INDONEWS.ID

  • Selasa, 24/01/2023 11:19 WIB
  • Menteri PPPA Dukung Potensi Perempuan dalam bidang Seni dan Budaya

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
Menteri PPPA Dukung Potensi Perempuan dalam bidang Seni dan Budaya

Jakarta, BULIR.ID - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak/PPPA, I Gusti Ayu Bintang Darmawati mengatakan, perempuan saat ini masih dikategorikan sebagai kelompok rentan dengan menempatkan perempuan pada posisi yang lebih rendah dari laki laki.

Penegasan Menteri PPPA Bintang Darmawati tersebut dikemukakan dalam sambutannya, pada serah terima pengurus MSI periode 2019-2022 serta pelantikan Dewan Pengurus Mitra Seni Indonesia Periode 2023-2026 yang dilaksanakan bersamaan dengan Rapat Umum Anggota Tahunan MSI di Jakarta, Selasa (24/1/23).

Baca juga : Menteri PPPA Puji Nasabah PNM Mekaar Aceh Berhasil Atasi KDRT

Ditegaskan Menteri PPPA, konstruksi sosial tersebut ternyata terbalik karena perempuan ternyata merupakan kekuatan bangsa. Dilihat dari jumlahnya, perempuan mengisi hampir setengah dari populasi di Indonesia. Sehingga perempuan merupakan potensi sumber daya manusia yang luar biasa dalam setiap lini kehidupan, termasuk bidang seni dan budaya.

Karena itu, Menteri PPPA sangat mengapresiasi kiprah Mitra Seni Indonesia sebagai bagian dari Masyarakat Indonesia yang kreatif berkesenian dan berbudaya sesuai khazanah bangsa Indonesia. Menteri PPPA Bintang Darmawati juga memberikan apresiasinya kepada Mitra Seni Indonesia yang terus mendukung peningkatan keterampilan berkesenian dan melestarikan seni budaya.

Baca juga : Menteri PPPA Apresiasi Semangat Juang Nasabah PNM Aceh

Menteri berharap dengan terpilihnya Ketua Umum MSI yang baru dan pelantikan pengurus baru MSI dapat terus berkomitmen dan melanjutkan program pengurus lama untuk bersinergi dan berkolaborasi untuk pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

Sementara itu, Ketua Umum Mitra Seni Indonesia periode 2023-2026 Sari Ramdani Basri mendukung pelestarian seni budaya berbagai daerah di Indonesia. Pelestarian seni budaya merupakan upaya perlindungan dari kerusakan warisan budaya.

Menurut Sari Ramdani Basri yang terpilih kembali untuk masa jabatan 4 tahun kedepan, melalui pelestarian budaya, nilai nilai seni yang ada dalam suatu tradisi dapat tetap dipertahankan meski melalui proses perubahan bentuk budaya.
Mitra Seni Indonesia yang berkiprah sebagai perkumpulan penggiat, pencinta, pelaku dan pemerhati seni di Indonesia sangat peduli untuk terus melestarikan dan mengembangkan kesenian dan budaya.

Baca juga : Menteri PPPA Dukung Komitmen PNM Berdayakan Perempuan

Mitra Seni Indonesia yang beranggotakan sekitar seribu anggota yang mayoritas perempuan dan berusia lanjut usia tidak memudarkan semangat untuk terus berkarya dalam berbagai keahlian seni yang dimiliki MSI melalui berbagai pelatihan yang ada. Diantaranya ada 23 pelatihan seperti Angklung, kolintang, arumba, tangklung, paduan suara, vokal, kawrawiran, seni tari, seni lukis dan lainnya

Sari Ramdani mengatakan, Mitra Seni Indonesia telah berkiprah dalam menyemarakan kegiatan seni dan budaya baik di dalam negeri maupun internasional. Mitra Seni Indonesia sudah beberapa kali mendapat penghargaan dalam bidang kesenian. Pada November 2022 MSI juga ikut berpartisipasi menyemarakan event internasional yaitu acara Post Summit Women Twenty atau W20 di Bali dengan menampilkan para penari MSI.

Sementara itu, Ketua Dewan Pengawas Mitra Seni Indonesia, Sri Harmoko ketika melantik Ketua Umum MSI Sari Ramdani mengharapkan agar Dewan Pengurus yang baru dapat terus berkomitmen untuk melanjutkan apa yang sudah dilakukan pengurus lama dan terus berkiprah untuk memajukan seni budaya di Indonesia.

Sebelum acara serah terima Dewan Pengurus sekaligus pelantikan Ketua Umum dan Dewan Pengurus baru periode 2023-2026, dilakukan pengesahan Laporan Keuangan dan laporan kerja tahun 2022 melalui Rapat Umum Anggota Tahunan. Ketua Umum MSI Sari Ramdani pada kesempatan itu juga menyampaikan terima kasih dan menyematan PIN sebagai tanda apresiasi kepada pengurus lama.

Pada acara pelantikan ini juga ditampilkan berbagai kegiatan seni budaya yang merupakan Kolaborasi Hasil Pelatihan Mitra Seni Indonesia diantaranya Kolaborasi Paduan Suara Seruni dan Kolintang Lintang Manise, Arumba Gemilang,Karawitan Padmokusumo, Kolaborai Paduan Suara Mawar, Kolintang Gabungan dan Line Dance.

Penampilan Kolaborasi Hasil Pelatihan MSI ini dilombakan dengan Dewan Juri yang diketuai Liza,Ayodhia dan Rita Nasution, Aida Mustafa, Endang G Sawarno, Kadek Nur Mantik Dewi Yull, Titik Sandhora sebagai anggota.

Penjurian ini dimaksudkan untuk mengembangkan kreatifitas dalam berseni budaya dan meningkatkan kerjasama antar grup pelatihan dalam melestarikan dan mengembangkan seni budaya Indonesia.

Sekilas mengenai Mitra Seni Indonesia (MSI)

Mitra Seni Indonesia (MSI) adalah perkumpulan yang bersifat nirlaba dan non politik dan berbadan hukum. MSI didirikan pada tanggal 9 Agustus 2007.

MSI merupakan wadah bagi pemerhati atau pencinta dan pelaku seni untuk bersama sama mengembangkan talenta dalam berkesenian.

Mitra Seni Indonesia didirikan oleh Ir.Sanyoto Sastrowardoyo (alm), ibu Susrinah Sanyoto dan Ibu Sri Harmoko. Saat ini anggota MSI berjumlah hampir 986 orang.

Mitra Seni Indonesia memiliki berbagai kelompok pelatihan diantaranya angklung,arumba, kolintang dan tangklung, paduan suara, seni lukis, karawitan, tari tradisional, line dance olah vokal dan terbuka bagi masyarakat yang mencintai seni.

Website Mitra Seni : www.mitraseniindonesia.com

Artikel Terkait
Menteri PPPA Puji Nasabah PNM Mekaar Aceh Berhasil Atasi KDRT
Menteri PPPA Apresiasi Semangat Juang Nasabah PNM Aceh
Menteri PPPA Dukung Komitmen PNM Berdayakan Perempuan
Artikel Terkini
Pj Gubernur Agus Fatoni Harapkan Pelaksanaan PSN di Sumsel Berjalan Dengan Lancar
Pj Gubernur Agus Fatoni Buka Syariah Festival Sriwijaya 2024 BI Perwakilan Sumsel
Awarding Innovillage: Wujud Nyata Kolaborasi Perguruan Tinggi dan Industri dalam Membangkitkan Talenta Digital Masa Depan
Siapkan Penyusunan Peraturan Pembangunan Ekonomi Jangka Panjang, Delegasi Baleg DPR RI Berdiskusi dengan Pemerintah Kenya
Bakti Sosial dan Buka Puasa Bersama Alumni AAU 93 di HUT TNI AU ke-78
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas