulisan beliau untuk melengkapi Perpustakaan API Banyuwangi dan juga bagi perpustakaan Politeknik Penerbangan Surabaya. Secara simbolik sumbangan buku buku tersebut diterima langsung oleh Direktur API Banyuwangi Capt. Ahmad Hariri Zulda.

Baca juga : AirNav Indonesia terima buku karangan Chappy Hakim

Sedikit tentang Akademi Penerbang Indonesia Banyuwangi disingkat API Banyuwangi atau lebih dikenal sebagai Sekolah Pilot Banyuwangi adalah merupakan salah satu perguruan tinggi kedinasan yang berada di bawah naungan atau pengelolaan SDM Kementerian Perhubungan Indonesia.

API Banyuwangi terletak di Banyuwangi International Airport, Kecamatan Rogojampi, Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur. Salah satu kegiatan yang tengah menggebu-gebu dilaksanakan oleh API Banyuwangi adalah upaya mengembangkan penggunaan SeaPlane bagi pariwisata Indonesia khususnya wisata air atau Underwater Diving.

Baca juga : Kunjungan Chappy Hakim Ke AirNav Indonesia

Menjadi catatan khusus, Capt. Ahmad Hariri Zulda, Direktur API Banyuwangi menjelaskan bahwa API Banyuwangi adalah penyelenggara pertama dan satu satunya di Indonesia untuk pelatihan Pilot Sea Class Rating. Sea Class Rating dalam hal ini maksudnya adalah melatih Pilot untuk mahir menerbangkan Amphibious Aircraft atau SeaPlane.

Hal ini dimungkinkan karena tidak jauh dari Banyuwangi Pilot School sudah tersedia Pangkalan Udara perairan atau Water Aerodrome yang merupakan salah satu fasilitas Latihan yang ideal bagi para Pilot khususnya Pilot SeaPlane.

Baca juga : Chappy Hakim Berkunjung ke Pangkalan Angkatan Udara Suryadarma

Kuliah Umum atau Ceramah Leadership yang disampaikan oleh Chappy Hakim berlangsung di Ruang Serbaguna API Banyuwangi. Ketua PSAPI dalam kesempatan tersebut didampingi oleh Staff Khusus Rachmat Kartakusuma dan Ahmad Fauzi.

Ceramah diikuti oleh para Taruna dan Taruni API dan para pengasuh serta Instruktur secara tatap muka dan juga virtual. Sesi kuliah umum dibuka dengan Keynote Speaker Kepala Badan Pengembangan SDM Kementrian Perhubungan Republik Indonesia Dr. Ir. Djoko Sasono, MSc, (Eng) serta kata pengantar disampaikan oleh Direktur API Banyuwangi Capt. Ahmad Hariri Zulda.

Kuliah umum tentang leadership yang disampaikan dengan sangat menarik perhatian itu banyak menekankan tentang personal credibility dan moral kepribadian serta semangat pengabdian dalam mengemban tugas tugas negara. Materi paparan juga telah menjadi perhatian serius dari seluruh civitas academica API Banyuwangi.

Pada akhir Kuliah Umum Kepala Badan Kebijakan Transportasi Dr.Umar Aris, SH.MH menyampaikan sambutan penutup dan ucapan terimakasih. Beliau hadir bersama Kepala Pusat Litbang Transportasi Udara Capt.Novyanto Widadi, SAP.,MM.

Acara diakhiri dengan pemberian tanda mata dari API Banyuwangi untuk penceramah dalam hal ini Marsekal Purn.Chappy Hakim yaitu berupa miniatur SeaPlane berlogo API Banyuwangi.

Jakarta 15 Juni 2022
Chappy Hakim – Pusat Studi Air Power Indonesia

Artikel Terkait
AirNav Indonesia terima buku karangan Chappy Hakim
Kunjungan Chappy Hakim Ke AirNav Indonesia
Chappy Hakim Berkunjung ke Pangkalan Angkatan Udara Suryadarma
Artikel Terkini
Sudah Dibatalkan MK, Partai Buruh Akan Gugat Aturan Pencalonan Pilkada
Update Banjir Bandang di Agam, Korban Meninggal 19 Orang
KNKT Minta Semua Pihak Buat Rencana Perjalanan Wisata yang Baik dan Bijak
Akibat Banjir Bandang Di Tanah Datar, 8 warga Tewas dan 12 Orang Masih dinyatakan hilang
Pj Gubernur Agus Fatoni Lepas Keberangkatan 445 Jemaah Calon Haji Kloter Pertama Embarkasi Palembang
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas