INDONEWS.ID

  • Jum'at, 31/03/2023 17:10 WIB
  • Optimalkan Channel Digital, Bank Mandiri Gandeng Prudential Indonesia Percepat Pembayaran Klaim

  • Oleh :
    • luska
Optimalkan Channel Digital, Bank Mandiri Gandeng Prudential Indonesia Percepat Pembayaran Klaim

Jakarta, INDONEWS.ID – Bank Mandiri berkolaborasi dengan PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) dalam mempercepat pembayaran klaim pemegang polis melalui pemanfaatan channel digital perseroan. 

Dalam kerjasama ini, pemegang polis Prudential yang juga nasabah Mandiri kartu kredit dapat memanfaatkan fitur Pre Authorization di mesin EDC Bank Mandiri. Pada fitur ini, limit kartu kredit akan di-hold sementara, sehingga nasabah dapat pulang lebih cepat tanpa perlu menunggu perhitungan penyelesaian klaim dari Prudential Indonesia. 

Baca juga : Fenomenal, Bank Mandiri Catatkan Total Aset di Kuartal III 2023 Tembus Rp 2.007 Triliun, Rekor Baru di Indonesia

Pada tahap awal, kolaborasi ini akan direalisasikan untuk mempercepat proses penyelesaian klaim di dua rumah sakit rekanan Prudential Indonesia yang juga mitra Bank Mandiri yaitu Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading dan Mitra Keluarga Kemayoran.

Pejabat Eksekutif Treasury & International Banking Bank Mandiri Eka Fitria menjelaskan, kolaborasi ini sangat strategis guna mendukung masyarakat mendapatkan layanan kesehatan terbaik dengan cepat, sekaligus memperkuat penetrasi transaksi digital di sektor kesehatan masyarakat. 

Baca juga : Melesat Menuju Masa Depan, Bank Mandiri Injak Gas Transaksi QRIS dan BI-Fast

”Dengan semakin mudahnya pemegang polis memproses penyelesaian klaim, kami berharap nasabah Prudential Indonesia dan Bank Mandiri akan semakin nyaman dan tentunya aman saat melakukan proses penyelesaian klaim. Dengan kerja sama baik ini, ke depannya kami sangat terbuka untuk dapat melakukan berbagai sinergi bisnis bersama Prudential Indonesia untuk mencapai tujuan bersama,” ujar Eka di Jakarta, Jumat (31/3).

Eka menambahkan, seiring dengan visi menjadi mitra perbankan terbaik melalui layanan digital yang handal, pihaknya terus berupaya mengoptimalkan dukungan channel pembayaran digital perseroan, yakni melalui wholesale platform Kopra by Mandiri, aplikasi Livin’ by Mandiri untuk nasabah ritel, Mandiri ATM, Mandiri EDC, serta layanan online lainnya.

Baca juga : Solid! Sinergi Bank Mandiri dan Perusahaan Anak Dorong Kinerja dan Inklusi

Hasilnya, pada akhir 2022 lalu, Kopra by Mandiri berhasil mendorong pertumbuhan transaksi wholesale menjadi 885 juta transaksi, tumbuh 43% secara yoy, dengan kenaikan nilai transaksi cash management sebesar 21% menjadi Rp13.837 triliun pada Desember 2022. Pada periode yang sama, transaksi nasabah ritel pada Livin’ by Mandiri tercatat sebanyak 1.939 juta transaksi, naik sekitar 60%, dengan nominal transaksi juga bertambah sekitar 50% secara yoy menjadi Rp2.435 triliun

Sementara itu, dr. Dian Budiani, Chief Operations & Health Prudential Indonesia, mengatakan kerjasama ini akan memperkuat jangkauan layanan PRUSpeed Claim sehingga semakin banyak nasabah yang memperoleh kenyamanan dan kemudahan dari layanan ini.

Layanan PRUSpeed Claim memberikan kemudahan bagi nasabah dalam melakukan proses pengumpulan dokumen pendukung, prosedur administrasi, hingga pengiriman dokumen yang dilakukan langsung oleh rumah sakit melalui PRUMedical Network (PMN), layanan penjaminan klaim non tunai berbasis web yang dikelola langsung oleh Prudential Indonesia. Proses review penjaminan PRUSpeed Claim akan berlangsung selama maksimal 5 hari kerja dan pengembalian dana dilakukan oleh pihak rumah sakit antara 7 hingga 14 hari kerja

“Salah satu kemudahan dan kenyamanan yang diperoleh nasabah adalah mengurus proses  kepulangan dari rumah sakit lebih cepat dengan hold limit kartu kredit dengan menggunakan mesin EDC dari Bank Mandiri. Nasabah dapat meninggalkan rumah sakit dan beristirahat di rumah, sementara seluruh proses administrasi (termasuk proses pengembalian limit kartu kredit setelah klaim disetujui) akan dibantu oleh pihak rumah sakit. Kami sangat mengapresiasi kemitraan dengan Bank Mandiri yang memiliki semangat yang sama dengan Prudential Indonesia dalam konsistensi melakukan inovasi. Hal ini juga sejalan dengan komitmen Prudential Indonesia untuk memberikan pengalaman terbaik bagi nasabah sehingga yakin melangkah bersama Prudential Indonesia untuk mendapatkan yang terbaik dalam kehidupan.”

Saat ini, layanan PRUSpeed Claim tersedia di Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading dan Mitra Keluarga Kemayoran. Guna memberikan kenyamanan kepada nasabah, Prudential Indonesia terus membuka peluang kerja sama dengan rumah sakit rekanan PRUMedical Network yang tersebar di lebih dari 2.000 rumah sakit, klinik, optik, dan lab termasuk jaringan preferred di 94 rumah sakit di 34 kota di Indonesia serta 6 rumah sakit di Asia Tenggara (Malaysia dan Singapura), yang eligible untuk diimplementasikan fitur Pre Authorization di mesin EDC Bank Mandiri. (Lka)

Artikel Terkait
Fenomenal, Bank Mandiri Catatkan Total Aset di Kuartal III 2023 Tembus Rp 2.007 Triliun, Rekor Baru di Indonesia
Melesat Menuju Masa Depan, Bank Mandiri Injak Gas Transaksi QRIS dan BI-Fast
Solid! Sinergi Bank Mandiri dan Perusahaan Anak Dorong Kinerja dan Inklusi
Artikel Terkini
PNM Gelar Studi Banding Anyaman bagi Ketua Kelompok Unggulan Mekaar di Cirebon
Jamin Keselamatan Warga Sipil, Komnas HAM Dorong Pendekatan Terukur di Papua
Sebanyak 14 Meninggal Akibat Tanah Longsor di Tana Toraja
Serangan Israel Terhadap Kedubes Iran Dapat Memicu Perang Dunia III
Momen Libur Lebaran Berdampak Positif bagi Ekonomi Kreatif, Ini Kata Menteri Sandiaga Uno
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas