INDONEWS.ID

  • Selasa, 24/01/2023 21:38 WIB
  • F1 Powerboat Toba 2023, Dongkrak Pariwisata Tumbuhkan Ekonomi UMKM

  • Oleh :
    • very
F1 Powerboat Toba 2023, Dongkrak Pariwisata Tumbuhkan Ekonomi UMKM
Menpora Zainudin Amali. (Foto: Ist)

 

Jakarta, INDONEWS.ID - Ajang balapan bergengsi F1 Powerboat (F1 H2O) World Championship diyakini kembali mendongkrak sektor pariwisata Indonesia di mata dunia. Selain itu ajang balap super cepat di atas air ini juga akan menggairahkan pertumbuhan ekonomi khususnya bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Baca juga : Menko Airlangga: Indonesia Percepat Pembangunan Ekonomi Dengan Reformasi Struktural dan Tingkatkan Daya Saing

"Saya perlu sampaikan bahwa arahan Presiden Joko Widodo setelah kita dilanda oleh pandemi COVID-19, harus ada upaya-upaya untuk mendorong kembali pertumbuhan ekonomi. Dan salah satunya melalui kegiatan-kegiatan pariwisata dan desain olahraga seperti F1 H20 Toba 2023 ini," kata Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, di Jakarta, Selasa (24/1/2023).

Dia pun berharap mulai dari masyarakat, tokoh-tokoh agama dan adat hingga semua elemen yang ada di wilayah Danau Toba turut membantu dan menyukseskan event internasional yang akan di diselenggarakan di Danau Toba, Sumatera Utara pada 24-26 Februari 2023 tersebut.

Baca juga : Lembaga Pemeringkat Moodys Pertahankan Rating Kredit Indonesia sebagai Negara Layak Tujuan Investasi dengan Outlook Stabil

"Saya juga mengimbau kepada masyarakat dan pengusaha yang ada disana ikut bantu kesuksesan F1 H2O," tukasnya seperti dikutip dari siaran pers.

Amali kemudian mengungkapkan jika 2023 akan menjadi tahun dengan banyak kegiatan olahraga, salah satunya yang juga menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA U20. Kegiatan-kegiatan tersebut dikatakan Amali menunjukkan kepercayaan dunia terhadap Indonesia dalam menyelenggaraan kegiatan bertaraf internasional.

Baca juga : J&T Cargo Beri Penghargaan Best Service Otlet

“Ratusan negara akan menyaksikan kegiatan ini. Dengan banyaknya kegiatan-kegiatan olahraga internasional tentu akan turut meningkatkan kunjungan wisata di Indonesia,  sekaligus meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional," tukasnya. 

Pada kesempatan tersebut Menpora secara khusus menyampaikan terimakasih kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) yang turut masif membatu sosialisasi F1 H2O Toba 2023.

"Terimakasih kepada Kemkominfo yang telah membantu menyebar luaskan informasi kegiatan F1H2O Toba 2023 kepada masyarakat khususnya kepada teman-teman media dan jurnalis internasiona,” katanya.

 

Dukungan Infrastruktur Telekomunikasi Kemkominfo

Sementara saat yang sama, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Dirjen IKP Kominfo), Usman Kansong memastikan jika fasilitas komunikasi khususnya jaringan internet saat gelaran F1 H20 Toba 2023 setara dengan fasilitas yang disiapkan pada MotoGP Mandalika 2022 lalu.

“Kominfo sudah berkoordinasi dengan operator seluler misalnya Telkom dan Telkomsel serta yang lain-lain agar komunikasi dalam penyelenggaraan F1 H20 Toba 2023 ini lancar, sebagaimana fasilitas komunikasi yang kita siapkan ketika MotoGP Mandalika (2022),” ujar Usman.

Kementerian Kominfo, katanya, akan memiliki dua tugas utama, yakni memastikan kesiapan infrastruktur telekomunikasi dan melaksanakan komunikasi publiknya.

Penyediaan infrastruktur komunikasi akan dilakukan oleh Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI). Sementara terkait komunikasi publik, akan dilakukan oleh Ditjen IKP.

“Kemarin Pak Menko Marves sudah berkoordinasi dengan Menkominfo untuk penyiapan fasilitas internet dan fasilitas telekomunikasi lainnya,” katanya.

Dengan penyiapan infrastruktur telekomunikasi ini, awak media baik lokal, nasional dan luar negeri yang hadir meliput bisa nyaman dan lancar dalam bekerja, khususnya ketika mengirim video, gambar hingga berita ke kantor atau negara masing-masing.

“Kita mendapatkan pujian karena kapasitas internetnya ini 5G (pada MotoGP Mandalika 2022), sehingga mereka cepat sekali saat mengirimkan gambar-gambar ke negara masing-masing,” ujar Usman.

Sedangkan dalam komunikasi publik, lanjut Dirjen Usman, Kementerian Kominfo bertugas mengomunikasikan kepada masyarakat secara luas tentang penyelenggaraan F1 H2O Toba 2023.

Untuk itu Kementerian Kominfo akan menyiapkan fasilitas peliputan awak media, mulai dari registrasi, Media Center dan sejumlah fasilitas lainnya.

“Kami juga mencoba berkontak atau berkoordinasi dengan sejumlah media asing karena ini adalah event internasional yang penggemarnya sangat banyak penontonnya bisa sampai sekitar 140 juta (orang) yang nonton lewat televisi dan juga yang datang langsung ke Danau Toba,” tutur Dirjen IKP.

Penyelenggaraan F1 H20 Toba 2023, selain menjadi agenda balap dunia lebih penting lagi adalah mempromosikan Danau Toba sebagai destinasi super prioritas.

Mendukung yang disampaikan Menpora, Usman pun menegaskan jika penyelenggaraan akan turut kembali mendorong bangkitnya UMKM, khususnya yang ada di sekitar Danau Toba.

“Oleh karena itu kami mohon kesediaan teman-teman media Untuk menginformasikan kepada publik, kepada masyarakat tentang penyelenggaraan F1 H20 Toba 2023 ini,” pungkas Usman.

Danau Toba Sumatera Utara pada ajang F1 H20 2023 diyakini akan menjadi tujuan kunjungan jutaan wisatawan di 2023.  Pemerintah menargetkan 1,3 juta perjalanan akan menuju ke Danau Toba, nasional maupun internasional. ***

Artikel Terkait
Menko Airlangga: Indonesia Percepat Pembangunan Ekonomi Dengan Reformasi Struktural dan Tingkatkan Daya Saing
Lembaga Pemeringkat Moodys Pertahankan Rating Kredit Indonesia sebagai Negara Layak Tujuan Investasi dengan Outlook Stabil
J&T Cargo Beri Penghargaan Best Service Otlet
Artikel Terkini
Cegah Perang yang Lebih Besar, Hikmahanto Sarankan Menlu Retno untuk Telepon Menlu Iran Agar Tidak Serang Balik Israel
Menakar Perayaan Idulfitri dengan Kearifan Lokal Secara Proporsional
Pj Bupati Maybrat Sidak Kantor Distrik Ayamaru Jaya, Ini yng Dijumpai
Bahas Inklusivitas Keuangan hingga Stabilitas Geopolitik, Menko Airlangga Berbincang Hangat dengan Mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair
PTPN IV Regional 4, Bangun Tempat Wudhu Masjid Tuo
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas