INDONEWS.ID

  • Rabu, 23/11/2022 06:23 WIB
  • Dewan Pakar BPIP: Aura Pancasila terpancar di KTT G20 Bali

  • Oleh :
    • luska
Dewan Pakar BPIP: Aura Pancasila terpancar di KTT G20 Bali

Bali, INDONEWS.ID - Bekerjasama dengan Universitas Udayana dan Kompas TV, BPIP (Badan Pembinaan Ideologi Pancasila) menyelenggarakan seminar series dengan tema “Pancasila, Inspirasi Dunia untuk Kesejahteraan dan Perdamaian” pada 21 November 2022, di auditorium Universitas Udayana, Bali.  

Acara tsb. merupakan rangkaian seminar series ke-5 yang diselenggarakan BPIP dalam rangka mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat.

Baca juga : Indonesia Pastikan Kelanjutan Komitmen KTT G20 Bali dalam Forum G20 New Delhi

Hadir sebagai salah satu pembicara dalam seminar tsb. Dr. Darmansjah Djumala, SE, MA, Dewan Pakar BPIP Bidang Strategi Hubungan Luar Negeri, menandaskan bahwa Indonesia telah berhasil memproyeksikan nilai-nilai Pancasila dalam rangkaian acara KTT G20 di Bali,  Dr. Djumala, yang juga dosen Hubungan Internasional, FISIP Unpad, mengungkapkan keberhasilan Indonesia merefleksikan nilai Pancasila dapat dinilai dari tiga aspek; yaitu aspek partisipasi negara dalam konferensi, pembahasan substansi dan hasil konferensi yang bermanfaat bagi rakyat (tangible results).

Dilihat dari aspek partisipasi negara anggota, Indonesia telah berhasil mempertemukan pihak-pihak yang bertikai dalam satu forum. Di tengah kecamuk perang Rusia-Ukraina serta krisis pangan dan energi, sulit membayangkan mengumpulkan pemimpin dunia sebanyak itu dalam satu forum dan menghasilkan kesepakatan politik berupa Leaders’ Declaration. Kemampuan mempersatukan pemimpin negara ditengah kesulitan tentu bersesuaian dengan nilai Persatuan seperti dititahkan Pancasila. Perlu juga dicatat, di bawah kepemimpinan Indonesia G20 mampu menelurkan program konkrit, yaitu penyediaan dana untuk Pandemic Fund yang berjumlah US$ 1,4 miliar untuk membantu negara-negara kurang mampu mendapatkan alkes, obat-obatan dan vaksin.

Baca juga : Terbesar Sepanjang Sejarah, Presidensi G20 Indonesia Sukses Hasilkan G20 Bali Leaders` Declaration Bagi Pemulihan Dunia

Membantu negara kurang mampu untuk memperoleh pelayanan kesehatan adalah refleksi nilai-nilai Pancasila, yaitu Kemanusiaan dan Keadilan Sosial.

Dilihat dari aspek substansi, Dr. Djumala menandaskan dari Bali Indonesia telah memancarkan aura Pancasila, yaitu dengan cara menetapkan 3 prioritas dalam pembahasan di KTT. Membangun ekosistem dan infrastruktur kesehatan akan memudahkan kelompok tak mampu mengakses pelayanan kesehatan. Penetapan prioritas ini tentu diinspirasi nilai sosial kemanusiaan dan keadilan. Transformasi ekonomi digital di bawah kepemimpinan Indonesia ditujukan untuk membantu UMKM melalui program literasi digital, yang pada akhirnya akan menjadi katalis dalam pemerataan pembangunan bagi masyarakat bawah. Ini juga diinspirasi nilai keadilan sosial.

Baca juga : Hasil Pertemuan Bilateral G20, Indonesia-RRT Sepakat Jalankan Kerja Sama di Sektor Ekonomi Digital

Lebih lanjut Dr. Djumala, yang pernah menjabat Dubes RI untuk Austria dan PBB, mengatakan prioritas ketiga transisi energi terbarukan juga sungguh terinspirasi dari nilai Pancasila. Transisi energi terbarukan dimaksudkan untuk menjaga kelestarian lingkungan dan keselamatan bumi. Bumi dan alam seisinya adalah anugerah Tuhan Yang Maha Esa. Umat manusia wajib menjaganya. Kewajiban menjaga alam dan seisinya adalah inspirasi sila 1, Ketuhanan Yang Maha Esa. 

Pada bagian lain paparannya, Dr. Djumala yang pernah menjabat Kepala Sekretariat Presiden/Sekretaris Presiden Joko Widodo, menegaskan bahwa di KTT G20 di Bali, Presiden Jokowi, Menlu Retno Marsudi dan para diplomat Indonesia mampu mengaktualisasikan nilai Pancasila dalam penyelenggaran dan pembahasan substansinya. Aura Pancasila benar-benar terpancar dari keberhasilan KTT G20. “Selama KTT G20 di Bali dunia menyaksikan komitmen Indonesia berkontribusi dalam menangani masalah global. Komitmen Indonesia itu adalah sabda Konstitusi yang diinspirasi oleh nilai luhur Pancasila.  

Keberhasilan itu tak lepas dari citra positif Indonesia selama ini dalam perjuangan diplomasinya yang dikenal sebagai honest broker dan bridge builder, sehingga Indonesia memiliki diplomatic credential dalam setiap inisiatifnya membantu mengatasi masalah dunia” tutup Dr. Djumala.
 

Artikel Terkait
Indonesia Pastikan Kelanjutan Komitmen KTT G20 Bali dalam Forum G20 New Delhi
Terbesar Sepanjang Sejarah, Presidensi G20 Indonesia Sukses Hasilkan G20 Bali Leaders` Declaration Bagi Pemulihan Dunia
Hasil Pertemuan Bilateral G20, Indonesia-RRT Sepakat Jalankan Kerja Sama di Sektor Ekonomi Digital
Artikel Terkini
KPKNL mulai Cium Aroma Busuk di Bank Indonesia
Akses Jalan Darat Terbuka, Pemerintah Kerahkan Distribusi Logistik ke Desa Kadundung
Elit Demokrat Ardy Mbalembout Mengutuk Keras Aksi Penyerangan Mahasiswa Saat Berdoa di Tangsel
Penutupan Pabrik Sepatu Bata di Purwakarta Bagian dari Strategi Bisnis untuk Fokus pada Lini Penjualan
Presiden Jokowi Masih Kaji Calon Pansel KPK yang Sesuai Harapan Masyarakat
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas