INDONEWS.ID

  • Kamis, 20/10/2022 09:05 WIB
  • Pertama di Indonesia, Bamsoet Serahkan Trofi Juara Kontes Modifikasi Audio Berkonsep Endurance Battle 2022

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
Pertama di Indonesia, Bamsoet Serahkan Trofi Juara Kontes Modifikasi Audio Berkonsep Endurance Battle 2022
Ketua MPR-RI selaku Ketua IMI Bambang Soesatyo didampingi Hendra Noor Saleh, President Director PT Bekarya Otomotif Sukses (BOS), selaku pengelola dan manajemen Black Stone Garage (kemeja putih) dan Editor in-Chief SoundandMachine.com, Eko Putranto (kaos hitam) saat mengumumkan pemenang kontes Modifikasi Audio Berkonsep Endurance Battle 2022 di Blackstone Garage, Rabu (19/10).

Jakarta, INDONEWS.ID - Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) sekaligus Ketua Majelis Permusyawarata Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo menyerahkan trofi juara kepada pemenang kontes modifikasi audio-berkonsep endurance battle 2022 yang digelar di Black Stone Garage pada 18-19 Oktober.

Pemenang dalam kontes yang baru pertama kali digelar di Indonesia ini jatuh kepada mobil nomor tiga yang di-handle oleh Steven dari AJM Audioworks. Atas capaiannya, mereka berhak mendapatkan dan membawa pulang dengan bangga trofi kemenangan kategori Bamsoet`s Choice.

Baca juga : Ketua MPR Apresiasi Penampilan Timnas Indonesia Melawan Timnas Argentina

"Selamat kepada intalatur mobil nomor tiga. Semoga ini memacu untuk terus berkarya. Juga kepada instalatur lainnya yang juga bagus-bagus," kata Bamsoet di sela-sela pengumuman pemenang kontes seperti dikutip media ini, Rabu (19/10).

Kontes Indonesia Car Audio Tuning Endurance Battle 2022 diselenggarakan selama dua hari pada 18-19 Oktober bertempat di Black Stone Garage, Jl. Hang Jebat Raya No. 1 A, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Baca juga : Ketua MPR Ajak Bangun Solidaritas dan Soliditas Kebangsaan

Kontes ini terselenggara hasil kolaborasi Media otomotif online SoundandMachine.com dengan konten kreator otomotif Pengepul Mobil. Dari keterangan tertulis yang diterima, ajang kompetisi car audio pertama di Indonesia dengan konsep endurance tersebut diadakan dalam beberapa seri.

Putaran perdana, kompetisi digelar bagi para instalatur audio mobil di Jakarta untuk melakukan instalasi, tuning dengan merek dan jenis mobil yang sama, peranti audio, juga material yang sama yang telah disediakan.

Baca juga : Ketua MPR Dukung Pelaksanaan Lawatan Obor Paskah Nasional XIX dan Silaturahmi Kebangsaan

Hari pertama dimulai dengan proses instalasi, dilanjutkan tuning, dan pada hari kedua dilakukan penilaian, pada lokasi pengerjaan yang sama dan dengan batas waktu yang telah ditentukan.

"Konsep ini pertama kalinya diadakan di Indonesia, yaitu mengumpulkan enam car audio installer terbaik di Jakarta, untuk diadu skill-nya. Kami juga mengajak merek-merek ternama di bidang audio mobil untuk mendukung kompetisi ini," kata Jacki Suwandi, Founder Pengepul Mobil.

Keenam instalatur audio yang meramaikan kompetisi awal Indonesia Car Audio Tuning Endurance Battle 2022, terdiri dari AJM Audioworks, BestBuddyShop, Begja Autotronics, Duta Audioworks, CAS Audio, dan Bronson Audio.

Para peserta memodifikasi dan melakukan tuning audio Toyota Kijang Innova Reborn tipe G dengan mesin diesel lansiran 2017-2022, yang semuanya dimulai dari kondisi standar.

"Mesin belum dioprek, peredam belum dipasang. Uang pendaftarannya Rp5 juta, buat bersih AC dan cuci mobil. Mobil ini dibuat battle, akan diinstalasi enam instalatur terbesar di Indonesia, tuner kontes audio mobil ‘Champion of Champion’," kata Jacki.

Tak hanya itu, keenam peserta juga harus melakukan upgrade audio dengan konsep instalasi yang sama, yaitu 2-way OEM, yang mana instalasinya mengikuti bentuk OEM atau standar bawaan pabrik dari mobil yang dimodifikasi.

Khusus subwoofer, instalatur akan membuatkan boks dari material yang disediakan, langsung di lokasi acara dengan bahan kayu MDF dan material kulit yang disediakan. Batas waktunya hanya 60 menit.

Selain itu, peserta Indonesia Car Audio Tuning Endurance Battle juga diwajibkan memasang sarung jok, sarung setir, dan wrapping bodi selama instalasi berlangsung, sebagai standar pengerjaan instalasi. Batas waktu instalasi peserta mulai pukul 09.00-17.00 WIB.

Hari kedua, peserta wajib melakukan tuning dengan durasi dari pukul 09.00-14.00 WIB. Setelah itu akan ada penilaian dari juri bersertifikat mengikuti regulasi regulasi prosumer dari asosiasi Car Audio Network (CAN)

Untuk penilaian secara non-teknis, akan dilakukan oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR-RI) dan ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo alias Bamsoet. Caranya dengan cara memutar satu lagu sesuai selera dan pemenang akan mendapatkan piala “Bamsoet’s Choice”.

“Terima kasih untuk kolaborasi SoundandMachine.com dan Pengepul Mobil di Black Stone Garage. Karena di sini lah ‘rumah’ yang diniatkan sebagai tempat bertemunya beragam elemen ekosistem industri dan kreativitas anak muda, khususnya di bidang otomotif,” jelas Hendra Noor Saleh, President Director PT Bekarya Otomotif Sukses (BOS), selaku pengelola dan manajemen Black Stone Garage.

Eko Putranto dari SoundandMachine mengatakan, latar belakang dari acara ini bertujuan memajukan industri aftermarket otomotif, khususnya di bidang audio mobil pasca-pandemi.

"Dalam hal ini, kami ingin semua merek car audio dan merek pendukung yang terkait untuk maju bersama. Untuk itu, di kompetisi ini kami terapkan penggunaan peranti audio lintas merek," kata Editor in-Chief SoundandMachine.com itu.*

Artikel Terkait
Ketua MPR Apresiasi Penampilan Timnas Indonesia Melawan Timnas Argentina
Ketua MPR Ajak Bangun Solidaritas dan Soliditas Kebangsaan
Ketua MPR Dukung Pelaksanaan Lawatan Obor Paskah Nasional XIX dan Silaturahmi Kebangsaan
Artikel Terkini
Karya Sastra Puisi Indonesia dan Kazakhstan
KI Pusat Mantapkan Sinergi dengan Media dalam Mengawal Informasi Publik
Direktur GKI Beri Materi Kewirausahaan untuk Pelajar SMKS Bina Mandiri Labuan Bajo
Menjadi Tulang Punggung Pengembangan Usaha Ultra Mikro Indonesia, PNM Ikuti 57th APEC SMEWG
Tiga Orang Ditemukan Meninggal Akibat Tertimbun Longsor di Kabupaten Garut
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas