INDONEWS.ID

  • Selasa, 08/11/2022 09:10 WIB
  • Rayakan HUT ke-59, Pemred INDONEWS.ID Kirim Ucapan Selamat untuk Menteri ATR/BPN

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
Rayakan HUT ke-59, Pemred INDONEWS.ID Kirim Ucapan Selamat untuk Menteri ATR/BPN

Jakarta, INDONEWS.ID - Hari ini, Selasa (8/11/22) menjadi momen istimewa bagi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P.

Pasalnya, mantan Panglima TNI yang terkenal santun dan suka membantu banyak orang ini merayakan hari ulang tahun (HUT) ke-59.

Baca juga : Mendagri Resmi Lantik 5 Penjabat Gubernur, Ada Alumni SMAN 3 Teladan Jakarta

Para sahabatpun ramai-ramai mengirimkan ucapan selamat. Salah satunya dari Pemimpin Redaksi Media Indonews.id, Drs. Asri Hadi. Mewakili pribadi dan manajemen serta redaksi Indonews.id Asri Hadi mendoakan Menteri Hadi diberi umur panjang dan kesehatan berlimpah.

“Mewakili jajaran redaksi dan manajemen Indonews.id, saya mengucapkan selamat hari ulang tahun untuk sahabat saya, Menteri Hadi. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa menganugerahkan kesehatan, umur panjang, tambah sukses dan kebahagiaan bersama keluarga serta sukses dalam menjalankan tugas,” ujar Dosen Purnabhakti IPDN ini.

Baca juga : Mendagri Resmi Lantik 5 Penjabat Gubernur

Kedekatan Asri Hadi yang kini aktif sebagai jurnalis dan menjadi Ketua Dewan Penasehat Asosiasi Media Digital Indonesia (AMDI) dengan Menteri Hadi dimulai saat Hadi Tjahjanto menjabat sebagai Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara.

“Beliau adalah jenderal yang sukses mengemban amanah dari Presiden dan negara, kini jiwa dan raganya kembali dibutuhkan negara untuk memimpin kantor Kementrian Agraria Badan Pertahanan Nasional, dan beliau mampu menjalankan tugas dengan baik,” ujar Asri Hadi.

Baca juga : Kak Wulan Bikin Petani Mawar Nganjuk Punya Harapan Baru

Profil Hadi Tjahjanto

Presiden Joko Widodo melantik mantan Panglima TNI Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto menjadi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (15/6/2022). Arek Malang kelahiran 8 November 1963 tersebut menggantikan menteri sebelumnya Sofyan Djalil.

Dengan posisi baru ini, Hadi pun kembali ke lingkar pemerintahan setelah sebelumnya ia menyerahkan tongkat komando Panglima TNI kepada Jenderal Andika Perkasa pada 19 November 2021 karena purna tugas. Pria yang identik dengan kumis tebalnya ini merupakan lulusan Akademi Angkatan Udara (AAU) tahun 1986 dan Sekolah Penerbang TNI Angkatan Udara 1987.

Dikutip dari setneg.go.id, Hadi pernah menduduki sejumlah jabatan strategis di TNI. Pada 2010-2011, Hadi dipercaya mengemban posisi Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Adi Sumarmo, Boyolali, Jawa Tengah.

Pada 2011-2013, Hadi menempati jabatan Direktur Operasi dan Latihan Badan SAR Nasional (Basarnas) dan Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (Kadispenau) pada 2013-2015. Pada 2016, Hadi kembali memegang tongkat komando sebagai Danlanud Abdulrachman Saleh, Malang.

Tak berhenti sampai di situ, Hadi kemudian dipercaya menjadi Sekretaris Militer Presiden (Sesmilpres) pada 2015-2016 dan Irjen Kementerian Pertahanan pada Oktober 2016. Karier pria lulusan SMAN 1 Lawang, Malang tersebut semakin menterang dengan penunjukkannya menjadi Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) pada 2017.

Pada tahun yang sama, Hadi kemudian mengemban posisi tertinggi di TNI sekaligus menjadi puncak karier militernya, yakni sebagai Panglima TNI ke-20. Ia mengemban posisi ini sejak 2017-2021.

Setelah pensiun, Hadi kemudian dipercaya menjadi Komandan Lapangan persiapan Penyelenggaraan MotoGP Mandalika.

Si ‘Otak setan’

Dikutip dari Tribunnews.com, Hadi saat masih duduk di bangku SMA dengan jurusan IPA kerap dijuluki ‘otak setan’ oleh teman-temannya. Julukan otak setan tersebut tak lepas dari sosok Hadi yang bisa mencerna pelajaran secara mudah dan cepat.

Kecerdasan ini pula yang mengantarkan Hadi bisa meneruskan bahkan melebihi jejak sang ayah, Serka Tek (Purn) Bambang Sudarso.

BIODATA SINGKAT

Nama Lengkap: Marsekal TNI Hadi Tjahjanto

Tempat, Tanggal Lahir: Malang, 8 November 1963

Jabatan terakhir: Panglima TNI 2017-2021

Keluarga: Nanik Istumawati (istri) Hanica Relingga Dara Ayu (anak) Handika Relangga Bima Yogatama (anak)

Pendidikan:

SMA Negeri 3 Singosari (1979)

SMA Negeri 1 Lawang (1982)

Akademi Angkatan Udara (1986)

Sekolah Penerbang TNI AU (1987)

Karier:

Pilot di Skuadron 4, Pangkalan Udara Abdulrachman Saleh, MalangKepala Seksi Latihan Skuadron 4 Pangkalan Udara Abdulrachman Saleh, Malang, 1993Komandan Flight Ops A Flightlat Skuadron Udara 32 Wing 2 Pangkalan UdaraAbdulrachman Saleh, Malang, 1996Pamen,

Dinas Administrasi dan Personel Angkatan Udara (Disminpersau) Komandan Lanud Adi Sumarmo, Solo, 2010-2011

Dirops dan Lat. Basarnas, 2011-2013

Kepala Dinas Penerangan TNI AU, 2013-2015

Komandan Lanud Abdulrachman Saleh, Malang, 2015

Sekretaris Militer Presiden, 2015-2016

Irjen Kemhan RI, 2016-2017

Kepala Staf Angkatan Udara, 2017

Panglima TNI, 8 Desember 2017-2021

Artikel Terkait
Mendagri Resmi Lantik 5 Penjabat Gubernur, Ada Alumni SMAN 3 Teladan Jakarta
Mendagri Resmi Lantik 5 Penjabat Gubernur
Kak Wulan Bikin Petani Mawar Nganjuk Punya Harapan Baru
Artikel Terkini
Mendagri Resmi Lantik 5 Penjabat Gubernur, Ada Alumni SMAN 3 Teladan Jakarta
Mendagri Resmi Lantik 5 Penjabat Gubernur
Kak Wulan Bikin Petani Mawar Nganjuk Punya Harapan Baru
PNM Peduli, Gerak Cepat Bantu Bencana Banjir Bandang dan Lahar Dingin Sumatera Barat
Satgas Pamtas Sektor Timur Yonif 742/SWY Laksanakan Patroli di Perbatasan darat RI-RDTL
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas