INDONEWS.ID

  • Rabu, 17/08/2022 15:20 WIB
  • Memperingati HUT ke-36, PPAL Selenggarakan Upacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI Tahun 2022 di KRI Semarang-594

  • Oleh :
    • luska
Memperingati HUT ke-36, PPAL Selenggarakan Upacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI Tahun 2022 di KRI Semarang-594

Jakarta, INDONEWS.ID – Dalam rangka memperingati HUT ke-36, tanggal 17 Agustus 2022 yang bersamaan dengan peringatan HUT Kemerdekaan RI; Persatuan Purnawirawan Angkatan Laut (PPAL) menyelenggarakan Upacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-77 tahun 2022, di KRI Semarang-594, Rabu (17/8/2022) pagi.  Ketua Umum PPAL Laksamana TNI Purn Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., memimpin upacara tersebut dengan peserta terdiri dari Pramuka Saka Bahari, Akademi Pelayaran Aman Jaya, Pemuda Pemudi Maritim, perwakilan Rayon PPAL, dan Resimen Mahasiswa Matra Laut.

Upacara di geladak heli KRI Semarang-594 yang sedang berlayar di perairan Teluk Jakarta, Jakarta Utara, menjadi ciri khas PPAL dalam memperingati Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI. Upacara dilaksanakan bersamaan dengan pelaksanaan Upacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Istana Merdeka, Jakarta.

Baca juga : TNI AL Kirim Bantuan Ke NTT dengan KRI Semarang-594

Memperingati Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI sangat besar maknanya bagi PPAL dan purnawirawan TNI Angkatan Laut, yaitu untuk mengenang jasa para pejuang dan pahlawan Kemerdekaan RI untuk mengusir  penjajah dari persada Nusantara. Pada tanggal 17 Agustus 1945, Ir Soekarno-Hatta atas nama seluruh rakyat Indonesia memproklamirkan Kemerdekaan Indonesia yang kemudian kemerdekaan itu diperingati setiap tahun oleh Bangsa Indonesia.

Untuk itu, Pengurus PPAL setiap tahun menyelenggarakan Upacara Memperingati Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di kapal perang. Tahun 201 PPAL meyelenggarakan Upacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI juga di KRI Semarang-594  di perairan Teluk Jakarta. Mengingat  tahun 2020 dan 2021 memuncaknya pandemi Covid-19; Ketua Umum dan Pengurus PPAL melaksanakan upacara  di Kantor PPAL Pusat, di Kelapa Gading Barat, Jakarta Utara dan baru kali ini dilaksanakan kembali di KRI dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. 

Baca juga : Tabur Bunga Peringati Hari Pahlawan di KRI Semarang-594

Tahun ini, upacara di KRI Semarang-594 dihadiri tamu undangan dari Kemhan RI, KKP, Bakamla, Pepabri, Jalasenastri, LVRI, PPAD, PPAU, PP Polri, PIPAL (Paguyuban Istri Purnawirawan Angkatan Laut), dan perwakilan dari masyarakat maritim Indonesia. Upacara juga dihadiri oleh Kasal dari masa ke masa antara lain Laksamana TNI Purn Arief Koeshariadi, Laksamana TNI Purn Achmad Sutjipto, Laksamana TNI Purn Slamet Soebijanto, Laksamana TNI Purn Soemardjono, Laksamana TNI Purn Agus Suhartono, Laksamana TNI Purn Prof Marsetio, dan Laksamana TNI Purn Dr. Ade Supandi, S.E., M.A.P.;  beberapa pejabat utama Mabesal, beberapa Pangkotama TNI Angkatan Laut, Dewan Pertimbangan PPAL, sesepuh TNI Angkatan Laut,  Purnawirawan TNI Angkatan Laut, Warakawuri, dan tamu undangan lainnya.

Ketua Umum PPAL Laksamana TNI Purn Siwi Sukma Adji menyatakan terima kasih dan apresiasi atas dukungan yang diberikan oleh Mabesal, Koarmada I, Kolinlamil, Lantamal III Jakarta, Kadisbekal, Diskomlekal, Komandan dan kru KRI Semarang-594; serta pihak-pihak lain atas terselenggaranya Upacara Memperingati Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ini.

PPAL yang lahir pada tanggal 17 Agustus 1986, awalnya  bernama Badan Kontak Purnawirawan Angkatan Laut (BKPAL). Sebagai organisasi sosial, PPAL sesuai visinya  adalah mewujudkan Keluarga Besar Purnawirawan Angkatan Laut yang rukun, bersatu, mandiri, dinamis, dan sejahtera yang mampu memberikan sumbangan konstruktif terhadap keberhasilan misi TNI Angkatan Laut pada khususnya dan pembangunan dunia maritim Indonesia pada umumnya. Sedangkan misinya memperjuangkan kesejahteraan anggota PPAL dan kemajuan dunia maritim Indonesia.

Untuk mewujudkan kesejahteraan purnawirawan Angkatan Laut, PPAL mendirikan Lembaga Amil, Donasi, Zakat, Infaq, dan Sodaqoh (LADZIS). Sejak didirikan tahun 2016, LADZIS telah menyalurkan bantuan sosial, kesehatan, santunan untuk anak-anak yatim piatu, dan zakat kepada para purnawirawan Angkatan Laut di seluruh Tanah Air. 
Tahun 2022 ini, LADZIS menyalurkan zakat untuk 479 orang, bantuan sosial untuk 764 orang, bantuan kesehatan untuk 343 orang, dan santunan untuk anak-anak yatim piatu sebanyak 101 orang. Jumlah keseluruhannya 1.687 orang.

Selain itu, sejak tahun 2011 PPAL secara rutin menerbitkan Majalah “Jalasena” yang kemudian   tahun 2022 dikembangkan menjadi “Jalasena Admiralty” yang terbit cetak maupun online. Selain itu, setiap tahun menerbitkan Buku “Maritime Review” yang berisi kajian tentang permasalahan maritim yang sedang menjadi topik perhatian.

Selama 36 tahun, BKPAL yang kemudian berubah menjadi PPAL dipimpin oleh Laksda TNI Purn H Kandiawan Affandi, Laksamana TNI Purn Achmad Soetjipto, Laksdya TNI Purn Djoko Sumaryono, Laksamana TNI Purn Dr. Ade Supandi, S.E., M.A.P., dan sejak Desember 2021 hingga sekarang Ketua Umum PPAL adalah Laksamana TNI Purn Siwi Sukma Adji, S.E., M.M.

Sebagai “Rumah Gagasan”, “Rumah Solusi”, dan “Rumah Bersama”, PPAL memiliki motto “Adhi Dharma Purnawira” yang artinya Persembahan Berharga dari Purnawirawan Angkatan Laut.
    

Artikel Terkait
TNI AL Kirim Bantuan Ke NTT dengan KRI Semarang-594
Tabur Bunga Peringati Hari Pahlawan di KRI Semarang-594
Artikel Terkini
Didik J Rachbini: Salim Said Maestro Intelektual yang Paling Detail dan Mendalam
Penyumbang Devisa Negara, Pemerintah Harus Belajar dari Drama Korea
Bupati Tanahdatar buka Grand Opening Sakato Aesthetic
Strategi Implementasi "Buku Teks Utama Pendidikan Pancasila", Menyemai Nilai Kebangsaan di Tengah Tantangan Zaman
Satgas Yonif 742/SWY Perkenalkan Ecobrick Kepada Para Murid Di Perbatasan RI- RDTL
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas