INDONEWS.ID

  • Rabu, 25/01/2023 20:55 WIB
  • BSKDN Imbau Pemprov Jambi Segera Daftarkan Inovasinya

  • Oleh :
    • luska
BSKDN Imbau Pemprov Jambi Segera Daftarkan Inovasinya

Jambi, INDONEWS.ID - Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengimbau Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi agar segera mendaftarkan inovasi yang dimilikinya. Pesan tersebut disampaikan Kepala BSKDN Yusharto Huntoyungo saat melaksanakan kunjungan kerja ke Provinsi Jambi pada Rabu, 25 Januari 2023. 

Dalam sambutannya, Yusharto berharap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Jambi turut aktif menyumbangkan pemikirannya untuk mengembangkan inovasi yang dimiliki daerahnya. Sementara itu, menurut Yusharto pada dasarnya inovasi tidak lahir dari Lembaga Penelitian dan Pengembangan (Litbang), melainkan dari OPD yang kreatif dan mau mengikuti perkembangan yang ada. 

Baca juga : Kunjungi Papua Tengah, BSKDN Kemendagri Tegaskan Pentingnya Inovasi Dilihat dari Sudut Pandang Penerima Manfaat

"Lembaga penelitian hanya sebagai fasilitator untuk mereka (OPD) supaya mau mendaftarkan pemikiran-pemikiran kreatif yang dimilikinya," ungkapnya 

Yusharto mengungkapkan, inovasi yang didaftarkan dalam gelaran Innovative Government Award (IGA) setiap tahunnya baru bisa dinilai ketika usia inovasinya telah mencapai 2 tahun. Artinya inovasi tersebut sudah melewati uji coba terlebih dahulu. Dia menambahkan, untuk inovasi yang berumur lebih dari dua tahun bisa dilakukan pembaharuan agar dapat diikutsertakan kembali dalam gelaran IGA. 

Baca juga : Identifikasi Daerah Pilot Project, BSKDN Kemendagri Dukung Pertumbuhan Iklim Inovasi di Daerah 3T

"Mungkin inovasi yang sudah didaftarkan di tahun 2020 ini menjadi cadangan untuk diperbaharui lagi, lalu didaftarkan sebagai inovasi di tahun 2023 ini," jelasnya. 

Dalam kunjungannya tersebut, Yusharto berharap Pemprov Jambi dapat mengembangkan inovasi yang menarik dan dekat dengan masyarakat. Dia mencontohkan, OPD bisa mulai menciptakan inovasi dari sesuatu yang dekat dengan masyarakat misalnya aktivitas olahraga. 

Baca juga : BSKDN Kemendagri Berkomitmen Dampingi 4 DOB Papua Percepat Pertumbuhan Daerah dengan Inovasi

"Katakanlah di Dinas Pemuda dan Olaharga, selama ini anak-anak susah banget disuruh olahraga, makanya pertumbuhannya terkendala, dalam hal ini bagaimana inovasi bisa membuat olahraga menjadi aktivitas yang menyenangkan," tuturnya.

Yusharto berharap di tahun-tahun mendatang, OPD Pemprov Jambi akan semakin baik dalam menjalankan tugasnya, terlebih dalam mengembangkan inovasi yang telah dimiliki Provinsi Jambi. Dirinya mengatakan, BSKDN mewakili pemerintah pusat terus mendorong peningkatan kualitas inovasi di daerah termasuk di Provinsi Jambi. 

"Kami mendorong Provinsi Jambi untuk terus meningkatkan kualitas kematangan inovasi daerahnya, kami juga berharap Jambi akan melahirkan inovasi-inovasi yang bagus di tahun ini dan tahun-tahun mendatang," pungkas Yusharto. (Lka)

Artikel Terkait
Kunjungi Papua Tengah, BSKDN Kemendagri Tegaskan Pentingnya Inovasi Dilihat dari Sudut Pandang Penerima Manfaat
Identifikasi Daerah Pilot Project, BSKDN Kemendagri Dukung Pertumbuhan Iklim Inovasi di Daerah 3T
BSKDN Kemendagri Berkomitmen Dampingi 4 DOB Papua Percepat Pertumbuhan Daerah dengan Inovasi
Artikel Terkini
Bakti Sosial dan Buka Puasa Bersama Alumni AAU 93 di HUT TNI AU ke-78
Satgas BLBI Tagih dan Sita Aset Pribadi Tanpa Putusan Hukum
Gelar Rapat Koordinasi Nasional, Pemerintah Lanjutkan Rencana Aksi Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan
Pj Bupati Maybrat Diterima Asisten Deputi Bidang Pengembangan Kapasitas SDM Usaha Mikro
Pj Bupati Maybrat Temui Tiga Jenderal Bintang 3 di Kemenhan, Bahas Ketahanan Pangan dan Keamanan Kabupaten Maybrat
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas