INDONEWS.ID

  • Kamis, 19/01/2023 15:52 WIB
  • Ikan Bandeng: Hari Besar Imlek dan Lambang Keberuntungan

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
Ikan Bandeng: Hari Besar Imlek dan Lambang Keberuntungan

Jakarta, INDONEWS.ID - Imlek jatuh hari Senin tanggal 23 Januari 2023, ditanggalan nasional tidak termasuk hari libur alias tanggal merah.
Saatnya encim encim memborong ikan bandeng untuk di sajikan di meja makan untuk disantap bersama di hari besar.

Selain sajian aneka mie dan telur, ikan bandeng alias ikan dewa perlambang kemakmuran dan kesuksesan wajib ada di meja makan.

Menyantap sajian mie dihari raya Imlek dengan harapan umur kita semakin panjang, telur yang bulat semoga rejeki kita juga bulat tidak gepeng dan hancur.

Nah sajian ikan dewa alias bandeng perlambang kemakmuran dan kesuksesan, kalau rejeki sudah lancar materi berlimpah apalagi yang di butuhkan? Nama dan kekuasaan seperti para raja dan dewa untuk mempertahankan klan dan mahkota Marga keluarga.

Konon sajian ikan bandeng di perayaan Imlek buah akulturasi budaya Betawi dan suku hokkian yang banyak penganut Khonghucu sejak tahun 1850.

Dalam perayaan dan pernikahan suku Betawi sering menyajikan sajian bandeng yang sering di hadiri masyarakat China perantauan, terjadilah pertemuan budaya.

Karena sajian bandeng di hari IMLEK di daerah lain seperti Sumatra Kalimantan Sulawesi dan negara negara lain tidak ditemukan, sajian ikan dewa banyak ditemukan di pesisir Utara pulau Jawa, Banten Jawa barat Betawi sampai jawa tengah.

Selamat tahun baru China, dan menyambut tahun kelinci air, semoga keberuntungan kesehatan kemakmuran melimpah dan dijauhkan dari segala mara bahaya dalam kehidupan kita , negara dan bangsa.(Zaenal)

Artikel Terkait
Artikel Terkini
Perkuat Semangat Persaudaraan Antara Siswa, SMP Notre Dame Gelar Paskah Bersama dan Peringatan Hardiknas 2024
PNM Mekaar Beri Reward Ketua Kelompok Unggulan Studi Banding Olahan Jamu Tradisional
PNM Berikan Ruang Bakat dan Silaturahmi Karyawan Lewat Event SEHATI
Waspadai Pihak-Pihak yang Benturkan Konsep Negara Pancasila dengan Agama
Pelintas RI - Timor Leste Kini Bisa Akses Internet `Ngebut` di PLBN Motaain
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas