INDONEWS.ID

  • Kamis, 26/01/2023 13:09 WIB
  • Galang Kerja Sama Pelestarian Hutan Tropis, Menko Luhut Gandeng Kongo-Kinshasa

  • Oleh :
    • luska
Galang Kerja Sama Pelestarian Hutan Tropis, Menko Luhut Gandeng Kongo-Kinshasa

Kongo, INDONEWS.ID - Usaai kunjungan kerja ke Kenya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menkomarinves), Luhut Binsar Pandjaitan melanjutkan perjalanannya ke Kinshasa, Republik Demokratik Kongo, Minggu, 22 Januari 2023. Ketibaan Menko Luhut disambut hangat oleh Menteri Perindustrian Kongo, Julien Paluku Kahongya, di Bandara N’djili International Airport. Salah satu tujuan kunjungan tersebut adalah kelanjutan dari pertemuan Menko dengan Presiden Kongo, Felix Tshisekedi di Davos beberapa hari sebelumnya.

Dalam pertemuan dengan Perdana Menteri Republik Demokratik Kongo, Jean-Michel Sama Lukonde di kantornya, Senin 23 Januari 2023, Menko Luhut menyampaikan bahwa Indonesia memandang Kongo sebagai mitra strategis dalam Kerja Sama Selatan – Selatan, terutama dalam hal  perlindungan hutan tropis, dan pengelolaan mineral kritis (critical minerals). Indonesia dan Republik Demokratik Kongo, dan Brasil telah menandatangani pakta untuk melindungi hutan tropis global  pada tanggal 14 November 2022 lalu di sela-sela KTT G-20 di Bali. Dengan bekerja sama, diharapkan Indonesia, Kongo , dan Brasil dapat mengendalikan harga carbon credit sehingga bermanfaat bagi pengelolaan hutan tropis yang berkelanjutan.

Perdana Menteri Lukonde menyampaikan apresiasinya atas keberhasilan Indonesia dalam menyelenggarakan KTT G-20 dan berterimakasih kepada Indonesia karena selalu membawa suara negara berkembang dalam forum-forum global. Lukonde menyampaikan bahwa Kongo dapat belajar banyak dari Indonesia, terutama dalam hal pengelolaan sumber daya alam untuk pembangunan, industrialisasi berkelanjutan, dan digitalisasi pemerintahan. Karenanya beliau mengusulkan agar Indonesia dan Kongo dapat membentuk suatu forum ekonomi Bersama untuk membahas peluang-peluang kerja sama yang dapat dijajaki antara kedua negara.

Usai bertemu dengan Perdana Menteri Kongo, Menko Luhut bersama Dubes RI di Nairobi, Mohamad Hery Saripudin, tiga pejabat Deputi dari Kemenkomarinves, dan Direktur Afrika Kementerian Luar Negeri berpartisipasi dalam diskusi teknis yang dipimpin oleh Wakil Perdana Menteri Bazaiba. Dalam kesempatan tersebut Menteri Keuangan, Menteri Hidrokarbon, Menteri Perindustrian, dan wakil dari Kementerian Pertambangan Kongo secara bergantian menjelaskan mengenai berbagai potensi kerja sama yang dapat dijajaki antara kedua negara. 

Menko Luhut menyambut baik penjelasan pihak Kongo dan menyampaikan bahwa Indonesia siap membantu pembangunan Kongo dengan cara berbagi pengalaman dalam upaya pembangunan dan kerja sama ekonomi. Di akhir pertemuan, Menko Luhut dan Wakil Perdana Menteri Bazaiba menandatangani butir-butir kesepakatan (Minutes of Meeting) sebagai langkah maju untuk meningkatkan hubungan strategis kedua negara. (Lka)
 

Artikel Terkait
Artikel Terkini
Hadiri Upacara Hari Otonomi Daerah Tingkat Nasional, Pj Gubernur Agus Fatoni Sebut Capaian Ekonomi di Sumsel Sangat Baik
Ke Perbatasan Papua, BNPP Pastikan Pembangunan Infrastruktur Berjalan
Sri Agustin, Nasabah Mekaar Yang Dipuji Jokowi Berbagi Tips Eksis Jalani Usaha Sambel
DJP Jaksel II Resmikan Tax Center STIH IBLAM
Prof Tjandra: Lima Komponen Penting Pengendalian Malaria
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas