INDONEWS.ID

  • Senin, 23/01/2023 21:26 WIB
  • IWPG Presentasikan Rencana Utama di Tahun 2023

  • Oleh :
    • very
IWPG Presentasikan Rencana Utama di Tahun 2023
Ketua IWPG, Hyun Sook Yoon. (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - International Women`s Peace Group (IWPG) mengadakan Rapat Umum Tahunan Cabang Internasional ke-6 secara daring pada pukul 8:00 malam (waktu Korea) pada 19 Januari 2023. Rapat untuk membagikan kegiatan perdamaian tahun 2022 yang dilakukan oleh 100 cabang di 118 negara dan mengumumkan rencana utama untuk tahun 2023.

Ketua IWPG, Hyun Sook Yoon mengatakan, slogan IWPG untuk tahun 2023 adalah “Memperkuat Kemitraan Global Perempuan untuk Perdamaian Berkelanjutan”.

Baca juga : Minta Solidaritas Masyarakat, Ketua IWPG Menyerukan Pelembagaan Perdamaian

Dia mengatakan, ada lima arah untuk mempraktikkan tersebut. Pertama, mendesak dukungan untuk Deklarasi Perdamaian dan Penghentian Perang (Declaration of Peace and Cessation of War/ DPCW).

“Ini adalah tindakan untuk mendukung adopsi DPCW sebagai resolusi PBB dan untuk fokus pada pengumpulan kekuatan warga di seluruh dunia,” ujarnya melalui siaran pers yang diterima di Jakarta, Minggu (22/1).

Kedua, merekrut anggota melalui pembentukan sistem cabang. Ada rencana untuk menstabilkan cabang di Korea dan memperluas untuk mendirikan lebih banyak cabang di luar negeri. Setiap cabang akan aktif menandatangani MOA dan MOU.

Ketiga, memperkuat kerja sama dan pertukaran antar benua, negara, kelas, dan topik dengan secara rutin mengadakan “Konferensi Perdamaian Pemimpin Perempuan Internasional”.

Juga akan diadakan penelitian, diskusi, dan konferensi akademik terkait kebijakan perdamaian.

Keempat adalah memproduksi buku teks untuk perempuan umum, mengubah materi pelatihan yang ada untuk pengajar perdamaian perempuan, dan membangun sistem pendidikan yang sistematis.

Kelima, membangun identitas merek IWPG, mendirikan monumen perdamaian IWPG, dan mendapatkan status konsultatif umum dengan UN ECOSOC.

Ketua Hyun Sook Yoon mengatakan, IWPG sudah 10 tahun berjalan di jalur perdamaian. “Perdamaian sejati dapat dicapai di mana ada orang-orang dengan semangat perdamaian. Tahun ini, kami meminta lebih banyak perempuan menjadi anggota IWPG dan bekerja sama sebagai pembawa pesan perdamaian dan menyebarkan pendidikan perdamaian,” katanya.

Dalam sambutannya, Wakil Presiden dari Philippines National Federation of Women`s Clubs, Erlinda Olivia Tiu mengatakan, “Saya tahu bahwa IWPG memiliki lebih dari 100 Kantor Cabang Internasional yang bekerja sama untuk penghentian perang global dan untuk terwujudnya Perdamaian Dunia. Saya menjadi saksi fakta bahwa dengan staf minimal yang dimiliki setiap cabang, staf memiliki tugas yang sangat besar untuk merekrut anggota dan sukarelawan, untuk berpartisipasi dalam kegiatan pembangunan perdamaian dan mengelola anggota. Dalam misi ini, kita adalah satu!”

Pendiri Akademi Air Myanmar/Inisiator Future Water Think Tank, Profesor Khin Ni Ni Thein dari Myanmar mengatakan, IWPG secara keseluruhan menemukan bahwa Deklarasi Perdamaian dan Penghentian Perang (DPCW) yang diumumkan oleh HWPL.

“Sebuah kerja sama perdamaian kelompok, berisi jawaban untuk perdamaian, dan mendesak untuk segera menerapkan apa yang terkandung dalam klausul proyek dan mempraktikkannya secara langsung. Karena solidaritas dan dorongan perempuan merupakan kunci penting untuk mewujudkan perdamaian dan menegakkan hukum internasional, maka peran IWPG yang menyatukan perempuan di seluruh dunia tentu sangat penting dalam mewujudkan perdamaian. Oleh karena itu, Rapat Umum Tahunan Cabang Internasional IWPG 2023 sangat penting untuk mewujudkan perdamaian yang berkelanjutan,” ujarnya.

Sedangkan cabang yang baru didirikan meliputi enam cabang di lima negara Melbourne, Australia (Manajer Cabang Marjorie Rose Raimundo); Das es Salaam, Tanzania (Manajer Cabang Pendo Addie), Nairobi, Kenya (Manajer Cabang Sophie); Kampala, Uganda (Manajer Cabang Norris Linda Nakimbugwe); Mandalay (Manajer Cabang Khin Mu Mu Han) di Myanmar, dan Yangon (Manajer Cabang Crystal Po Gyaw) di Myanmar.

Cabang terbaik di setiap kategori dipilih dan masing-masing menerima hadiah sebesar 200.000 KRW dan sertifikat. Cabang Indonesia dipilih untuk liputan media terbanyak. Global Region 2 terpilih untuk Penghargaan Keunggulan Keseluruhan dan menerima hadiah sebesar 500.000 KRW dan sertifikat.

Merayakan hari jadinya yang ke-10 tahun ini, IWPG berupaya terus mendukung kegiatan perdamaian perempuan di seluruh dunia setiap tahun dengan membangkitkan angin perdamaian praktis di seluruh dunia. ***

 

Artikel Terkait
Minta Solidaritas Masyarakat, Ketua IWPG Menyerukan Pelembagaan Perdamaian
Artikel Terkini
Bahas Inklusivitas Keuangan hingga Stabilitas Geopolitik, Menko Airlangga Berbincang Hangat dengan Mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair
PTPN IV Regional 4, Bangun Tempat Wudhu Masjid Tuo
Pj Bupati Maybrat Temukan Fakta Mengejutkan Saat Sidak Kantor Distrik Ayamaru Utara
Pj Bupati Maybrat Sidak SMK Negeri Ayamaru, Minta Pengelola Terapkan SOP Soal Pengunaan Fasilitas Laboratorium
Perjalanan Epik Menuju Rumah: Pengalaman Seru dari Ranca Buaya hingga Cibubur
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas