INDONEWS.ID

  • Senin, 03/04/2023 10:57 WIB
  • KBRI Tokyo & Pemprov Bali Hadirkan Promosi Seni Budaya Bali di Jepang

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
KBRI Tokyo & Pemprov Bali Hadirkan Promosi Seni Budaya Bali di Jepang

Jakarta, INDONEWS.ID - Lebih dari 300 tamu undangan menikmati sensasi nuansa Pulau Bali dalam gelaran promosi budaya dan pariwisata Bali, kolaborasi Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo dengan Pemerintah Provinsi Bali di Wisma Duta di Tokyo pada Minggu, 2 April 2023.

Acara yang dihadiri Gubernur Bali I Wayan Koster, sejumlah duta besar asing di Jepang, operator serta agen travel Jepang, dan friends of Indonesia ini dimeriahkan oleh peragaan busana karya desainer Turah Mayun, Taksu Desain, dan Body and Mind, serta sajian kuliner khas Bali.

Baca juga : KBRI Tokyo & OJK Gelar Edukasi Keuangan Bagi Diaspora dan Pekerja Migran Indonesia di Tokyo, Jepang

Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang Heri Akhmadi yang didampingi Ibu Nuning Akhmadi menjelaskan, kegiatan ini dilakukan agar Bali tetap menjadi destinasi wisata pilihan utama bagi Jepang.
“Bali masih menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi warga Jepang. Selain 5 destinasi wisata super prioritas Indonesia, KBRI Tokyo terus mempromosikan Bali, agar Indonesia khususnya Bali terus menjadi destinasi top of mind bagi warga Jepang. Hari ini selain menonton pergelaran wastra dan fesyen khas Bali para tamu undangan merasakan masakan Bali yang lezat dan otentik,” ujar Dubes Heri yang juga didampingi Koordinator Fungsi Pensosbud KBRI Tokyo Meinarti Fauzie, Diplomat Muda Mukti R. Setianto, Jurman Saputra Nazar, dan jajaran KBRI Tokyo lainnya.

“Acara promosi Bali ini hanyalah satu tema acara yang merupakan bagian dari peringatan 65 tahun hubungan Indonesia - Jepang di 2023 ini. Setelah ini, dalam acara Resepsi Diplomatik akan kami gelar dengan Tema Batak. Lalu juga akan ada promosi seni budaya dari wilayah-wilayah lainnya di Indonesia. Hal ini dilakukan untuk pengembangan potensi kerja sama Jepang dengan wilayah-wilayah tersebut di Indonesia,” tambahnya.

Baca juga : Indonesia Investment Forum KBRI Tokyo - Bank Indonesia: Dubes Heri Akhmadi Optimis Investasi Jepang ke Indonesia Terus Meningkat

Gubernur Bali I Wayan Koster mengapresiasi dukungan penuh dari Dubes Heri Akhmadi beserta jajaran KBRI Tokyo atas terselenggaranya Promosi Seni dan Budaya Bali di Jepang.

“Terima kasih kepada Bapak Heri Akhmadi atas kesempatan untuk mempromosikan Bali di Jepang dalam rangka perayaan 65 tahun Indonesia – Jepang. Kami juga berkesempatan mempromosikan produk lokal Bali kepada masyarakat Jepang dan kalangan diplomatik melalui tampilan para desainer yang berkualitas dengan karya-karya yang menggunakan produk-produk lokal Bali.

Baca juga : KBRI Tokyo Fasilitasi Kerja Sama Pembangunan Gedung Baru Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita

Busana pengantin karya Turah Mayun menampilkan model busana adat Payas Gede Karangasem, Payas Ningrat Buleleng dan Payas Agung Denpasar yang dibuka dengan Tari Topeng Tua. Tamu undangan juga menikmati alunan suling Bali Gus Teja dan tampilan Genjek Bali dari Sanggar Bli Bagus.

Selain tarian dan peragaan busana para tamu undangan juga berkesempatan menyaksikan pameran berbagai jenis kerajinan dari Bali. Di antaranya adalah kain tradisional, perhiasan perak, anyaman dan kerajinan tangan.

Sembari menikmati nuansa Bali di Wisma Duta, para tamu undangan juga berkesempatan menyantap sajian aneka ragam kuliner khas Bali. Hidangan khas Bali yang tersaji diantaranya adalah Ayam Betutu, Jukut Sayur, Cumi dan Ikan Sambal Matah, Pepes Tahu Bali dan Telor Bumbu Genep.

Artikel Terkait
KBRI Tokyo & OJK Gelar Edukasi Keuangan Bagi Diaspora dan Pekerja Migran Indonesia di Tokyo, Jepang
Indonesia Investment Forum KBRI Tokyo - Bank Indonesia: Dubes Heri Akhmadi Optimis Investasi Jepang ke Indonesia Terus Meningkat
KBRI Tokyo Fasilitasi Kerja Sama Pembangunan Gedung Baru Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita
Artikel Terkini
Menko Airlangga: Hingga Juni 2024, KEK Berhasil Catatkan Realisasi Investasi Rp205,2 triliun dan Serap 132.227 Tenaga Kerja
Penghargaan Ke 5 Dari Seven Media Asia: Pemimpin Inspiratif Terbaik 2024
Plt. Sekjen Kemendagri Dorong 13 Provinsi Percepat Implementasi Program Bedah Jantung Terbuka
Mendagri Pacu Pemda di Jawa Barat Tingkatkan Pendapatan dan Optimalkan Penggunaan Anggaran
Indonesia dapat menjadi pemimpin dunia industri energi terbarukan
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
vps.indonews.id