INDONEWS.ID

  • Sabtu, 06/08/2022 06:06 WIB
  • Menteri ATR/Kepala BPN Lantik Dirjen Tata Ruang dan Dirjen SPPR

  • Oleh :
    • luska
Menteri ATR/Kepala BPN Lantik Dirjen Tata Ruang dan Dirjen SPPR

Jakarta, INDONEWS.ID - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto melantik dua Pejabat Pimpinan Tinggi Madya di lingkungan Kementerian ATR/BPN. Adapun pejabat yang dilantik, yakni Gabriel Triwibawa sebagai Direktur Jenderal (Dirjen) Tata Ruang dan Virgo Eresta Jaya sebagai Dirjen Survei Pemetaan Pertanahan dan Ruang (Dirjen SPPR). Pelantikan berlangsung di Aula Prona, Kantor Kementerian ATR/BPN, Jakarta, Jumat (05/08/2022). 

"Pengangkatan Saudara ke dalam jabatan Pimpinan Tinggi Madya saat ini adalah hasil dari uji kompetensi yang telah dilakukan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Dan berdasarkan hal tersebut, Saudara telah dinilai layak untuk menduduki jabatan baru yang diamanahkan kepada Saudara," ujar Hadi Tjahjanto dalam sambutannya.

Baca juga : Beri Kuliah Umum di Seskoal, Menteri AHY: Peran TNI AL Penting dalam Tata Ruang Pertahanan Indonesia

Dalam acara pelantikan yang berlangsung secara luring dan daring ini, Hadi Tjahjanto menyampaikan amanatnya kepada kedua Dirjen. Pesan pertama ia sampaikan kepada Dirjen Tata Ruang. "Kepada Saudara Gabriel Triwibawa, saya berpesan agar Saudara bergerak cepat dan terus mendorong percepatan penyelesaian RDTR (Rencana Detail Tata Ruang, red) di seluruh Indonesia. Demi mewujudkan penataan ruang yang nyaman, aman, produktif, berkelanjutan serta mendukung kemudahan perizinan berusaha melalui kesesuaian kegiatan pemanfaatan ruang," jelas Hadi Tjahjanto.

Terkait RDTR, secara khusus Menteri ATR/Kepala BPN menginstruksikan kepada Dirjen Tata Ruang untuk segera menyelesaikan RDTR Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Instruksi ini diberikan Hadi Tjahjanto sebagai tindak lanjut dari tiga instruksi Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo kepada Kementerian ATR/BPN. "Presiden meminta agar Kementerian ATR/BPN segera menetapkan RDTR di Ibu Kota Nusantara. Saya meminta Dirjen Tata Ruang menindaklanjuti arahan tersebut dengan berkoordinasi dengan Badan Otorita IKN dan KLHK (Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, red)," ungkap Menteri ATR/Kepala BPN.

Baca juga : Badan Bank Tanah, Institusi Strategis dalam Mendukung Pembangunan di Indonesia

Sementara itu, bagi Dirjen SPPR, Virgo Eresta Jaya, Menteri ATR/Kepala BPN menginstruksikan untuk meningkatkan integritas dan kinerja seluruh petugas ukur di seluruh Indonesia. "Para petugas ukur sebagai ujung tombak terdepan dan benteng terakhir layanan kita kepada masyarakat," ucapnya.

Hadi Tjahjanto mengatakan, survei dan pemetaan merupakan kunci untuk pendaftaran tanah. Menurutnya, apabila survei dan pemetaan berkualitas baik, maka target untuk mendaftarkan seluruh bidang tanah di Indonesia bisa tercapai. "Dengan survei dan pemetaan yang baik, maka akan meminimalisir terjadinya sengketa dan konflik pertanahan," tutur Menteri ATR/Kepala BPN.

Baca juga : Kementerian ATR/BPN Berikan Penghargaan kepada Pegawai Terbaik yang telah Purnatugas

"Kepada pejabat yang baru dilantik, selamat bertugas dan semoga dapat memegang teguh sumpah janji yang Saudara ucapkan. Semoga Tuhan Yang Maha Esa melindungi dan membimbing kita untuk menjadikan Kementerian ATR/BPN yang melayani, profesional, dan terpercaya," tutup Hadi Tjahjanto.

Kegiatan pelantikan ini turut dihadiri oleh Pejabat Pimpinan Tinggi Madya, Pejabat Tinggi Pratama, dan sejumlah undangan dari internal Kementerian ATR/BPN. (Lka)

 

Artikel Terkait
Beri Kuliah Umum di Seskoal, Menteri AHY: Peran TNI AL Penting dalam Tata Ruang Pertahanan Indonesia
Badan Bank Tanah, Institusi Strategis dalam Mendukung Pembangunan di Indonesia
Kementerian ATR/BPN Berikan Penghargaan kepada Pegawai Terbaik yang telah Purnatugas
Artikel Terkini
Bakti Sosial dan Buka Puasa Bersama Alumni AAU 93 di HUT TNI AU ke-78
Satgas BLBI Tagih dan Sita Aset Pribadi Tanpa Putusan Hukum
Gelar Rapat Koordinasi Nasional, Pemerintah Lanjutkan Rencana Aksi Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan
Pj Bupati Maybrat Diterima Asisten Deputi Bidang Pengembangan Kapasitas SDM Usaha Mikro
Pj Bupati Maybrat Temui Tiga Jenderal Bintang 3 di Kemenhan, Bahas Ketahanan Pangan dan Keamanan Kabupaten Maybrat
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas