INDONEWS.ID

  • Senin, 06/02/2023 13:46 WIB
  • KBRI Stockholm Hadirkan Promosi Pariwisata, Kopi dan Budaya di Balttour 2023

  • Oleh :
    • luska
KBRI Stockholm Hadirkan Promosi Pariwisata, Kopi dan Budaya di Balttour 2023

Stockholm, INDONEWS.ID - KBRI Stockholm kembali berpartisipasi pada Balttour 2023, pameran pariwisata terbesar di kawasan Baltik (Estonia, Latvia, Lithuania). Setelah sempat vakum pada periode 2021-2022 akibat pandemi, Balttour 2023 diselenggarakan kembali pada 3-5 Februari 2023 di International Exhibition Centre, Kipsala, Riga, Latvia. 

Pameran dibuka oleh Menteri Ekonomi Latvia, Ilze Indriksone. “Pariwisata membawa kerja sama lintas sektoral dan juga mendorong ekspor. Saya senang melihat sector pariwisata juga membawa kreativitas dan berinvestasi pada produk baru di masa yang sulit ini. Acara ini akan membuka langkah baru bagi pameran-pameran lainnya sepanjang tahun,” ujarnya saat membuka pameran.

Baca juga : Indonesia Dorong Alih Pengetahuan dan Teknologi Clean Tech dari Swedia

Balttour 2023 menghadirkan 253 Travel Agent/Travel Operator dari 32 negara sebagai partisipan dan dihadiri oleh kurang lebih 8.000 pengunjung selama tiga hari penyelenggaraan pameran. KBRI Stockholm bekerja sama dengan travel operator Asienparadisresor untuk memberikan informasi dan paket wisata, serta informasi peraturan terbaru untuk memasuki Indonesia, baik terkait visa maupun Covid-19. 

Booth Indonesia dipadati oleh pengunjung yang sangat antusias dan berencana mengunjungi Bali pada musim gugur ataupun musim dingin tahun ini. ”Saya belum pernah ke Indonesia ataupun ke Bali. Tetapi dari yang saya dengar, Bali sangat menarik dan alamnya sangat indah. Oleh karena itu, tahun ini saya berencana untuk berkunjung ke Bali, paling tidak sekali seumur hidup,” ujar Anton, salah satu pengunjung di booth Indonesia.

Beberapa pengunjung lainnya pernah berkunjung ke Indonesia, dan menyampaikan minatnya untuk berkunjung kembali. ”Saya sudah pernah berwisata ke Nusa Penida, Lombok, dan Labuan Bajo. Saya tertarik untuk berkunjung kembali ke daerah-daerah lainnya di Indonesia,” ujar Mikail.

KBRI Stockholm juga mempromosikan budaya Indonesia, bekerja sama dengan Bagusföreningen, kelompok kesenian masyarakat Indonesia di Malmö, Swedia. Para pengunjung pameran antusias melihat penampilan Tari Tandok dari Sumatra Utara, dan Tari Enggang, dari Kalimantan Timur.

”Kita ingin mengedepankan lima destinasi super-prioritas di Indonesia kepada konsumen di Latvia secara khusus dan kawasan Baltik secara umum. Oleh karena itu, seni tarian yang kita tampilkan pada Balttour 2023 adalah seni tari dari Sumatra dan Kalimantan.”, demikian ditekankan oleh Duta Besar RI untuk Swedia merangkap Latvia, Kamapradipta Isnomo. 

Tidak hanya budaya, promosi kopi Indonesia juga menjadi agenda KBRI Stockholm pada Balttour 2023, bekerja sama dengan roastery dari Latvia. Booth Indonesia menyajikan coffee tasting menggunakan kopi dengan varian Indonesia dan Rigas Gailis (Rising Rooster), yang merupakan produk Rocket Bean Roastery menggunakan biji kopi asal Sigarar Utang, Jawa Barat. Para pengunjung menikmati harumnya kopi Indonesia dengan taste notes cokelat, stroberi dan markisa.
Rocket Bean Roastery merupakan salah satu roastery terkemuka di Latvia yang kerap mendapat penghargaan pada kompetisi kopi internasional. Biji kopi asal Indonesia menjadi salah satu produk high-end specialty coffee pada roastery tersebut, selain biji kopi asal Brazil, Ethiopia, Kenya, dan Kolombia.
Tingkat kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) dari Latvia ke Indonesia meningkat sebesar 5 kali lipat pada periode 2021-2022.

Wisman asal Latvia merupakan kategori middle range spender dengan rata-rata durasi berwisata ke Indonesia selama 12-20 hari. Pembukaan kembali pariwisata internasional Indonesia, fasilitas e-VoA dan antusiasme publik Latvia untuk berkunjung ke Bali mendukung proyeksi peningkatan kunjungan wisman asal negara tersebut di tahun-tahun mendatang. (Lka)

Artikel Terkait
Indonesia Dorong Alih Pengetahuan dan Teknologi Clean Tech dari Swedia
Artikel Terkini
Penghargaan Ke 5 Dari Seven Media Asia: Pemimpin Inspiratif Terbaik 2024
Plt. Sekjen Kemendagri Dorong 13 Provinsi Percepat Implementasi Program Bedah Jantung Terbuka
Mendagri Pacu Pemda di Jawa Barat Tingkatkan Pendapatan dan Optimalkan Penggunaan Anggaran
Indonesia dapat menjadi pemimpin dunia industri energi terbarukan
PNM Peduli Ajak Generasi Muda Aktif dalam Kegiatan Sosial
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
vps.indonews.id