INDONEWS.ID

  • Sabtu, 10/09/2022 12:45 WIB
  • Ultah Ke-60, Bamsoet Luncurkan Buku "Meniti Buih di Antara Karang"

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
Ultah Ke-60, Bamsoet Luncurkan Buku "Meniti Buih di Antara Karang"

Jakarta, INDONEWS.ID - Manajemen dan Redaksi Media Online Indonews.id menyampaikan selamat ulang tahun ke-60 kepada Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo atau Bamsoet. Hal ini disampaikan Pemred Indonews.id, Asri Hadi.

"Mewakili manajemen dan redaksi Indonews.id, saya menyampaikan ucapan selamat kepada Bpk. Bambang Soesatyo yang hari ini ulang tahun ke-60. Semoga sehat selalu dan tambah sukses," kata Asri Hadi di dalam keterangan via pesan singkat WA kepada redaksi, Sabtu (10/9).

Diketahui, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo genap berusia 60 tahun pada hari ini (10/9/22). Bertepatan dengan ini, Bamsoet meluncurkan dua buku. Salah satunya adalah `Meniti Buih di Antara Karang` yang menandai 60 tahun perjalanan hidupnya sebagai politisi dan pengusaha.

Peluncuran buku ini dilakukan di Jakarta yang berbarengan dengan peluncuran tempat rendezvous baru `Black Stone Garage` (IMI Lounge). Sebuah tempat tongkrongan baru bagi komunitas otomotif, klub-klub mobil, dan motor di kawasan Hang Jebat Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Menurutnya, `Meniti Buih di Antara Karang` memberi gambaran tentang sosok Bamsoet yang fokus dan konsisten atas apa yang ingin dicapainya. Setelah empat kali gagal dalam pemilihan anggota legislatif (Pileg), di Pileg 2009 Bamsoet terpilih menjadi anggota DPR sebagai anggota Komisi III DPR RI.

Bamsoet kemudian menerima amanah sebagai Ketua Komisi III DPR RI. Karier politiknya pun berlanjut dengan menjabat Ketua DPR RI periode 2018-2019 dan menjabat Ketua MPR RI periode 2019-2022.

"Selain mengungkap catatan tentang proses perjuangan dan kerja keras Bamsoet menjadi anggota parlemen, buku ini juga memuat sebagian catatan riwayat hidup, peran, dan bimbingan orang tua, berkarier sebagai wartawan dan kisah jatuh bangun dalam berbisnis. Bamsoet juga terus memperluas skala pergaulannya dengan menjangkau generasi milenial melalui sejumlah organisasi dan kegiatan," dikutip dari keterangan tertulis MPR, Kamis (8/9/2022).

Bamsoet menuturkan buku ini tak hanya memuat tulisannya sendiri, tapi juga memuat catatan dan kesaksian dari para sahabat.

Diketahui, Bamsoet juga terpilih menjadi anggota DPR dari Dapil Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Banjarnegara, dan Kabupaten Kebumen di Jawa Tengah. Sahabat Bamsoet di tiga Dapil tersebut masih menyimpan catatan tentang bagaimana Bamsoet bekerja sangat keras, pantang menyerah, dan nyaris tak kenal waktu memperkenalkan diri kepada konstituen.

Lebih lanjut, buku ini menunjukan kesungguhan Bamsoet dalam merefleksikan peran dan fungsi sebagai anggota parlemen. Yakni sensitif dan peduli pada persoalan yang terjadi di tengah masyarakat.

Hal ini tertuang dalam buku kedua yang diluncurkannya berupa dokumentasi ratusan opini yang ditulis Bamsoet sepanjang dua dasawarsa terakhir yang dikemas dalam lima seri buku berjudul `Bunga Rampai Opini Bambang Soesatyo 2007-2022`.

Adapun pengabdian dan kepedulian Bamsoet kepada masyarakat tidak hanya ditunjukkan melalui pernyataan pers dan tulisan opini. Tapi juga diwujudkan dalam tindakan dan perbuatan nyata. Baik di Jakarta maupun daerah, termasuk di daerah pemilihannya (Dapil).

Sebelum dan setelah menjadi anggota parlemen, Bamsoet juga sangat aktif membuat pernyataan pers dan menulis opini untuk menyikapi ragam persoalan yang menyangkut masyarakat maupun masalah negara-bangsa. Ia juga aktif melancarkan kritik dan menawarkan solusi.

Ada ratusan opini ditulis dan ribuan pernyataan pers yang dibuat Bamsoet terhitung sejak 2007 yang kerap. Pernyataan Bamsoet pun kerap ditunggu para wartawan. Bahkan, kinerjanya menyikapi ragam persoalan melalui pernyataan pers itu dianugerahi `News Maker Award` oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI Jaya) pada April 2010.

Selain itu, Bamsoet juga mendapat banyak penghargaan, antara lain The Best and The Next Legislator Award 2014; 10 Tokoh Politik dengan Branding Otentik dari Polaris Data and Story Lab (2018); Anugerah Pers Jawa Tengah dari Suara Merdeka Network (2018); Best Communicators dari majalah PR Indonesia (2018); Golden Democracy Award dari Rakyat Merdeka Online (2018).

Ada pula penghargaan The Best and The Next Legislator Award 2019; Parliament of The Year 2019 dari Teropong Senayan; Best Parliamentarians dari Obsession Media Group (2019); IJTI Jawa Tengah Award dari Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia Jawa Tengah (2019); Democracy Award dari Moeslim Choice Media Networks (2019); Indonesia Digital Initiative Awards dari Diksi Digital Indonesia, Maven Digital Asia dan Circle Communication (2019).

Lalu ada Penghargaan Parliament of The Year 2020 dari Teropong Senayan; Rising Star of Democracy 2020 dari Teropong Senayan; Best Institution Leader 2020 dari Obsession Media Group; Inspiring Leader of Politician 2020 dari Teropong Senayan; dan untuk ketiga kalinya mendapatkan penghargaan Parliament of The Year 2021 untuk ketiga kalinya melalui ajang Teropong Parlemen Awards 2021.

Wakil Ketua Umum KADIN Indonesia ini juga mengoleksi berbagai rekor dari Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI). Antara lain Penyelenggara Turnamen Catur dengan Peserta Master Terbanyak di Dunia (2019); Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Kejuaraan Tembak Nasional Legislator Championship dengan Penembak Terbanyak (2020); dan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI kepada Anggota Komunitas Motor Terbanyak (2020).*

 

 

Artikel Terkait
Artikel Terkini
Pelepasan 247 Calon Siswa Bintara Bakomsos dan Tamtama Polri Terpadu Tahun Angkatan 2024
Wujudkan Kemandirian Daerah, Kepala BSKDN Dorong Proyek Perubahan Jadi Inovasi
Dies Natalis ke-57, Universitas YARSI Wisuda 406 Sarjana dan Pascasarjana
Bamsoet: Sudahi Konflik, Mari Dukung Pemerintahan Prabowo-Gibran
PNM Excellence Award Bukti Nyata Apresiasi PNM Untuk Karyawan dan Unit Kerja Terbaik
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas