INDONEWS.ID

  • Jum'at, 18/11/2022 10:50 WIB
  • PKK Manggarai Gelar Traning Of Trainer Kader Khusus Program Keanekaragaman Konsumsi Pangan Keluarga Manggarai

  • Oleh :
    • Mancik
PKK Manggarai Gelar Traning Of Trainer Kader Khusus Program Keanekaragaman Konsumsi Pangan Keluarga Manggarai
Traning Of Trainer (TOT) Kader Khusus Program Keanekaragaman Konsumsi Pangan Keluarga Manggarai.(Foto:Dokumentasi PKK Manggarai)

INDONEWS.ID - Masalah stunting, Covid 19, perubahan iklim, berkembangnya penyakit menular dan tidak menular menjadi tantangan bagi keluarga-keluarga di Kabupaten Manggarai.

Konsumsi pangan keluarga menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan dengan baik guna mendukung ketahanan keluarga terhadap berbagai situasi yang berkembang saat ini.

Baca juga : Pemred Indonews.id, Asri Hadi Ucapkan Selamat Atas Terpilihnya Marsianus Edon Sebagai Anggota KPU Kabupaten Manggarai

Keragaman konsumsi pangan diharapkan dapat mendukung ketahanan daya tahan tubuh keluarga terhadap berbagai serangan penyakit baik menular maupun tidak menular.

Pentingnya pengetahuan tentang keragaman konsumsi pangan, pengaturan pola makan, kandungan gizi dalam bahan makanan, takaran atau porsi makanan yang dikonsumsi, cara mengkonsumsi makanan, teknik meramu makanan, ketersediaan bahan makanan sepanjang tahun / setiap perubahan musim, menjadi dasar pertimbangan Pokja III TP PKK Kabupaten Manggarai mengadakan kegiatan Training of Trainer Kader yang khusus mempelajari tentang Keragaman Konsumsi Pangan.

Baca juga : Krisis Air, Warga Tenda di Kabupaten Manggarai Protes PDAM

Traning Of Trainer (TOT) Kader Khusus Program Keanekaragaman Konsumsi Pangan Keluarga Manggarai berlangsung pada 16 – 17 November 2022, di Aula Susteran Wae Lengkas, Kecamatan Langke Rembong.

Kegiatan ini menghadirkan seluruh Ketua Pokja III / Anggota TP PKK tingkat Kecamatan dan Ketua Pokja III / Anggota TP PKK Kelurahan se – Langke Rembong.

Baca juga : Lantik PPK Pemilu 2024, Ketua KPU Kabupaten Manggarai Beri Penegasan Soal Kerja Kepemiluan

Para peserta dibekali dengan sejumlah pengetahuan tentang Manajemen Terpadu Balita Sakit ( MTBS ), Gizi Balita dan Keluarga, Pemberian Makan Bayi dan Anak ( PMBA ), Bina Keluarga Balita Holistik Integratif ( BKB – HI ), Keragaman hayati lokal Kabupaten Manggarai.

Selain itu, pemberian makan bayi dan anak, Bina Keluarga Balita Holistik Integratif, Manajemen Terpadu Balita Sakit (MTBS) dan penyebab langsung dan tidak langsung penyakit infeksius dan non infeksius dari aspek pemenuhan gizi berimbang sehat dan aman.

Dalam Laporanya, Ketua pelaksana kegiatan, Florentina F. H. Ganggut Ngabut menyebut, TOT Keanekaragaman Konsumsi Pangan Keluarga Manggarai bertujuan untuk mencapai masyarakat yang sehat dan ketahanan pangan di kabupaten Manggarai.

"Kader khusus ini bertugas mensosialisasikan dan menjadi fasilitator tentang keragaman konsumsi pangan keluarga Manggarai tingkat Desa dan Kelurahan demi tercapainya masyarakat yang sehat dan tercapainya ketahanan pangan keluarga di Kabupaten Manggarai," ujar Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Manggarai tersebut.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Manggarai, Meldyanti Hagur Marcelina Nabit mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan atas dasar perjalanan PKK Manggarai sebelumnya.

"PKK Manggarai setelah bergerak dari desa ke desa. Kami (PKK Manggarai) telah mengamati kondisi ketahanan pangan, kesehatan anak yang berada ditengah masyarakat Manggarai sehingga TOT ini kemudian kami rencanakan dan laksanakan”, ujarnya.

Isteri Bupati Manggarai tersebut berharap, para peserta bisa meneruskan pengetahuan yang didapat kepada masyarakat luas di Kabupaten Manggarai.

"Kepada seluruh peserta, sepulang dari tempat kegiatan ini, tolong jangan tidur. Bergerak dari rumah ke rumah untuk menyampaikan pesan-pesan penting dari pemateri," tutupnya.*

Artikel Terkait
Pemred Indonews.id, Asri Hadi Ucapkan Selamat Atas Terpilihnya Marsianus Edon Sebagai Anggota KPU Kabupaten Manggarai
Krisis Air, Warga Tenda di Kabupaten Manggarai Protes PDAM
Lantik PPK Pemilu 2024, Ketua KPU Kabupaten Manggarai Beri Penegasan Soal Kerja Kepemiluan
Artikel Terkini
Ketua Pengadilan Negeri Batusangkar Dirikan Dapur dan Pendistribusian untuk Korban Banjir Bandang Tanah Datar
Aksi PNM Peduli Serahkan Sumur Bor Untuk Warga Indramayu Dan Tanam Mangrove Rhizophora
PTPN IV Regional 4 Jambi, Bantu Beras Warga Solok
Pastikan Arus Barang Kembali Lancar, Menko Airlangga Tinjau Langsung Pengeluaran Barang dan Minta Instansi di Pelabuhan Tanjung Priok Bekerja 24 Jam
Umumkan Rencana Kedatangan Paus Fransiskus, Menteri Agama Dukung Penuh Pengurus LP3KN
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas