INDONEWS.ID

  • Senin, 03/04/2023 16:29 WIB
  • Pentingnya Kerjasama Dunia Usaha dan Perguruan Tinggi Dimasa Resesi Ekonomi

  • Oleh :
    • luska
Pentingnya Kerjasama Dunia Usaha dan Perguruan Tinggi Dimasa Resesi Ekonomi

Jakarta, INDONEWS.ID - Kira-kira demikian risalah pertemuan antara Asosiasi Pengusaha Pemasok Pasar Modern (AP3MI), Universitas Insan Pembangunan Indonesia (UNIPI Tangerang) dan LSPPI di Alam Sutera 29 Maret 2023 lalu.

Mrnurut Djohan Rahmat Ketua Umum AP3MI yang juga Direktur PT. Tarunakusuma Purinusa produksi kapas selection mengatakan: "a. Dunia usaha dan Pendidikan  membutuhkan SDM yang terampil dan berkualitas. Oleh sebab itu pendidikan memiliki peran sangat penting dalam mempersiapkan tenaga kerja yang siap memasuki dunia kerja. Dunia usaha dapat memberikan masukkan dan dukungan untuk pengembangan kurikulum, program pelatihan yang relevan dengan kebutuhan industri atau dunia usaha, yang dapat disiasati oleh dunia pendidikan menyiapkan peserta didik untuk magang kepada Industri tersebut sesuai kebutuhannya. b. Demikian juga Pemerintah bersama Dunia pendidikan dapat menghadirkan lulusan yang berkualitas untuk berpartisipasi dalam pembangunan negara, apalagi dunia sedang menghadapi resesi ekonomi, maka harus selektif dalam mempekerjakan karyawan atau SDM" ungkap Johan siang itu.

Baca juga : Diuntungkan dengan Pasar Domestik yang Kuat, Pemerintah Tetap Waspadai Pelambatan Kinerja Ekspor

Senada dengan Ketum.AP3MI pendapat Yenny Purnama Ketua Budang Pendidian AP3MI dan Direktur PT. Kobe Boga Utama menginisasi kerjasama antara Lembaga Sertifikasi Profesi Pemasok Pasar Indinesia (LPPSI), AP3MI dan Universitas Insan Pembangunan Indonesia yang melibatkan mahasiswa/i untuk dilatih dan dididik tentang dunia usaha apakah industri atau perusahaan perdagangan sesuai skema dari LSPPPI, serta program sertifikasi pemagangan dari 100 lebih perusahaan dibawah AP3MI.

Pada diskusi tersebut Francisca Sestri rektor UNIPI Tangerang menyambut baik rencana kolaborasi dunia usaha- dunia pendidikan, agar outcame dari Kampusnya memiliki daya saing, mengikuti perubahan teknologi dan berjiwa entrepreneur pada saat mereka bekerja.

Baca juga : Diskusi Akhir Tahun Proklamasi Democracy Forum: Pemerintah Harus Lebih Terbuka Hadapi Kritik

Tatang Iman Sadewo pelaku usaha bidang industri plastik dan dosen tetap pasca sarjana menawarkan penjajagan hubungan kerja ABG+ Community (Akdemik,Bisnis, Pemerintah dan Komunitas) dengan Kemenaker berkaitan dengan BNSP yang dibutuhkan dunia usaha, ungkapnya kepada Indonews melalui sambungan WA. 

Baca juga : BKPM Rilis Data Realisasi Investasi di RI, Ini Isinya
Artikel Terkait
Diuntungkan dengan Pasar Domestik yang Kuat, Pemerintah Tetap Waspadai Pelambatan Kinerja Ekspor
Diskusi Akhir Tahun Proklamasi Democracy Forum: Pemerintah Harus Lebih Terbuka Hadapi Kritik
BKPM Rilis Data Realisasi Investasi di RI, Ini Isinya
Artikel Terkini
Penghargaan Ke 5 Dari Seven Media Asia: Pemimpin Inspiratif Terbaik 2024
Plt. Sekjen Kemendagri Dorong 13 Provinsi Percepat Implementasi Program Bedah Jantung Terbuka
Mendagri Pacu Pemda di Jawa Barat Tingkatkan Pendapatan dan Optimalkan Penggunaan Anggaran
Indonesia dapat menjadi pemimpin dunia industri energi terbarukan
PNM Peduli Ajak Generasi Muda Aktif dalam Kegiatan Sosial
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
vps.indonews.id