INDONEWS.ID

  • Rabu, 24/08/2022 20:00 WIB
  • Dilantik Sekjen Kemendagri, 8 Pegawai BSKDN Duduki Jabatan Fungsional Baru

  • Oleh :
    • luska
Dilantik Sekjen Kemendagri, 8 Pegawai BSKDN Duduki Jabatan Fungsional Baru

Jakarta, INDONEWS.ID - Sebanyak 8 pegawai Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dilantik untuk duduki jabatan baru. Mereka dilantik oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendagri Suhajar Diantoro di Gedung F Lantai 3 Kantor Pusat Kemendagri pada Rabu, (24/8/2022). Selain dari BSKDN, Suhajar juga melantik 5 pegawai lainnya di lingkungan Kemendagri. 

Dalam arahannya, Suhajar berpesan kepada seluruh pegawai yang telah dilantik agar senantiasa bertanggung jawab terhadap beban yang dipikul. Terlebih bagi pegawai yang dilantik menjadi pejabat fungsional. 

Baca juga : Perkuat Binwas Pemerintahan Daerah, Mendagri Harap Penjabat Kepala Daerah dari Kemendagri Perbanyak Pengalaman

Suhajar mengatakan, ke depan struktur birokrasi pemerintahan di Indonesia akan dipenuhi oleh pejabat fungsional. Di era saat ini, kata dia, pejabat struktural akan semakin bergeser menjadi pejabat fungsional karena lebih menekankan pada keahlian. 

“Saya sudah sering menyatakan bahwa abad ini adalah abad dimana jabatan-jabatan struktural akan semakin hilang bergeser dan semakin tidak ada, jabatan-jabatan fungsional akan semakin mewarnai birokrasi di Republik Indonesia ini,” ungkapnya. 

Baca juga : Mendagri Resmi Lantik 5 Penjabat Gubernur

Menurut Suhajar, bahkan sejumlah negara maju sudah lama meninggalkan jabatan-jabatan strutktural dalam struktur organisasi pemerintahannya. Mereka beralih dengan banyak memanfaatkan pejabat fungsional. Karena itu, Suhajar mengimbau agar pejabat fungsional dapat terus meningkatkan kapasitasnya.

“Pada masa mendatang yang berbasis pada keahlian akan dapat bekerja lintas kementerian maupun lembaga maka kalau Anda tidak berbasis pada peningkatan kompetensi keahlian, Anda akan tergilas waktu," jelasnya.

Baca juga : Kepala BSKDN Minta Pemprov Maluku Utara Terapkan Strategi Baru Tingkatkan Inovasi

Di lain sisi, Suhajar tak menampik terkait masih adanya kendala dalam mengalihkan pejabat dari struktural ke fungsional. Walau begitu, Kemendagri terus berupaya mengatasi berbagai kendala tersebut. 

Dalam pelantikan tersebut, Suhajar juga berharap, Kemendagri dapat terus mengembangkan potensi yang dimiliki pegawainya. Sehingga, para pegawai Kemendagri dapat semakin mampu memberikan kontribusi bagi kemajuan bangsa dan negara.

Adapun daftar pegawai BSKDN yang dilantik tersebut di antaranya, Hari Prasetyo Sutanto sebagai Analis Kebijakan Ahli Muda, Dyah Kusuma Wardani sebagai Pustakawan Ahli Pertama,  Anung Sutakwo Hadi, Riecha Fatma Puspitasarie, Maria Herlina, Vice Admira Fimaherera, Adi Lazuardi, dan William Socrates Kasimat sebagai Analis Kebijakan Ahli Pertama. Pelantikan tersebut juga disaksikan langsung oleh Sekretaris Badan Litbang Kemendagri Kurniasih. (Lka)

Artikel Terkait
Perkuat Binwas Pemerintahan Daerah, Mendagri Harap Penjabat Kepala Daerah dari Kemendagri Perbanyak Pengalaman
Mendagri Resmi Lantik 5 Penjabat Gubernur
Kepala BSKDN Minta Pemprov Maluku Utara Terapkan Strategi Baru Tingkatkan Inovasi
Artikel Terkini
Pemprov Papua Barat Daya Serahkan Bantuan Mobil Angkutan Umum untuk Pedagang Mama Papua di Maybrat
Rapat Koordinasi Nasional Bahas Netralitas ASN dalam Pilkada Serentak 2024
Evaluasi Penanganan Pengungsi di Maybrat Menunjukkan Kemajuan Signifikan
Kebun Rimsa PTPN IV Regional 4 Bantu Sembako Dua Panti Asuhan
Santri dan Santriwati Harus Mengisi Ruang Dakwah dengan Nilai yang Penuh Toleransi
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas