INDONEWS.ID

  • Jum'at, 15/07/2022 07:30 WIB
  • BSKDN Kemendagri Imbau Pemda Jadikan Inovasi sebagai Budaya

  • Oleh :
    • luska
BSKDN Kemendagri Imbau Pemda Jadikan Inovasi sebagai Budaya

Manokwari, INDONEWS.ID – Kepala Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Eko Prasetyanto, mengimbau pemerintah daerah agar menjadikan inovasi sebagai budaya. Hal ini perlu dilakukan untuk meningkatkan daya saing Indonesia. Demikian disampaikan Eko saat memberi sambutan pada Rapat Koordinasi (Rakor) Pembinaan Hubungan Pusat dan Daerah dalam Strategi Kebijakan Pemerintah Dalam Negeri (Pemdagri) di Manokwari, Papua Barat, Kamis, 14 Juli 2022. 

Dirinya melanjutkan, pemerintah daerah perlu mengevaluasi berbagai kebijakan dalam mendukung daya saing nasional. Melalui evaluasi itu, pemerintah daerah dapat merumuskan langkah tepat yang perlu dilakukan untuk meningkatkan inovasinya. 

Baca juga : BSKDN Kemendagri Tekankan Pentingnya Kualitas Rekomendasi Kebijakan untuk Sukseskan Program Nasional

Dalam kesempatan tersebut, Eko juga mengajak pemerintah daerah bersama-sama menyelesaikan berbagai persoalan mengenai inovasi untuk meningkatkan daya saing daerah. Meskipun, Eko mengakui hal itu bukan perkara mudah untuk dilakukan, sehingga perlu proses yang sistematis dan berkesinambungan. 

“Ini saya kira Bapak dan Ibu lebih paham apa yang perlu kita lakukan bagi provinsi yang kita cintai,” tambahnya. 

Baca juga : Kepala BPSDM Kemendagri Tekankan Pentingnya Kecerdasan Emosional Petugas Damkar dalam Melayani Masyarakat

Sebab itu, ia pun meminta para peserta yang hadir untuk mengikuti arahan Presiden Joko Widodo untuk menjadikan inovasi sebagai budaya. “Perlu ada inovasi-inovasi, lalu kita jadikan inovasi-inovasi itu adalah budaya, bahkan tuntutannya adalah bagaimana setiap OPD setiap aktor bahkan baik itu kepala daerah, DPRD, masyarakat mempunyai inovasi,” ungkapnya. 

Selain itu, Eko juga mengimbau agar pemerintah daerah melaporkan inovasi yang dilakukannya kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Hal ini berkaitan dengan upaya penilaian inovasi yang dilakukan Kemendagri. “Setiap tahun kita ada namanya _Innovative Government Award_, kita akan mencari setiap daerah-daerah yang inovatif untuk diapresiasi,” pungkasnya. 

Baca juga : Plt. Sekjen Kemendagri Dorong Pemda Buat SOP Pengendalian Inflasi

Sementara itu, terkait pentingnya inovasi menjadi budaya juga diamini oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Provinsi Papua Barat yang dalam kesempatan itu membacakan sambutan Penjabat (Pj.) Gubernur Papua Barat Paulus Waterpau. Karena itu, dirinya meminta jajarannya agar tetap dan terus berinovasi. 

“Saya menyampaikan kepada seluruh peserta agar mengikuti kegiatan ini sebaik mungkin, segenap unsur Pemerintah Provinsi Papua Barat, dan kabupaten/kota (di Papua Barat) yang ikut kegiatan ini (agar) terus menerus melakukan inovasi dalam menjalankan pelayanan publik kepada masyarakat,” ungkapnya. (Lka)

Artikel Terkait
BSKDN Kemendagri Tekankan Pentingnya Kualitas Rekomendasi Kebijakan untuk Sukseskan Program Nasional
Kepala BPSDM Kemendagri Tekankan Pentingnya Kecerdasan Emosional Petugas Damkar dalam Melayani Masyarakat
Plt. Sekjen Kemendagri Dorong Pemda Buat SOP Pengendalian Inflasi
Artikel Terkini
Simak Rekam Jejak dan Konsepnya! Dosen Senior IPDN "Turun Gunung" Bertarung Jadi Cabup Mamasa 2024-2029
Jet Tempur Sukhoi SU-30 MK2, Pesawat Hercules C-130 Dan Boeing 737-200 Pukau Ribuan pada Makassar International Eight Festival And Forum
Lilik Mardianto Rayakan Ulang Tahun Perkawinan dengan Sumbang Pompa Air untuk Masyarakat Waingapu Sumba Timur
Pos Kewar Satgas Yonif 742/SWY Bersama Puskesmas Weluli Berikan Asupan Gizi Kepada Anak Stunting di Perbatasan RI-RDTL
Santi Ayu Graito Kordinir UMKM hingga Berkembang
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
vps.indonews.id